Segudang Manfaat Vitamin B2, Si Pelindung Sel Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Vitamin B2 atau riboflavin adalah satu dari delapan vitamin B kompleks yang diperlukan untuk menjalankan fungsi sel secara normal. Riboflavin bekerja dengan mengubah karbohidrat menjadi adenosin trifosfat (ATP) yang merupakan sumber energi bagi otot. 

Kegunaan vitamin ini amat beragam dan mencakup banyak sistem dalam tubuh, mulai dari pencernaan, peredaran darah, hingga fungsi otak. Apa lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari vitamin B2 dan mengapa perannya begitu besar bagi tubuh? Inilah jawabannya.

Manfaat vitamin B2 bagi kesehatan

jenis vitamin b saat puasa

Vitamin B2 merupakan jenis vitamin larut air yang secara alamiah ditemukan pada makanan. Peran utama vitamin ini adalah membentuk dua koenzim, yaitu flavin mononucleotide (FMN) dan flavin adenine dinucleotide (FAD).

Koenzim adalah bahan baku enzim, sedangkan enzim adalah zat yang mempercepat proses kimia pada tubuh makhluk hidup. Contohnya, saat tubuh mencerna karbohidrat menjadi gula, proses ini dibantu oleh enzim amilase di dalam mulut dan usus halus.

Lebih dari 90% vitamin B2 dalam tubuh Anda berbentuk FMN dan FAD. Bersama-sama, keduanya menjalankan fungsi sebagai berikut.

1. Mencegah katarak

Asupan vitamin B2 sebanyak 3 miligram per hari mungkin berpotensi untuk mencegah katarak. Sebagai gambaran, angka kecukupan gizi untuk vitamin ini adalah 1,1 miligram per hari untuk laki-laki dan 1,3 miligram per hari untuk perempuan.

Tubuh membutuhkan vitamin B2 untuk melindungi glutathione, yaitu antioksidan yang penting bagi sel mata. Glutathione memelihara sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan glaukoma, katarak, serta penyakit retina.

2. Menjaga kesehatan kandungan

Menurut penelitian yang dilakukan di University Women’s Hospital, Jerman, pemberian suplemen riboflavin memiliki manfaat bagi kehamilan. Para peneliti menemukan bahwa vitamin ini mungkin dapat menurunkan risiko preeklampsia.

Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah pada ibu hamil walaupun sebelumnya tidak ada riwayat hipertensi. Vitamin B2 membantu menurunkan tekanan darah sehingga kehamilan berjalan dengan aman.

3. Mengobati dan mencegah migrain

Sebuah studi di Humboldt University of Berlin, Jerman, menemukan bahwa konsumsi riboflavin dengan dosis tinggi dapat mengurangi gejala pada penderita migrain. Bukti lainnya juga menunjukkan bahwa vitamin ini mampu mempersingkat durasi migrain.

Untuk mengatasi migrain, dokter biasanya meresepkan riboflavin dalam dosis sebesar 400 miligram dalam sekali minum. Namun, mengingat dosis ini lebih besar dari anjuran konsumsi harian, pastikan Anda telah berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu.

4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

merawat kulit wajah

Fungsi lainnya dari vitamin B2 adalah menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin ini bekerja dengan meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein utama pembentuk struktur kulit, rambut, dan banyak jaringan lain pada tubuh Anda.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dapat menurun sehingga muncul tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Konsumsi makanan kaya vitamin B2 mungkin dapat menghambat hal ini sehingga rambut tetap kuat dan kulit tampak awet muda.

5. Mencegah dan mengatasi anemia

Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan kekurangan zat gizi lain, sebab vitamin ini mempunyai peran penting dalam penyerapan gizi. Salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B2 adalah anemia defisiensi besi.

Anemia defisiensi besi terjadi bila jumlah zat besi dalam sel darah merah sangat sedikit. Tubuh pun tidak bisa membentuk hemoglobin, yaitu protein pengikat oksigen pada sel darah merah. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

6. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Riboflavin dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah dengan menurunkan kadar homosistein. Homosistein adalah asam amino umum yang ditemukan pada darah. Dalam jumlah besar, zat ini bisa memicu pengerasan arteri dan penggumpalan darah.

Anda bisa mencegah hal tersebut dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin B12. Menurut sejumlah penelitian, konsumsi suplemen riboflavin selama 12 minggu dapat menurunkan kadar homosistein darah hingga sebanyak 40% pada beberapa orang.

7. Membantu pembentukan energi

latihan kekuatan otot

Vitamin B2 memiliki fungsi penting dalam pembentukan energi. Tubuh menggunakannya untuk mengubah karbohidrat menjadi adenosin trifosfat (ATP). ATP akan menyediakan energi ketika tubuh membutuhkannya.

Jika Anda kekurangan vitamin B, tubuh tidak dapat membentuk ATP dalam jumlah yang cukup sekalipun bahan bakunya tersedia. Dampaknya, tubuh Anda kekurangan bahan bakar sehingga menjadi kurang tenaga dan lemas.

8. Memecah makanan menjadi zat gizi

Makanan yang Anda santap setiap hari tidak bisa langsung digunakan begitu saja. Tubuh harus mencernanya menjadi bentuk yang paling kecil supaya dapat diserap oleh usus dan diedarkan ke seluruh jaringan melalui aliran darah.

Manfaat lainnya dari vitamin B2 adalah membantu penguraian makanan menjadi zat gizi yang siap digunakan. Vitamin ini mempermudah pemecahan karbohidrat menjadi glukosa, protein menjadi asam amino, serta lemak menjadi asam lemak.

9. Manfaat lainnya

Selain fungsi utamanya untuk membentuk energi dan menjaga kesehatan sel, vitamin B2 juga memiliki potensi lain. Meskipun masih terbatas, beberapa penelitian terdahulu menemukan manfaat lain yang mungkin bisa Anda dapatkan.

Berikut manfaat dari mencukupi kebutuhan riboflavin setiap hari.

  • Menjaga fungsi dan kesehatan hati.
  • Memelihara lapisan mukosa pada sistem pencernaan.
  • Membantu penyerapan vitamin B1, B3, dan B6 serta asam folat.
  • Mengubah triptofan menjadi asam amino.
  • Menjaga kesehatan mata, sel saraf, kulit, dan otot.
  • Mendukung perkembangan janin.

Vitamin B2 adalah salah satu zat gizi esensial, yang berarti perannya begitu penting bagi tubuh. Inilah mengapa setiap orang dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B2 dari makanan sehari-hari dan suplemen apabila perlu.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Tak Terduga dan Jarang Diketahui!

Tak banyak yang tahu seperti apa buah kesemek. Padahal, buah kesemek mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang sangat sayang jika dilewatkan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Fakta Gizi 25 April 2019 . Waktu baca 8 menit

Caviplex

Caviplex adalah multivitamin. Cari tahu informasi tentang fungsi, dosis, efek samping, interaksi, dan keamanan suplemen ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 15 Maret 2019 . Waktu baca 8 menit

Berhubungan Seks Akan Memperparah Atau Justru Meredakan Migrain, Ya?

Ada yang bilang seks adalah obat mujarab untuk meredakan migrain. Namun, ada juga yang berkata bahwa seks bikin migrain makin sakit. Mana yang benar?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 27 November 2018 . Waktu baca 4 menit

4 Kiat Manjur Menjaga Kesehatan Mata Buat Generasi Milenial (Usia 20-30an)

Mata mulai kurang awas melihat begitu kita masuk pertengahan 20 hingga 30-an. Namun, tidak perlu khawatir jika Anda tahu rahasianya menjaga kesehatan mata.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 4 November 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat minyak amla

Segudang Khasiat Minyak Amla dari Menguatkan Akar Rambut Hingga Meredakan Sembelit

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mempertajam penglihatan mata

Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit
Pencegahan katarak memang sulit dilakukan, tapi cara-cara ini mungkin dapat mengurangi risiko atau bahkan mencegah penyakit katarak di kemudian hari.

Bagaimana Cara Mencegah Katarak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 7 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
kesehatan mata anak

Anak Hobi Main Gadget? Jaga Kesehatan Matanya dengan Buah Merah

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 18 November 2019 . Waktu baca 4 menit