home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Pilihan Makanan Penambah Energi yang Tepat Bagi Anda yang Aktif Seharian

6 Pilihan Makanan Penambah Energi yang Tepat Bagi Anda yang Aktif Seharian

Tidak semua makanan membuat Anda segar dan kembali bertenaga setelah mengalami kelelahan yang sangat menguras energi. Beberapa jenis makanan justru membuat Anda lebih lelah. Biasanya, hal ini disebabkan karena pemilihan makanan Anda kurang baik. Makanan adalah bahan energi utama, salah-salah memilihnya energi yang Anda hasilkan jadi tak maksimal. Oleh karena itu penting untuk memilah makanan penambah energi yang sehat yang akan mengembalikan tenaga Anda seperti semula.

Pilihan makanan penambah energi yang harus ada di menu harian

1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat menjadi salah satu nutrisi yang menjadi sumber energi utama. Namun jangan asal pilih karbohidrat, pasalnya ada dua jenis karbohidrat yaitu kompleks dan sederhana. Keduanya sama-sama karbohidrat tapi akan melalui proses pencernaan yang berbeda.

Karbohidrat sederhana yang biasanya terdiri dari gula atau makanan manis, akan langsung diubah tubuh menjadi gula darah yang kemudian diolah jadi energi. Bila Anda mengonsumsi makanan ini terlalu banyak, justru gula darah akan melonjak dan membuat Anda jadi cepat lelah.

Berbeda dengan karbohidrat kompleks yang lebih lama diubah jadi energi oleh tubuh. Hal ini membuat tubuh kenyang lebih lama sehingga dapat mengembalikan tenaga yang hilang dan menjaganya tetap ada selama beberapa jam ke depan. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi, roti, kentang, dan ubi.

Contohnya ubi jalar, selain dapat menyuplai energi, ubi jalar mengandung kalium. Kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh sehingga menjaga cairan tubuh tetap normal. Kalium dalam ubi dapat membuat tubuh rileks dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres pada tubuh yang dapat membuat tubuh merasa lelah. Rasa manis alami pada ubi jalar juga dipercaya dapat membuat tubuh kembali berenergi setelah seharian bekerja.

Lebih baik lagi jika Anda memilih karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat, seperti nasi merah atau roti gandum. Makanan seperti ini akan membuat energi Anda terjaga dan tak mudah lelah.

2. Protein tanpa lemak

Protein membantu menjaga perut tetap kenyang di antara jam-jam makan. Zat gizi ini juga dapat membuat kadar gula darah Anda stabil, sehingga mencegah lonjakan energi yang bisa bikin tubuh cepat lelah.

Makanan penambah energi yang berasal dari protein adalah sumber lauk hewani maupun nabati, seperti daging sapi, ayam, ikan, dan kacang-kacangan. Hindari protein yang mengandung banyak lemak, misalnya daging sapi yang bergajih, jeroan, dan kulit ayam. Alih-alih mendapatkan energi, Anda justru menghabiskan tenaga untuk mencernanya.

porsi makan buah dan sayur sehari

3. Buah dan sayuran segar

Semakin segar makanan yang Anda konsumsi maka semakin kaya nutrisi yang dikandungnya. Makanan yang kaya nutrisi penting untuk mengembalikan energi tubuh. Buah dan sayur olahan melalui banyak proses yang dapat membuat nutrisinya menjadi berkurang.

Jika nutrisi di dalamnya berkurang maka tubuh tidak akan mendapatkan manfaat maksimal dari makanan yang Anda makan. Pisang menjadi pilihan buah yang baik karena mengandung kalium, serat, vitamin, dan karbohidrat kompleks yang mampu membuat dorongan energi yang cukup besar bagi tubuh.

4. Makanan kaleng dan kemasan

Makanan olahan seperti makanan kaleng dan makanan siap saji biasanya mengandung banyak zat tambahan seperti lemak trans, natrium, dan komposisi buatan lainnya yang dapat membuat energi Anda justru menurun.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang minim proses pengolahannya agar membuat energi Anda meningkat.

5. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian merupakan sumber makanan terbaik untuk menyingkirkan rasa lelah dan mengatasi rasa lapar. Memasukkan berbagai menu kacang dan biji-bijian ke dalam camilan sehat Anda dapat menjadi pilihan bijak karena mengandung banyak nutrisi sekaligus bisa digunakan sebagai sumber energi yang menyehatkan. Anda bisa mengonsumsi kacang almond, mete, hazelnut, kenari, biji bunga matahari, dan biji labu.

6. Oatmeal

Makanan penambah energi yang terakhir adalah oatmeal bukan hanya menu yang bisa disantap untuk sarapan. Semangkuk oatmeal bisa memberikan serat yang cukup untuk membuat Anda kembali bertenaga.

Pilihlan oatmeal tanpa tambahan gula agar kadar gula darah Anda tidak melonjak drastis. Anda juga bisa menambahkan susu dan yoghurt rendah lemak, sedikit madu, dan buah beri untuk tambahan nutrisi dan kelezatan.

Selain mengonsumsi makanan penambah energi yang tepat, hal lain yang juga perlu diperhatikan ialah mengonsumsi makanan dalam porsi kecil setiap beberapa jam sekali sepanjang hari. Gunanya untuk memberikan pasokan nutrisi ke tubuh dan otak sepanjang hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Foods That Fight Fatigue

https://www.health.harvard.edu/healthbeat/foods-that-fight-fatigue accessed on March 5th 2018

9 Ways to Fight Fatigue with Food

https://www.healthcentral.com/slideshow/9-ways-to-fight-fatigue-with-food#slide=10 accessed on March 5th 2018

10 Foods Fatigue

https://www.mensfitness.com/nutrition/what-to-eat/10-foods-that-fight-fatigue/slideshow accessed on March 5th 2018

Foods That Beat Fatigue

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-beat-fatigue#chia-seeds accessed on March 5th 2018

Foto Penulis
Ditulis oleh Widya Citra Andini pada 16/03/2018
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x