Nama Generik: Citicoline Merek: Beclov, Brainact, Brainolin, Cercul, Citicoline OGB Mersi, Colinpha, Futalin, Incelin, Lancolin, Neuciti, Neulin, Neurolin, Nicholin, Nicobrain, Protecline, Recolin, RG-Choline, Serfac, Simciti, Takelin, Zeufor, Bralin, Cetivar, Cholimed, Cholinaar, Cibren, Citicholine, Citicoline MPL, Citicoline OGB Dexa Medica, Crolin, Soholin, Strolindanciticoline obat tablet dosis.

Fungsi

Untuk apa citicoline digunakan?

Citicoline adalah obat untuk penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka di kepala, penyakit serebrovaskular seperti stroke, hilang ingatan karena faktor usia, penyakit Parkinson, ADHD (attention deficit-hyperactive disorder), dan glaukoma.

Bagaimana cara penggunaan citicoline?

Baca petunjuk pengobatan yang diberikan oleh apoteker sebelum Anda mulai menggunakan obat ini dan setiap Anda mendapatkan isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Bagaimana cara penyimpanan obat ini?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusa

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis obat ini untuk orang dewasa?

1. Lewat mulut

Dosis citicoline untuk berkurangnya kemampuan berpikir karena usia: 1000-2000 mg setiap hari.

Dosis citicoline untuk penyakit pembuluh darah yang menyerang otak (penyakit serebrovaskular kronis): 600 mg per hari.

Dosis citicoline untuk pengobatan stroke karena penyumbatan (stroke iskemik): 500-2000 mg per hari mulai dari 24 jam setelah serangan stroke ditangani.

2. Lewat infus atau intravena

Citicoline dapat diberikan lewat infus (IV) untuk mengobati penyakit serebrovaskular kronis. Penakaran dosis akan berdasarkan keparahan gejala dan pemberian obatnya akan diawasi oleh dokter. 

3. Suntikan

Citicoline juga dapat diberikan lewat suntikan untuk mengobati penyakit serebrovaskular kronis. Penakaran dosis akan berdasarkan keparahan gejala dan pemberian obatnya akan diawasi oleh dokter.

Bagaimana dosis untuk anak-anak?

Citicoline adalah obat yang dosin, keamanan, dan efektivitas obatnya belum dipastikan pada anak berusia kurang dari 18 tahun.

Dalam dosis apakah obat ini tersedia?

Citicoline adalah obat yang tersedia dalam bentuk:

  • Cairan suntikan 500 mg/2 mL, 250 mg/mL.
  • Sirup obat minum sediaan 500 mg/ 5mL.
  • Tablet sediaan 500 mg dan 1 gram.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Citicoline?

Citicoline adalah obat yang mungkin aman kalau diminum dalam jangka pendek (sampai 90 hari). Keamanan obat untuk jangka panjang tidak jelas. Sebagian besar orang yang menggunakan citicoline tidak mengalami efek samping yang mengganggu. Namun, beberapa orang bisa mengalami efek samping berupa insomnia, sakit kepala, diare, tekanan darah tinggi atau rendah, mual, penglihatan buram, sesak, dan sebagainya.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan citicoline?

Sebelum memutuskan menggunakan obat, risiko dan manfaatnya harus dipertimbangkan matang-matang. Ini adalah keputusan yang akan Anda dan dokter Anda buat.

Apakah citicoline aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Citicoline?

Walaupun beberapa jenis obat tidak bisa diminum secara bersamaan, ada juga kasus dimana obat bisa diminum serentak jika ada interaksi. Dalam kasus ini, dokter mungkin mengubah dosis, atau mungkin perlu adanya pencegahan. Beritahu petugas kesehatan profesional bila Anda minum obat dengan atau tanpa resep.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Citicoline?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Citicoline?

Adanya masalah medis lain mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Agustus 13, 2018 | Terakhir Diedit: Agustus 13, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan