home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Jeruk Yuzu untuk Kesehatan, Jeruk Manis Asal Negeri Sakura

5 Manfaat Jeruk Yuzu untuk Kesehatan, Jeruk Manis Asal Negeri Sakura

Selama ini Anda mungkin lebih familiar dengan jeruk mandarin, jeruk pontianak, atau jeruk bali. Nah, perkenalkan jeruk manis dari Jepang. Namanya jeruk yuzu. Sama-sama termasuk buah yang tinggi vitamin C, lantas apa saja manfaat jeruk yuzu untuk kesehatan?

Berbagai manfaat jeruk yuzu untuk kesehatan

1. Menguatkan daya tahan tubuh

Dalam 100 gram buah yuzu terkandung 90,5 mg vitamin C, yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Sekadar informasi, kebutuhan vitamin C orang dewasa adalah sekitar 75-90 mg per hari.

Vitamin C sudah terbukti dalam berbagai penelitian dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dengan merangsang produksi sel darah putih. Antioksidan yang juga terkandung dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan energi, sehingga bisa mencegah Anda merasa kelelahan.

Selain itu, vitamin C juga dapat mendukung fungsi vital dalam tubuh Anda, salah satunya adalah fungsi kelenjar adrenal yang mengatur pelepasan hormon stres. Vitamin C juga diperlukan dalam penyerapan zat besi sehingga juga dapat membantu Anda terhindar dari anemia. Bahkan dalam jurnal Annals of Nutrition and Metabolism disebutkan bahwa vitamin C bisa bantu pertahanan tubuh dari berbagai penyakit infeksi, seperti diare, pneumonia, dan malaria.

Dengan segala fungsinya tersebut, manfaat vitamin C dari buah yuzu untuk meningkatkan daya tubuh tidak perlu diragukan lagi.

2. Mencegah penuaan dini

Terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya adalah impian semua orang. Nah, kenapa tidak mulai mengonsumsi buah yuzu saja? Selain diperkaya oleh vitamin C, buah jeruk manis asal negeri sakura ini juga tinggi kandungan antioksidan alami yang bisa mencegah penuaan dini.

Antioksidan bekerja menangkal efek buruk radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas, seperti dari asap polusi dan radiasi sinar matahari, membuat kulit lebih cepat mengendur dan berkeriput.

3. Sumber serat harian

Seperti buah-buahan lain, jeruk yuzu bisa Anda andalkan sebagai salah satu sumber serat harian. Serat dibutuhkan tubuh untuk mengikat lemak serta memperlancar proses pencernaan. Anda bisa mengonsumsi buah yuzu sebagai camilan atau campuran dari snack Anda. Dengan begitu, serat harian terpenuhi dan Anda juga bisa mengendalikan berat badan karena kandungan seratnya yang cukup banyak.

4. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Penyumbatan pembuluh darah adalah penyebab dari serangan jantung, stroke, emboli paru, dan berbagai penyakit kronis lainnya. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi jeruk yuzu mampu mencegah pembentukan gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah.

5. Bikin mood membaik

Tak hanya kaya vitamin C, jeruk yuzu juga terbukti dapat memperbaiki suasana hati Anda yang sedang buruk. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 lalu. Tim meneliti sekelompok perempuan yang sedang mengalami premenstrual syndrome (PMS). Perempuan yang mengalami PMS, biasanya mengalami perubahan suasana hati yang cepat dan terbukti buah yuzu dapat menurunkan gejala tersebut.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Matsumoto T, e. (2018). Does Japanese Citrus Fruit Yuzu (Citrus junos Sieb. ex Tanaka) Fragrance Have Lavender-Like Therapeutic Effects That Alleviate Premenstrual Emotion… – PubMed – NCBI . [online] Ncbi.nlm.nih.gov. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28481623  [Accessed 2 Jan. 2018].

Wintergerst ES, e. (2018). Immune-enhancing role of vitamin C and zinc and effect on clinical conditions. – PubMed – NCBI . [online] Ncbi.nlm.nih.gov. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16373990  [Accessed 2 Jan. 2018].

Kim, T., Kim, H., Park, S. and Jung, Y. (2015). Inhibitory Effects of Yuzu and Its Components on Human Platelet Aggregation. Biomolecules & Therapeutics, 23(2), pp.149-155.

Hirota R, e. (2018). Anti-inflammatory effects of limonene from yuzu (Citrus junos Tanaka) essential oil on eosinophils. – PubMed – NCBI . [online] Ncbi.nlm.nih.gov. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20492298  [Accessed 2 Jan. 2018].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x