home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Berbagai Manfaat Zat Gizi dari Makan Ikan Kakap

Berbagai Manfaat Zat Gizi dari Makan Ikan Kakap

Ikan termasuk sumber protein yang baik selain daging sapi atau daging ayam. Jenis ikan yang cukup disukai dan laris di pasaran yaitu ikan kakap. Ikan yang berasal dari perairan laut dalam ini ternyata punya kandungan nutrisi dengan manfaat yang banyak.

Manfaat dari kandungan gizi ikan kakap

Kandungan protein yang ada di dalam ikan kakap tentu tidak perlu diragukan lagi. Dalam 100 gram ikan kakap, terdapat sebanyak 20,51 gram protein.

Ikan kakap dapat Anda andalkan sebagai sumber zat gizi protein dengan jumlah kalori rendah, sehingga aman bagi Anda yang sedang dalam diet sehat. Selain jumlah kalori rendah dan proteinnya yang tinggi, apa lagi zat gizi yang terkandung di dalamnya?

1. Lemak baik

Makan ikan kakap tidak akan membuat lemak total dalam tubuh melonjak. Pasalnya, lemak yang dimiliki ikan ini termasuk lemak yang baik, yaitu lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh pada ikan kakap punya manfaat membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, terdapat asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk tubuh. 100 gram ikan kakap, terdapat sebanyak 0,31 gram asam lemak omega-3.

American Heart Association menyatakan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam omega-3 tinggi, maka akan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.

2. Mineral

Ada banyak kandungan mineral yang ada di dalam ikan kakap. Jika Anda makan ikan kakap sebanyak 100 gram, mineral yang Anda dapatkan yaitu:

Beragam mineral yang terkandung di dalam ikan kakap cukup beragam, sehingga makan ikan kakap juga bisa bikin kebutuhan mineral tubuh terpenuhi.

Mineral-mineral pada ikan kakap memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh, tapi sebagian besar berperan dalam pertumbuhan serta perkembangan sel tubuh.

3. Vitamin

Tak hanya kaya mineral, namun juga makan ikan kakap dapat membantu memenuhi sebagian kebutuhan mineral Anda. Di bawah ini kandungan vitamin yang ada di dalam 100 gram ikan kakap.

Selain itu, ada berbagai vitamin B kompleks di dalamnya, dari vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), hingga vitamin B9 (folat).

Vitamin B kompleks telah terbukti baik bagi kesehatan otak. Sementara, vitamin A diperlukan bagi kesehatan mata dan vitamin D yaitu penentu kesehatan tulang.

Seberapa banyak ikan kakap yang harus dikonsumsi dalam satu hari?

Sebenarnya, Anda bisa mengonsumsi ikan kakap untuk dijadikan lauk setiap makan besar. Tiap kali makan besar, Anda sebaiknya mengonsumsi satu porsi ikan kakap saja, atau setara dengan 40 gram ikan (seukuran setengah telapak tangan).

Selain itu, sebaiknya hindari cara memasak yang digoreng, karena hanya akan membuatnya berlemak dan jadi kurang baik bagi kesehatan.

Meskipun memang punya kandungan gizi yang sangat banyak, sebaiknya Anda variasikan juga menu lauk Anda dengan sumber protein yang lain. Jadi, tubuh akan semakin banyak mendapatkan gizi yang seimbang.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ndb.nal.usda.gov. (2018). Food Composition Databases Show Foods — Fish, snapper, mixed species, raw. [online] Available at: https://ndb.nal.usda.gov/ndb/foods/show/4583  [Accessed 15 Jan. 2018].

LIVESTRONG.COM. (2017). The Best Hooks to Use on a Snapper. [online] Available at: https://www.livestrong.com/article/125678-hooks-use-snapper/  [Accessed 15 Jan. 2018].

Healthyeating.sfgate.com. (2018). What Are the Health Benefits of Red Snapper?. [online] Available at: http://healthyeating.sfgate.com/health-benefits-red-snapper-4384.html  [Accessed 15 Jan. 2018].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 02/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri