Tips Menyimpan Makanan di Rumah Agar Tahan Lama

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin terbiasa untuk belanja bulanan untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Nah agar tidak cepat basi atau busuk, baca dulu tips berikut ini saat menyimpan makanan di rumah. Selain menghemat uang, menyimpan makanan dengan benar juga bisa mengurangi produksi limbah sampah rumah tangga. 

Tips menyimpan makanan di kulkas

menyimpan daging

Makanan yang disimpan di kulkas biasanya tahan lama dan aman dikonsumsi sampai batas tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan.

Berikut adalah beberapa daftar makanan yang bisa disimpan di kulkas:

  • Susu yang dipasteurisasi
  • Daging ayam, ikan, sapi, atau makanan laut lainnya yang segar
  • Daging kemasan dalam kaleng
  • Mentega
  • Jeruk
  • Strawberry
  • Melon
  • Apel
  • Sayuran hijau seperti sawi, bayam, dan kol

Namun, jangan asal mencampur dan menumpuk makanan di kulkas. Jangan masukkan atau mencampur daging, sayur, dan buah dalam keadaan terbuka.

Simpanlah makanan siap santap seperti kornet, keju, susu, tahu dan tempe, daging matang, makanan kemasan, serta sisa makanan matang di rak bagian atas dan tengah.

Simpan sayuran dan buah-buahan segar di laci bawah, tapi simpan buah yang sudah dipotong dan dikupas bersih dalam wadah tertutup sebelum dimasukkan ke kulkas. Sementara untuk daging segar atau beku simpan di freezer, juga dalam wadah kedap udara (jangan masih di dalam plastik).

Beri jarak sedikit antar makanan agar sirkulasi udara dalam kulkas tetap berjalan baik. Atur suhu minimal kulkas di bawah 5 °Celsius untuk memperlambat pertumbuhan mikroba berbahaya pada makanan.

Tips lain yang penting: jangan menyimpan makanan yang masih panas langsung di dalam kulkas. Setelah dimasak atau dipanaskan, biarkan dulu sampai suhu makanannya dingin, baru masukkan ke kulkas. Jika tidak, uap panasnya akan memaksa mesin kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan suhu di dalamnya. Akibatnya, Anda akan lebih boros listrik.

Tips menyimpan makanan di rak atau lemari

makanan kemasan

Tidak semua makanan harus disimpan di lemari pendingin. Namun, tidak semua makanan juga bisa disimpan di lemari atau rak dapur.

Makanan siap saji yang biasanya aman disimpan di suhu ruangan atau lemari dapur adalah:

  • Roti
  • Biskuit
  • Selai
  • Gula
  • Sirup botolan
  • Minuman kaleng
  • Keju

Sementara untuk sayur dan buah, hanya beberapa yang bisa disimpan di suhu ruang asalkan jauh dari sinar matahari. Bila terkena matahari langsung, dikhawatirkan buah dan sayur tersebut akan kelewat matang hingga busuk berjamur.

Berikut daftar bahan makanan segar yang bisa disimpan di luar kulkas:

  • Kentang
  • Beras
  • Pisang
  • Bawang
  • Alpukat
  • Pir
  • Tomat
  • Bumbu masak seperti kemiri, ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas

Sebelum menyimpan makanan di rak atau lemari dapur, pastikan simpan di dalam toples atau wadah kedap udara yang tertutup rapat. Pastikan dulu lemari dan wadah penyimpanannya benar-benar bersih. Simpan jauh dari paparan sinar matahari langsung. 

Jangan letakkan langsung di lantai. Makanan yang ditaruh di lantai bisa memicu datangnya serangga seperti semut dan tikus untuk merusak atau mengambil makanan Anda.

Menyimpan makanan berdasarkan tanggal best before dan use by pada kemasan

Saat menyimpan makanan di lemari atau kulkas, susun berdasarkan makanan yang baru dibeli dengan tanggal kedaluwarsa yang lebih lama di deretan belakang. Ini membantu Anda menghabiskan makanan yang sudah mau kedaluwarsa lebih dulu.

Namun selain harus tahu tanggal kedaluwarsa (expiry date)-nya, Anda juga perlu tahu arti dari istilah best before dan use by yang tertera di beberapa kemasan makanan.

Melansir The European Food Information Council, best before adalah tenggat waktu peringatan untuk mengonsumsi/mengolah makanan sebelum tanggal yang tertera. Kualitas makanan akan paling baik dalam rentang waktu tersebut. Setelah lewat tanggal best before, makanan tetap aman untuk dimakan tapi kualitas dari segi rasa, tekstur, atau aromanya mungkin tidak terlalu bagus lagi.

Makanan yang biasanya dicantumkan tanggal best before adalah makanan kaleng, makanan yang dikeringkan, dibekukan, dan buah atau sayuran segar.

Sementara Use By adalah peringatan tentang kapan tanggal terakhir yang aman untuk mengonsumsi makanan tersebut. Maksud dari Use by hampir sama dengan tanggal kedaluwarsa atau expired date. Setelah melewati tanggal yang ditetapkan, makanan tersebut sebaikna jangan lagi dikonsumsi meskipun bau, teksturm atau rasanya masih enak. 

Penggunaan tanggal Use By biasanya terdapat pada makanan siap saji, seperti susu kemasan, daging olahan, dan salad siap saji.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Beberapa jenis tanaman untuk kamar membawa efek menenangkan dan mampu membersihkan udara dari polusi, bau, dan jamur. Apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat

Menghilangkan bekas luka butuh waktu lama. Simak daftar obat-obatan sebagai cara menghilangkan bekas luka yang tepat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Terapi Oksigen untuk Mengatasi Masalah Sesak Napas

Beberapa orang mungkin membutuhkan terapi oksigen untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darahnya. Siapa saja yang membutuhkannya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Pernapasan 2 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat buah mangga

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
tato mata

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
5 Langkah untuk Berhenti Merokok

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
produk pembersih rumah

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit