Kiat Sukses Menyapih Dari ASI Ke Botol

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Alasan ibu menyapih anak memang berbeda-beda. Begitu pun dengan pemilihan waktunya. Namun, proses penyapihan biasanya dimulai saat bayi pertama kali menerima asupan makanan selain ASI.

Enam bulan pertama masa hidup bayi adalah masa yang direkomendasikan bagi bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif. Namun, setidaknya Anda harus menyusui sampai bayi Anda berusia satu tahun untuk asupan gizi yang optimal. Setelah satu tahun,  Anda mulai dapat mengenalkan si kecil pada susu sapi 2%. Banyak bayi yang tidak pernah “ngedot” botol tetapi lebih memilih untuk langsung menggunakan sippy cup pada usia ini. Jika Anda berencana untuk mengenalkan susu botol, akan sedikit sulit  jika bayi Anda belum pernah diberikan botol dot  sebelumnya. Si kecil mungkin akan mengalami kesulitan pada awalnya, terutama saat ibu mencoba untuk memberikan botol pada bayi. Pada usia ini, si kecil mengasosiasikan pemberian ASI dengan rasa aman dan kenyamanan, sehingga “perpisahan” dari payudara ibu dapat membuat bayi bingung dan kesal, karena ada perubahan mendadak dalam rutinitas. Untuk menyiasainya, coba minta pertolongan ayah atau anggota keluarga lain untuk memberikan susu botol, sementara Anda menunggu di luar ruangan. Setelah terbiasa, ibu dapat mengambil alih, tetapi bayi harus harus mendapatkan banyak pelukan, belaian, dan dorongan untuk mengganti hilangnya kontak fisik dengan Ibu. Pada usia ini Anda juga dapat melewatkan menyusui lewat botol dan beralih langsung ke sippy cup berisi ASI dan kemudian susu sapi.

Setelah bayi telah belajar untuk menyusui dari botol atau cangkir, akan lebih mudah untuk memisahkan si kecil dari ASI. Waktu yang dibutuhkan untuk menyapih bayi akan bervariasi tergantung pada kebutuhan emosional dan fisik dari anak dan ibu. Jika  bayi Anda beradaptasi dengan baik pada pergantian  ini dan Anda sudah siap untuk transisi, Anda dapat menyapih secara total dalam waktu satu atau dua minggu. Selama dua hari pertama, ganti satu sesi menyusui dengan satu cangkir atau satu botol susu formulaper hari. Pada hari ketiga, gunakan botol atau cangkir untuk dua kali menyusui. Pada hari kelima, Anda dapat menambahkannya menjadi tiga atau empat botol atau cangkir menyusui.

Setelah Anda sepenuhnya telah berhenti menyusui, produksi ASI akan berakhir dengan sangat cepat. Namun, jika  payudara Anda masih membesar, Anda mungkin perlu mengeluarkan susu dalam dua atau tiga hari pertama untuk meringankan ketidaknyamanan ini. Menyapih secara bertahap dengan mengurangi satu kali sesi menyusui akan membantu untuk meminimalkan pembengkakan. Dalam seminggu, ketidaknyamanan ini akan mereda.

Banyak wanita lebih memilih untuk mengundur waktu menyapih, yaitu ketika bayi mereka sudah siap sepenuhnya. Menyusui memberikan kedekatan antara ibu dan anak yang sulit digantikan dengan cara lain dan Anda mungkin enggan untuk menghentikan keintiman tersebut. Anda dapat melakukan kombinasi dari ASI dengan susu formula hingga usia satu tahun, dan ASI dengan  2 persen susu dalam cangkir di atas usia satu tahun. Beberapa bayi kehilangan minat dalam ASI di usia antara sembilan dan dua belas bulan, atau ketika mereka belajar untuk minum dari cangkir. Perlu diingat hal ini bukan berarti si kecil menolak Anda, tapi lebih karena ia sudah tumbuh lebih mandiri. Ada kalanya, bayi mengalami masa-masa mogok menyusui selama beberapa hari. Kemudian tanpa peringatan atau alasan apapun, bayi akan melanjutkan lagi menyusui seakan tidak ada yang berubah.

Jika Anda mau, menyusui dapat tetap dilanjutkan sebagai rutinitas bahkan setelah bayi berusia di atas satu tahun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

    Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

    Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

    Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . Waktu baca 6 menit

    Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

    Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara memandikan bayi yang baru lahir

    Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 9 menit

    Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit
    pelukan bayi perkembangan bayi 14 minggu perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu

    Ilmuwan Jepang Ungkap Cara Sempurna Memeluk Bayi

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 4 menit
    akibat anak terlalu sering dibentak

    Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 8 menit