5 Manfaat Minyak Samin, Olahan Mentega yang Kaya Rasa

    5 Manfaat Minyak Samin, Olahan Mentega yang Kaya Rasa

    Minyak samin mungkin termasuk bahan favorit banyak orang untuk menambah cita rasa masakan. Selain memiliki rasa yang gurih, minyak samin juga beraroma khas dan cukup multifungsi. Apa manfaat produk yang juga dikenal ghee butter ini?

    Kandungan gizi minyak samin

    minyak samin

    Minyak samin adalah sejenis minyak yang berbahan dasar mentega. Minyak ini pada dasarnya merupakan salah satu bentuk clarified butter, yakni mentega yang kandungan air dan padatan susunya telah dibuang.

    Untuk membuat ghee butter, Anda perlu mendidihkan mentega biasa. Mentega akan terpecah menjadi padatan susu dan lemak cair. Setelah memisahkan padatan susunya, Anda akan mendapatkan ghee berwarna kuning keemasan dengan aroma yang khas.

    Oleh karena padatan susunya telah hilang, bahan ini tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Produk ini dapat bertahan dalam suhu ruangan selama beberapa minggu. Pada suhu ini, minyak samin memiliki bentuk padat seperti minyak kelapa.

    Minyak ini umumnya digunakan dalam berbagai resep masakan India dan Pakistan. Namun, berkat kandungan gizi dan potensi manfaatnya, minyak dengan rasa yang gurih ini juga dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Ayurveda.

    Di bawah ini zat gizi yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi satu sendok makan ghee butter.

    Minyak samin lebih padat dari mentega biasa. Jadi, kalori dan kandungan lemaknya juga lebih banyak. Seperti bahan bakunya, ghee butter juga mengandung vitamin D, vitamin B12, dan vitamin K meskipun dalam jumlah yang berbeda.

    Manfaat minyak samin bagi kesehatan

    kolesterol

    Di bawah ini sejumlah manfaat minyak samin bagi kesehatan.

    1. Sumber lemak bagi tubuh

    Hampir 100% kandungan gizi minyak samin merupakan lemak yang terbagi menjadi lemak jenuh dan tak jenuh. Seperti mentega pada umumnya, ini berarti minyak samin dapat menjadi sumber lemak yang berlimpah bagi tubuh.

    Tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi sekaligus cadangannya setelah glukosa (karbohidrat) habis. Selain itu, lemak juga melindungi organ tubuh, membantu penyerapan zat gizi, serta membangun sel tubuh dan hormon.

    2. Membantu mengurangi peradangan dalam usus

    Minyak yang satu ini termasuk sumber dari asam butirat, yakni asam lemak yang terbentuk saat bakteri usus memecah serat dalam makanan. Zat ini juga terkandung dalam minyak nabati dan ghee butter meskipun jumlahnya tak sebanyak di dalam usus Anda.

    Asam butirat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya sistem pencernaan. Studi terbaru dalam jurnal Poultry Science menunjukkan senyawa ini berpotensi mengurangi peradangan pada usus dan membuat saluran pencernaan sehat.

    3. Menambah asupan vitamin A

    Kandungan vitamin A pada minyak samin rupanya tidak kalah dari sumber yang lebih populer seperti wortel, minyak ikan, dan hati sapi. Dengan mengonsumsi satu sendok makan ghee butter, Anda bisa memenuhi 13% kebutuhan vitamin A harian.

    Vitamin A memiliki peran penting dalam memelihara kesehatan mata. Selain fungsi tersebut, tubuh Anda juga membutuhkan vitamin A untuk membentuk dan menjaga kesehatan tulang, jaringan lunak, kulit, serta selaput lendir.

    4. Membantu mengontrol kolesterol dan berat badan

    Makanan tinggi lemak seperti minyak samin biasanya identik dengan meningkatnya berat badan dan kadar kolesterol. Padahal, ini tidak selalu benar. Jenis lemak tertentu justru bisa membantu mengontrol kolesterol dan menjaga berat badan Anda.

    Ghee butter yang kaya asam linoleat, misalnya. Menurut sebuah penelitian terhadap hewan pada 2019, asam linoleat berpotensi menurunkan kadar kolesterol, menghambat obesitas, dan bahkan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah.

    5. Membantu menyehatkan jantung

    Ghee butter termasuk sumber asam lemak omega-3 yang menyehatkan dan mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Peradangan merupakan awal dari banyak penyakit, khususnya kerusakan pembuluh darah yang bisa berujung menjadi stroke.

    Asam lemak omega-3 juga mampu menurunkan kadar trigliserida, tekanan darah, dan penggumpalan darah. Ketiganya merupakan faktor penting yang membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

    Minyak samin merupakan produk dari mentega yang memiliki banyak manfaat, baik dari segi kuliner maupun kesehatan. Namun, mengingat kandungan lemak jenuhnya cukup tinggi, pastikan Anda mengonsumsi produk ini dalam jumlah yang wajar.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Diah Ayu Lestari · Tanggal diperbarui 12/08/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan