4 Kebaikan Kentos Kelapa untuk Tubuh, yang Sayang Jika Dilewatkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Segarnya air dan daging kelapa muda memang tidak ada tandingannya. Namun, sekali-kali cobalah makan kentos kelapa. Kentos kelapa nyatanya menawarkan banyak manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan karena mengandung banyak nutrisi menguntungkan. Yuk, cari tahu informasi lebih lengkap mengenai khasiat kentos kelapa di bawah ini.

Mengenal manfaat kentos kelapa

Kentos alias tombong merupakan cikal bakal pembentukan tunas kelapa. Bentuknya bulat dan terletak di dalam daging buah kelapa yang sudah tua.

Jadi, Anda harus membelah buah kelapa dulu baru menemukan si kentos ini. Kalau masih kecil, rasa kentos cenderung manis. Namun, semakin besar ukurannya, rasa kentos akan terasa semakin hambar.

Beberapa masyarakat menganggap sepele kentos kelapa. Tak jarang, mereka membuangnya dengan cuma-cuma karena dianggap tidak berguna. Padahal, embrio kelapa ini menyimpan potensi manfaat untuk kesehatan, lho.

Berikut beberapa manfaat kentos kelapa yang perlu Anda ketahui:

1. Tinggi karbohidrat

Satu penelitian pada tahun 2018 melaporkan kentos kelapa mengandung nutrisi tinggi, terutama karbohidrat. Penelitian tersebut mendapatkan bahwa embrio kelapa mengandung 66% karbohidrat.

Tingginya kandungan karbohidrat dalam kentos kelapa ini berpotensi memberi manfaat sebagai sumber energi alternatif untuk tubuh Anda. Karbohidrat termasuk zat gizi yang punya fungsi utama sebagai bahan energi utama tubuh.

Manfaat kentos kelapa satu juga berhasil diungkap oleh penelitian dalam jurnal Food Chemistry. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa kentos kelapa mengandung karbohidrat yang dibutuhkan sebagai sumber energi bayi.

Karbohidrat akan dipecah tubuh menjadi glukosa. Glukosa inilah yang menjadi bahan bakar utama yang mengalir dalam darah dan otak setiap saat.

2. Kaya antioksidan

Sudah banyak penelitian yang melaporkan bahwa paparan radikal bebas dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti stroke, kanker, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Raddikal bebas bisa ditemui dengan mudah di mana saja. Mulai dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi, polusi udara yang Anda hirup, hingga residu atau obat-obatan yang Anda gunakan setiap hari.

Nah, supaya tubuh tidak terlalu banyak terpapar radikal bebas, Anda perlu antioksidan. Antioksidan mudah ditemukan pada makanan dan minuman Anda sehari-hari. Salah satunya, kentos kelapa.

Ya, penelitian yang sama juga melaporkan bahwa kentos kelapa kaya akan antioksidan tinggi. Manfaat kentos kelapa satu ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan.

3. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian yang dipublikasikan dalam India Journal of Pharmaceutical Science mengungkap, kentos kelapa memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi stres oksidatif.

Hal ini karena kentos kelapa memiliki sifat kardioprotektif dan antioksidan. Kedua secara signifikan dapat membantu memperbaiki kerusakan jantung.

Meski baru dicoba pada tikus, penelitian ini bisa jadi kabar baik bagi mereka yang punya masalah jantung. Terutama yang baru saja mengalami serangan jantung (miokard infark).

4. Makanan alternatif bagi yang intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa merupakan gangguan pencernaan ketika usus tidak bisa mencerna laktosa, yaitu gula yang terkandung dalam susu hewani dan produk olahannya. Di dalam tubuh, laktosa dipecah menjadi glukosa dan galaktosa oleh enzim laktase supaya dapat diserap tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

Ketika tidak bisa dicerna dan diserap tubuh, laktosa bisa terfermentasi oleh bakteri sehingga menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, diare, dan masih banyak lagi. Kondisi ini biasanya sudah mulai terdeteksi sejak bayi.

Kalau anak Anda termasuk yang mengalami kondisi ini, Anda bisa memberinya kentos kelapa. Kentos kelapa dapat menjadi alternatif bagi bayi yang mengalami intoleransi laktosa, seperti halnya susu kedelai, susu almond, susu beras, dan susu oat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Kreasi Resep Es Kelapa Muda Segar untuk Melepas Dahaga

Siang-siang minum es kelapa muda itu nikmat. Nah daripada beli di pinggir jalan, kenapa tidak buat sendiri versi yang lebih sehatnya dengan resep-resep ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Resep Sehat, Nutrisi 16 Maret 2019 . Waktu baca 6 menit

Air Kelapa Punya Banyak Khasiat, Tapi Apa Boleh Diminum Oleh Bayi?

Bosan memberikan bayi minuman yang itu-itu saja? Tertarik ingin mencoba air kelapa untuk bayi? Sebaiknya, ketahui dulu keamanan dan kapan usia terbaiknya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Gizi Bayi, Parenting 9 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit

5 Resep Minuman Segar Saat Cuaca Panas Menyerang

Cuaca panas seharian bisa buat tubuh makin capek dan bahkan nyaris dehidrasi. Agar tetap fit, yuk ikuti resep minuman segar di sini. Caranya mudah, kok!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Resep Sehat, Nutrisi 21 November 2018 . Waktu baca 5 menit

5 Minuman Sehat yang Cocok Buat Anda Memulai Hari Lebih Semangat

Anda biasa ngopi dulu sebelum berangkat? Psstt... Beberapa pilihan minuman sehat di pagi hari ini nyatanya lebih ampuh bikin Anda melek dan semangat!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tips Makan Sehat, Nutrisi 11 November 2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat kelapa untuk diet

Panduan Menjalankan Diet Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
perbedaan manfaat kelapa muda dan tua bagi kesehatan

Kelapa Muda vs Kelapa Tua: Beda Umurnya, Beda Pula Manfaatnya Bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
perbedaan santan dan air kelapa

Kenali Perbedaan Nutrisi dan Manfaat Air Kelapa dan Santan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 25 April 2020 . Waktu baca 4 menit
olahraga minum air kelapa manfaat

Manfaat Minum Air Kelapa Selama dan Setelah Berolahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 3 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit