Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Kenapa Bayi Kembar Lahir Prematur? Ini 6 Alasannya

Kenapa Bayi Kembar Lahir Prematur? Ini 6 Alasannya

Bagi ibu yang sedang hamil bayi kembar mungkin khawatir soal risiko kelahiran prematur. Pasalnya, kehamilan kembar merupakan salah satu faktor risiko dari kondisi tersebut.

Namun pertanyaannya, apakah semua bayi kembar otomatis akan lahir secara prematur? Lalu, kenapa bayi kembar bisa prematur?

Apa penyebab bayi kembar bisa lahir prematur?

Kelahiran prematur adalah kondisi ketika bayi lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai penyebab, baik itu dari janin, ibu hamil, atau keduanya.

Salah satunya adalah kehamilan kembar. Faktanya, kehamilan kembar memang merupakan salah satu faktor risiko kelahiran prematur.

Bahkan, The March of Dimes melaporkan bahwa semakin tinggi kelipatan jumlah bayi kembar dalam kandungan, semakin tinggi risiko ibu untuk melahirkan prematur.

Ini didukung dengan fakta bahwa bayi kembar dua rata-rata lahir pada usia kehamilan 36-37 minggu, sedangkan kembar tiga umumnya lahir pada minggu ke 33. Sementara kembar empat rata-rata lahir pada usia 31 minggu.

Lalu, kenapa bayi kembar bisa prematur? Sebenarnya, tidak ada penyebab yang pasti mengapa bayi kembar bisa lahir secara prematur.

Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang dapat memicu persalinan terjadi lebih awal. Berikut adalah beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan anak kembar lahir prematur.

1. Preeklampsia

Hamil bayi kembar membuat Anda lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi selama kehamilan. Akibatnya, Anda pun lebih berisiko mengalami preeklampsia.

Adapun preeklampsia dapat merusak banyak organ tubuh, terutama ginjal, hati, otak, dan mata. Bahkan, preeklampsia yang memburuk dapat menyebabkan kejang atau disebut eklampsia.

Oleh karena itu, ibu hamil yang mengalami preeklampsia umumnya perlu segera melahirkan bayinya, meski ia belum cukup bulan.

2. Masalah pada plasenta

pengapuran plasenta

Masalah plasenta yang paling umum terjadi pada kehamilan kembar adalah abruptio plasenta dan plasenta previa. Adapun kedua kondisi ini dapat memicu bayi kembar lahir prematur.

Mengapa demikian? Pasalnya, ibu hamil yang mengalami abruptio plasenta dan plasenta previa lebih mungkin mengalami perdarahan saat hamil dan melahirkan.

Jika kondisi perdarahan parah, dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan operasi caesar darurat, meski usia bayi masih di bawah 37 minggu.

3. Ketuban pecah dini

Pada umumnya, kantong ketuban akan pecah selama persalinan. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa ketuban bisa pecah dini atau lebih awal, terutama pada kehamilan kembar.

Pasalnya, janin ganda dalam kandungan dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada kantong ketuban sehingga kantong bisa pecah sebelum waktunya.

Adapun ketuban yang pecah sebelum waktunya berisiko terinfeksi jika persalinan tidak segera dilakukan. Kondisi inilah yang kemudian memicu persalinan bayi kembar terjadi lebih awal.

4. Kembar identik

Kembar identik terjadi ketika satu sel telur yang telah dibuahi membelah menjadi dua atau lebih. Bayi kembar identik umumnya berbagi satu plasenta dan kantung ketuban yang sama.

Adapun bayi kembar yang berbagi satu plasenta dan kantung ketuban lebih mungkin mengalami lilitan tali pusar selama kehamilan, yang bisa membahayakan nyawanya.

Oleh karena itu, dalam beberapa kasus, pilihan terbaik untuk bayi kembar identik adalah persalinan prematur secara operasi caesar.

5. Twin-to-twin transfusion syndrome

reaksi janin saat ibu berhubungan badan

Bukan cuma masalah di atas, kembar identik juga bisa memicu Twin-to-Twin Transfusion Syndrome (TTTS). Pada TTTS, aliran darah antara dua bayi kembar menjadi tidak seimbang.

Satu kembar mungkin menerima terlalu banyak darah dan mengalami penumpukan cairan ketuban (polihidramnion), sedangkan bayi yang satunya menerima terlalu sedikit darah.

TTTS yang terjadi terlalu dini dapat membahayakan kondisi kedua bayi. Pada kondisi ini, polihidramnion bisa menyebabkan ketuban pecah dini dan persalinan prematur.

6. Janin tidak berkembang

Janin tidak berkembang dalam kandungan atau intrauterine growth restriction (IUGR) merupakan kondisi ketika pertumbuhan bayi tidak seperti yang diharapkan.

Pada bayi kembar, IUGR sering ditandai dengan salah satu bayi yang terlalu kecil atau kedua bayi kembar tidak tumbuh dengan sempurna.

Biasanya, ini terjadi karena terlalu sesak di dalam kandungan, masalah plasenta atau tali pusar, serta TTTS, yang sering menyebabkan persalinan prematur.

Bisakah mencegah bayi kembar lahir prematur?

Beberapa bayi kembar lahir prematur secara spontan, seperti akibat ketuban pecah dini. Sementara beberapa lainnya perlu dilahirkan secara prematur karena komplikasi kehamilan yang terjadi.

Apapun alasannya, tidak ada cara yang pasti untuk mencegah bayi lahir prematur, termasuk pada yang kembar.

Upaya utama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan kontrol kandungan secara rutin, sesuai saran dari dokter Anda.

Selain itu, kenali pula tanda-tanda persalinan prematur. Tanyakan pada dokter langkah apa saja yang perlu Anda ambil jika tanda-tanda tersebut muncul.

Menjelang minggu ke-20 kehamilan, dokter mungkin akan lebih rutin melakukan USG kehamilan untuk memantau pertumbuhan si kembar.

Pada trimester tiga, nonstress test mungkin perlu Anda lakukan. Intinya, apapun yang dokter sarankan selama kehamilan harus Anda ikuti untuk kebaikan Anda dan si kembar.

Ini juga termasuk mengonsumsi vitamin prenatal secara rutin, menghindari asap rokok dan minuman alkohol, mengontrol stres, serta saran mengenai pola makan dan olahraga.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Being pregnant with twins, triplets and other multiples. Marchofdimes.org. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.marchofdimes.org/complications/being-pregnant-with-twins-triplets-and-other-multiples.aspx

Causes and prevention of premature birth. Aboutkidshealth.ca. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=1758&language=English#/

Multiple births and premature babies. nidirect. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.nidirect.gov.uk/articles/multiple-births-and-premature-babies

Multiple Pregnancy. Acog.org. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/multiple-pregnancy

Placenta previa – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/placenta-previa/symptoms-causes/syc-20352768

Placental abruption – Better Health Channel. Betterhealth.vic.gov.au. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/placental-abruption

Pre-eclampsia. nidirect. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.nidirect.gov.uk/conditions/pre-eclampsia.

Premature birth – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-birth/symptoms-causes/syc-20376730

Premature Delivery in Multiple Pregnancy | Michigan Medicine. Uofmhealth.org. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/aa100355

Pregnant with twins: premature birth and other complications | BabyCenter. BabyCenter. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.babycenter.com/pregnancy/your-baby/pregnant-with-multiples-potential-complications_3584

Preterm Prelabor Rupture of Membranes (pPROM) | CS Mott Children’s Hospital | Michigan Medicine. Mottchildren.org. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.mottchildren.org/health-library/hw221349

Preterm Premature Rupture of Membranes (PPROM) – Health Encyclopedia – University of Rochester Medical Center. Urmc.rochester.edu. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=90&ContentID=P02496

Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS). UCSF Fetal Treatment Center San Francisco. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://fetus.ucsf.edu/ttts/

Twins and Premature Birth. University of Rochester Medical Center Rochester. (2021). Retrieved 6 December 2021, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=1&contentid=2849

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 13/12/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto