5 Manfaat Jeruk Yuzu untuk Kesehatan, Jeruk Manis Asal Negeri Sakura

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Selama ini Anda mungkin lebih familiar dengan jeruk mandarin, jeruk pontianak, atau jeruk bali. Nah, perkenalkan jeruk manis dari Jepang. Namanya jeruk yuzu. Sama-sama termasuk buah yang tinggi vitamin C, lantas apa saja manfaat jeruk yuzu untuk kesehatan?

Berbagai manfaat jeruk yuzu untuk kesehatan

1. Menguatkan daya tahan tubuh

Dalam 100 gram buah yuzu terkandung 90,5 mg vitamin C, yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Sekadar informasi, kebutuhan vitamin C orang dewasa adalah sekitar 75-90 mg per hari.

Vitamin C sudah terbukti dalam berbagai penelitian dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dengan merangsang produksi sel darah putih. Antioksidan yang juga terkandung dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan energi, sehingga bisa mencegah Anda merasa kelelahan.

Selain itu, vitamin C juga dapat mendukung fungsi vital dalam tubuh Anda, salah satunya adalah fungsi kelenjar adrenal yang mengatur pelepasan hormon stres. Vitamin C juga diperlukan dalam penyerapan zat besi sehingga juga dapat membantu Anda terhindar dari anemiaBahkan dalam jurnal Annals of Nutrition and Metabolism disebutkan bahwa vitamin C bisa bantu pertahanan tubuh dari berbagai penyakit infeksi, seperti diare, pneumonia, dan malaria

Dengan segala fungsinya tersebut, manfaat vitamin C dari buah yuzu untuk meningkatkan daya tubuh tidak perlu diragukan lagi.

2. Mencegah penuaan dini

Terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya adalah impian semua orang. Nah, kenapa tidak mulai mengonsumsi buah yuzu saja? Selain diperkaya oleh vitamin C, buah jeruk manis asal negeri sakura ini juga tinggi kandungan antioksidan alami yang bisa mencegah penuaan dini.

Antioksidan bekerja menangkal efek buruk radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas, seperti dari asap polusi dan radiasi sinar matahari, membuat kulit lebih cepat mengendur dan berkeriput.

3. Sumber serat harian

Seperti buah-buahan lain, jeruk yuzu bisa Anda andalkan sebagai salah satu sumber serat harian. Serat dibutuhkan tubuh untuk mengikat lemak serta memperlancar proses pencernaan. Anda bisa mengonsumsi buah yuzu sebagai camilan atau campuran dari snack Anda. Dengan begitu, serat harian terpenuhi dan Anda juga bisa mengendalikan berat badan karena kandungan seratnya yang cukup banyak.

4. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Penyumbatan pembuluh darah adalah penyebab dari serangan jantung, stroke, emboli paru, dan berbagai penyakit kronis lainnya. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi jeruk yuzu mampu mencegah pembentukan gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah.

5. Bikin mood membaik

Tak hanya kaya vitamin C, jeruk yuzu juga terbukti dapat memperbaiki suasana hati Anda yang sedang buruk. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 lalu. Tim meneliti sekelompok perempuan yang sedang mengalami premenstrual syndrome (PMS). Perempuan yang mengalami PMS, biasanya mengalami perubahan suasana hati yang cepat dan terbukti buah yuzu dapat menurunkan gejala tersebut.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Sebelum terburu-buru mengambil obat, ikutilah tips-tips berikut untuk mengurangi nyeri haid Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Menstruasi 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Selain digunakan sebagai bumbu masak rica-rica, daun basil juga bisa diekstrak menjadi minyak yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Herbal A-Z 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Tips Membedakan Sakit Perut Karena Gas dan Karena Penyakit Lain

Sakit perut merupakan gejala dari masalah pencernaan yang sering muncul. Namun, apa bedanya sakit perut karena gas dan karena penyakit lain?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Begini Cara Memilih Multivitamin yang Aman dan Sesuai untuk Anda

Banyak jenis multivitamin yang ada di pasaran. Tapi yang manakah yang sesuai dengan Anda? Berikut cara memilih multivitamin yang tepat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Fakta Gizi, Nutrisi 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanaman untuk kamar

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
mulut bayi berjamur

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
Bekas luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
terapi oksigen pengobatan ppok

Terapi Oksigen untuk Mengatasi Masalah Sesak Napas

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit