Vasopressin obat apa?

Oleh

Nama Generik: Vasopressin Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa vasopressin?

Vasopressin adalah hormon yang dibuat tubuh manusia yang disebut “hormon anti diuretik” yang normalnya dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis. Vasopressin bekerja di ginjal dan pembuluh darah.

Vasopressin mencegah hilangnya cairan dari tubuh dengan menurunkan keluaran urin dan membantu ginjal menyerap air ke dalam tubuh. Vasopressin juga meningkatkan tekanan darah dengan menyempitkan pembuluh darah.

Vasopressin digunakan untuk mengobati diabetes insipidus, yang disebabkan karena kurangnya hormon hipofisis alami ini dalam tubuh. Vasopressin juga digunakan untuk mengobati atau mencegah kondisi perut tertentu setelah operasi atau saat x-ray perut.

Vasopressin juga digunakan untuk tujuan lain yang tidak ada dalam daftar petunjuk obat ini.

Bagaimana cara penggunaan vasopressin?

Vasopressin disuntikkan ke otot atau di bawah kulit. Petugas layanan kesehatan akan menyuntikkannya pada Anda.

Vasopressin biasanya diberikan sesuai kebutuhan setiap 3-4 jam. Interval waktu antar dosis tergantung respon tubuh Anda terhadap obat.

Untuk mengobati diabetes insipidus, vasopressin terkadang diberikan ke hidung menggunakan semprot hidung atau penetes obat, atau dengan memasukkan kapas yang telah dibasahi dengan vasopressin.

Saat digunakan untuk x-ray perut, injeksi vasopressin biasanya diberikan 2 jam sebelum dan 30 menit sebelum x-ray. Dokter juga menganjurkan Anda menerima enema sebelum Anda menerima dosis pertama vasopressin.

Vasopressin dapat menyebabkan efek samping sementara seperti mual, nyeri perut, atau kulit “memucat” (seperti bintik pucat saat Anda menekan kulit).

Minum 1 atau 2 gelas air setiap Anda menerima suntikan dapat membantu meringankan efek samping ini.

Saat menggunakan vasopressin, Anda mungkin sering membutuhkan tes darah. Fungsi jantung dapat juga diperiksa menggunakan elektrokardiografi atau EKG.

Ikuti instruksi dokter mengenai jumlah cairan yang harus Anda minum selama terapi dengan vasopressin. Pada beberapa kasus, minum terlalu banyak dapat tidak lebih aman dibandingkan tidak cukup minum.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan vasopressin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis vasopressin untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Diabetes Insipidus:

5 unit hingga 10 unit intramuskular atau subkutan 2-4 kali sehari.

Continuous IV infusion: 0.0005 unit/kg/jam; ulangi dosis sesuai kebutuhan setiap 30 menit hingga maksimal 0.01 unit/kg/jam.

Vasopressin dapat juga diberikan dalam hidung dengan tampon kapas, dengan semprot hidung, atau dengan penetes. Saat vasopressin diberikan intranasal dengan semprot atau tampon, dosis harus dititrasi untuk setiap pasien.

Dosis Dewasa untuk Nyeri Buang Gas Postoperatif:

5 unit intramuskular sekali.

Dosis ini dapat digandakan dan diulang dengan interval 3-4 jam sesuai kebutuhan untuk mencegah atau meredakan distensi perut usai operasi.

Rekomendasi ini juga digunakan untuk distensi akibat pneumonia atau toksemia akut lain.

Dosis Dewasa untuk Distensi Perut sebelum X-ray perut:

10 unit intramuskular sekali 2 jam sebelum X-ray dan sekali lagi 30 menit sebelum X-ray.

Dosis Dewasa untuk Perdarahan Gastrointestinal:

0.2-0.4 unit/menit dengan continuous intravenous infusion. Lalu titrasi dosis sesuai kebutuhan (dosis maksimal: 0.8 unit/menit); jika perdarahan berlanjut, lanjutkan dengan dosis yang sama selama 12 jam, lalu turunkan dosis selama 24-48 jam.

Bagaimana dosis vasopressin untuk anak-anak?

Dosis Anak untuk Diabetes Insipidus:

2.5 unit hingga 10 unit intramuskular sekali.

Dosis ini dapat diulang 2-3 kali sehari sesuai kebutuhan.

Alternatively, infus vasopressin 0.0005 unit/kg/jam dapat diberikan dan dititrasi untuk mengurangi keluaran urin dan mempertahankan urin yang lebih pekat.

Dosis Anak untuk Varises Esofagus dengan perdarahan:

Continuous IV infusion:

Awal: 0.002-0.005 unit/kg/menit; titrasi dosis sesuai kebutuhan; dosis maksimal: 0.01 unit/kg/menit.

Alternatif: Awal: 0.1 unit/menit; dinaikan 0.05 unit/menit hingga maksimal:

Kurang dari 5 tahun: 0.2 unit/menit

5-12 tahun: 0.3 unit/menit

Lebih dari 12 tahun: 0.4 unit/menit

Jika perdarahan berhenti dalam 12 jam, turunkan dosis selama 24-48 jam.

Dosis Anak untuk Asystole:

Data yang tersedia terbatas: 0.4 unit/kg IV setelah metode resusitasi tradisional dan minimal 2 dosis epinefrin telah diberika.; Catatan: karena bukti belum cukup, tidak tersedia rekomendasi resmi maupun larangan resmi atas penggunaan vasopressin saat henti jantung anak.

Dosis Anak untuk Fibrilasi Ventrikel:

Data yang tersedia terbatas: 0.4 unit/kg IV setelah metode resusitasi tradisional dan minimal 2 dosis epinefrin telah diberikan; Catatan: karena bukti belum cukup, tidak tersedia rekomendasi resmi maupun larangan resmi penggunaan vasopressin saat henti jantung anak.

Dalam dosis apakah vasopressin tersedia?

Vasopressin tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut.

Injeksi 20 units/mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena vasopressin?

Beberapa orang menerima vasopressin mengalami reaksi obat segera. Beri tahukan dokter Anda segera jika Anda merasa lemas, mual, melayang, berkeringat, atau denyut jantung cepat, sesak, atau napas dangkal setelah menerima vasopressin.

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Beri tahukan dokter Anda jika Anda mengalami efek samping serius berikut:

  • Denyut jantung lambat atau tidak terasa
  • Gangguan napas atau terengah-engah
  • Nyeri dada atau terasa berat, nyeri menyebar ke lengan atau bahu, mual, berkeringat, tidak enak badan
  • Kesemutan atau baal pada tangan atau kaki
  • Kulit berubah warna
  • Bengkak, berat badan cepat bertambah
  • Terasa seperti melayang, pingsan
  • Mual atau nyeri perut hebat

Efek samping yang lebih ringan lebih sering terjadi, seperti:

  • Nyeri perut ringan, kembung
  • Pusing
  • Sakit kepala berdenyut

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan vasopressin?

Dalam menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan dengan manfaat yang didapat. Keputusan dibuat oleh dokter dan Anda. Untuk obat ini, hal berikut harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahukan dokter jika Anda pernah mengalami reaksi alergi pada obat ini atau obat lain. Dan juga beri tahukan jika Anda memiliki alergi pada hal lain, seperti makanan, pewarna, bahan pengawet, atau binatang. Untuk produk non resep, baca kandungan dalam kemasan dengan cermat.

Anak-anak

Penelitian belum menunjukkan hubungan usia terhadap efek Vasostrict™ pada anak-anak dengan syok vasodilatasi. Keamanan dan efikasinya belum diketahui.

Penelitian belum menunjukkan masalah anak-anak yang spesifik, jadi manfaat Pitressin® masih terbatas pada anak dengan diabetes insipidus dan distensi perut.

Lansia

Penelitian belum menunjukkan hubungan usia terhadap efek timolol pada populasi lansia, belum ada masalah lansia yang tercatat. Meski begitu, lansia lebih mudah mengalami  gangguan hati, ginjal atau jantung akibat usia, yang membutuhkan penyesuaian dosis pada pasien yang menerima Vasostrict™.

Belum ada informasi tersedia yang menunjukkan hubungan usia terhadap efek Pitressin® pada pasien lansia.

Apakah vasopressin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan vasopressin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Walaupun obat tertentu tidak dapat digunakan bersamaan, pada kasus lain 2 obat berbeda dapat digunakan bersamaan walaupun dapat terjadi interaksi obat. Pada kasus ini, dokter dapat mengubah dosis, atau peringatan lain mungkin dibutuhkan. Beritahukan dokter jika Anda menggunakan obat resep atau nonresep lainnya.

Menggunakan obat ini dengan obat berikut tidak dianjurkan, dokter mungkin tidak mengobati Anda dengan obat ini atau mengubah obat yang Anda gunakan.

  • Bepridil
  • Cisapride
  • Levomethadyl
  • Mesoridazine
  • Pimozide
  • Terfenadine
  • Thioridazine
  • Ziprasidone

Menggunakan obat ini dengan obat lain biasanya tidak dianjurkan, namun dapat dibutuhkan pada beberapa kasus. Jika kedua obat diresepkan bersama, dokter Anda mungkin telah mengubah dosis atau frekuensi penggunaan satu atau kedua obat.

  • Acecainide
  • Ajmaline
  • Amiodarone
  • Amitriptyline
  • Amoxapine
  • Aprindine
  • Arsenic Trioxide
  • Astemizole
  • Azimilide
  • Bretylium
  • Chloral Hydrate
  • Chloroquine
  • Chlorpromazine
  • Clomipramine
  • Desipramine
  • Dibenzepin
  • Disopyramide
  • Dofetilide
  • Dothiepin
  • Doxepin
  • Droperidol
  • Encainide
  • Enflurane
  • Erythromycin
  • Flecainide
  • Fluconazole
  • Fluoxetine
  • Foscarnet
  • Furosemide
  • Gemifloxacin
  • Halofantrine
  • Halothane
  • Hydroquinidine
  • Ibutilide
  • Imipramine
  • Indomethacin
  • Isoflurane
  • Isradipine
  • Lidoflazine
  • Lorcainide
  • Mefloquine
  • Nortriptyline
  • Octreotide
  • Pentamidine
  • Pirmenol
  • Prajmaline
  • Probucol
  • Procainamide
  • Prochlorperazine
  • Propafenone
  • Protriptyline
  • Quinidine
  • Sematilide
  • Sotalol
  • Spiramycin
  • Sulfamethoxazole
  • Tedisamil
  • Telithromycin
  • Trifluoperazine
  • Trimethoprim
  • Trimipramine
  • Venlafaxine
  • Zolmitriptan

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan vasopressin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan vasopressin?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Penyakit jantung koroner (arteri mengeras)
  • Penyakit jantung
  • Penyakit ginjal
  • Asma
  • Migrain
  • Epilepsi atau penyakit kejang lain

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca