home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Susu Beras Dibandingkan Susu Nabati Lain

5 Manfaat Susu Beras Dibandingkan Susu Nabati Lain

Banyak orang mencari pilihan susu yang lebih rendah lemak. Salah satu susu nabati pengganti susu sapi yang kini marak dikonsumsi adalah susu beras atau rice milk. Sebenarnya, apa sih, manfaat susu beras?

Manfaat susu beras

Susu beras pada umumnya dibuat dari beras merah dan disajikan ala kadarnya tanpa gula. Meski begitu, banyak juga yang mempermanisnya dengan sari tebu, atau diberi perasa seperti vanila ataupun coklat.

Bagaimanapun cara mengonsumsinya, susu beras memiliki manfaat yang tak kalah menyehatkan. Simak daftarnya di bawah ini.

1. Rendah alergen

Dibanding susu almond atau susu kedelai, susu beras merupakan produk susu nabati yang minim risiko untuk memicu alergi. Oleh karena itu, susu ini dapat bisa dikonsumsi baik oleh orang yang intoleran terhadap laktosa maupun yang alergi kacang.

2. Rendah lemak tak jenuh dan kolestrol

Susu beras yang dibuat sendiri hampir sama sekali tidak mengandung lemak trans dan kolesterol. Pada produk jadi atau kemasan, mungkin terdapat dua zat tersebut sebagai efek samping proses produksi atau tambahan perasa dan/atau gula.

Meski begitu, kenaikannya tak begitu drastis. Rata-rata kandungan lemak tak jenuh pada produk susu beras langsung minum berkisar 1 gram per cangkir.

Artinya, kandungan lemak trans dari susu beras paling sedikit dibandingkan dengan semua susu nabati pengganti susu sapi. Oleh karena itu, susu beras baik dikonsumsi untuk orang-orang yang ingin diet rendah kolestrol dan rendah lemak.

Karena rendah lemak dan kolesterol, minum susu nabati ini juga bisa menyehatkan jantung. Apalagi kandungan mineral magnesium di dalam susu beras juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah.

3. Kaya kalsium dan fosfor

Satu cangkir susu beras dapat memenuhi 30 persen kalsium dan 15 persen nilai fosfor harian yang dibutuhkan tubuh. Kedua mineral dalam susu beras memiliki manfaat untuk memelihara tulang dan gigi yang kuat.

Selain itu, kalsium membantu menjaga tekanan darah tetap normal, mendukung fungsi otot dan membantu menjaga selaput sel. Sementara fosfor merupakan komponen dari semua membran sel dan diperlukan untuk mengaktifkan vitamin B.

4. Kaya akan vitamin

Susu beras diperkaya dengan 4% vitamin A, 10% vitamin D, dan 25% vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda. Vitamin A diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh dan penglihatan yang sehat.

Vitamin D berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, vitamin D juga dapat membantu mengurangi risiko berkembangnya jenis kanker tertentu.

Sementara vitamin B12 sendiri membantu menunjang sistem saraf dan memproduksi sel darah merah.

5. Mengandung banyak antioksidan

Susu nabati ini mengandung lebih banyak mangan dan selenium daripada alternatif susu nabati lainnya. Keduanya termasuk dalam antioksidan kuat yang membantu melindungi Anda dari segala jenis infeksi dan kanker.

Susu beras juga memiliki manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

7 Makanan Sumber Antioksidan Tinggi untuk Lawan Radikal Bebas

Bagaimana cara membuat susu beras?

Untuk mendapatkan manfaat susu beras, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Yang Anda perlukan hanya satu liter air dan 200 gram beras merah yang sudah tanak (nasi merah). Simak langkah mudah membuatnya di bawah ini.

  1. Blender air dan nasi merah sampai halus seperti susu cair.
  2. Diamkan cairan dalam blender selama setidaknya setengah jam.
  3. Saring cairan perlahan ke dalam wadah lain, sehingga susu tampak jernih tanpa endapan.
  4. Biarkan untuk sementara waktu, lalu susu beras siap untuk diminum. Susu beras bisa disajikan dingin.
health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pros and Cons of Rice Milk. [online] Available at: http://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/pros-and-cons-of-rice-milk.html Accessed 8 September 2017.

Rice Milk Nutrition Information. [online] Available at:  http://www.livestrong.com/article/135464-rice-milk-nutrition-information/ Accessed 8 September 2017.

Nutrition and healthy eating. [online] Available at:

http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/vegetarian-diet/art-20046446?pg=2 Accessed 8 September 2017.

How to Make Rice Milk. [online] Available at: http://www.5dollardinners.com/how-to-make-rice-milk/ Accessed 9 September 2017.  

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 23/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x