home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Beragam Manfaat Jeruk Mandarin, Si Mungil yang Bantu Mencegah Batu Ginjal

Beragam Manfaat Jeruk Mandarin, Si Mungil yang Bantu Mencegah Batu Ginjal

Jeruk mandarin identik sebagai makanan yang kerap hadir saat perayaan Imlek, selain itu jeruk ini juga terbilang sangat populer di seluruh dunia. Jenis jeruk ini ukuran buahnya yang lebih kecil ketimbang buah jeruk pada umumnya. Tapi jangan salah, dalam jeruk mandarin terdapat kandungan nutrisi dan segudang manfaat yang menyehatkan bagi tubuh Anda. Penasaran ada apa saja?

Kandungan nutrisi dalam jeruk mandarin

kandungan jeruk mandarin

Citrus reticulata Blanco adalah nama latin dari jeruk mandarin. Karakteristik jeruk mandarin antara lain ukuran buahnya kecil, berbentuk bulat pipih, bagian kulit jeruknya cenderung tipis dan mudah dibuka, warna jingga menyala saat matang, dan memiliki rasa lebih manis saat matang.

Pohon jeruk mandarin juga berukuran relatif lebih kecil daripada jenis jeruk lainnya. Pohon ini bisa tumbuh di daerah tropis dan subtropis, termasuk di Indonesia. Jeruk mandarin yang dibudidayakan di Indonesia umum dikenal dengan nama jeruk keprok atau jeruk siam.

Menurut Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, terdapat beberapa varietas jeruk mandarin yang terkenal di seluruh dunia, antara lain clementine algeria, dancy tangerine, freemont, murcott, ponkan, oseola, dan robinson.

Lalu bagaimana dengan kandungan nutrisi di dalam jeruk mandarin? Dikutip dari laman FoodData Central U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram buah jeruk mandarin matang terdapat kandungan seperti di bawah ini.

  • Air: 85,17 gram
  • Kalori: 53 kkal
  • Protein: 0,81 gram
  • Lemak: 0,31 gram
  • Karbohidrat: 13,34 gram
  • Serat: 1,8 gram
  • Kalsium: 37 miligram
  • Fosfor: 20 milligram
  • Zat besi: 0,15 miligram
  • Natrium: 2 miligram
  • Kalium: 166 miligram
  • Tembaga: 0,042 miligram
  • Seng (Zinc): 0,07 miligram
  • Beta karoten: 155 mikrogram
  • Beta kriptoxantin: 407 mikrogram
  • Thiamin: 0,058 miligram
  • Riboflavin: 0,036 miligram
  • Niacin: 0,376 miligram
  • Vitamin C: 26,7 miligram

Manfaat jeruk mandarin yang perlu Anda ketahui

Berdasarkan kandungan yang dimilikinya, jeruk mandarin dapat menjadi sumber alami berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat yang bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi jeruk mandarin.

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Dikutip dari American Institute for Cancer Research, jeruk mandarin mengandung dua senyawa antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, yakni beta karoten dan beta kriptoxantin. Kedua senyawa antioksidan ini juga menghasilkan warna jingga pada jeruk mandarin dan jenis buah sitrus lainnya.

Studi menyebutkan bahwa kandungan antioksidan, seperti beta karoten dan beta kriptoxantin dalam jeruk mandarin bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat berdampak buruk bagi tubuh, salah satunya memicu pertumbuhan sel kanker.

Buah-buahan juga mengandung flavonoid, yakni senyawa baik yang bisa menekan gen yang mendukung pertumbuhan kanker dan menonaktifkan senyawa pemicu kanker.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

mencegah penyakit akibat imun lemah

Walaupun kandungannya tidak sebanyak jeruk pada umumnya, namun vitamin C dalam jeruk mandarin juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C jenis asam askorbat adalah nutrisi penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan berbagai penyakit.

Vitamin C berfungsi menjaga kesehatan kulit Anda, sebab jenis vitamin ini dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka pada kulit dan jaringan tubuh lainnya.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Jeruk mandarin memiliki kandungan serat yang penting untuk melancarkan sistem pencernaan. Bahkan, jeruk mandarin mengandung dua jenis serat yang penting bagi tubuh Anda, yakni serat yang larut air dan serat yang tidak larut air.

Manfaat serat sebagai salah satu kandungan jeruk mandarin adalah membantu menyerap air, melunakkan, dan meningkatkan massa tinja sehingga dapat melancarkan buang air besar.

Selain mencegah gangguan pencernaan, seperti sembelit, mengonsumsi jeruk mandarin juga berpotensi menurunkan risiko penyakit kronis dan membantu Anda menurunkan berat badan.

4. Mengurangi risiko batu ginjal

penyakit batu ginjal

Batu ginjal adalah sebuah kondisi terbentuknya endapan keras dari mineral dan garam yang terjadi di dalam ginjal. Penderita batu ginjal akan mengalami rasa sakit yang luar biasa pada perut bawah hingga pangkal paha, apabila batu-batu ini menuju ureter saat buang air kecil.

Salah satu penyebab batu ginjal adalah rendahnya kadar sitrat dalam urine. Buah sitrus, seperti jeruk mandarin memiliki manfaat sebagai sumber asam sitrat alami, yang mana dapat mencegah risiko batu ginjal dan kekambuhan pada penderitanya.

Hal ini didukung oleh jurnal terbitan Italian Urology and Andrology terbitan 2015 menyebutkan peningkatan konsumsi buah sitrus, seperti jeruk dan lemon, serta buah non-sitrus, seperti melon secara tidak langsung meningkatkan kadar sitrat dalam urine dan mencegah risiko pembentukan batu ginjal dalam tubuh.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Jeruk mandarin adalah camilan yang sehat dan aman untuk Anda konsumsi sehari-hari karena nol kandungan kolesterol. Bukan hanya itu, serat tinggi pada jeruk mandarin juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Dikutip dari Mayo Clinic, kandungan serat — terutama serat yang larut air (soluble fiber) — dalam jeruk mandarin dapat mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL).

Menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam aliran darah memiliki potensi besar mencegah Anda dari risiko serangan jantung dan stroke.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

mencegah hipertensi

Pola hidup yang buruk, seperti mengonsumsi makanan berlemak, merokok, dan minum alkohol, membuat Anda lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi). Apabila kondisi ini tidak ditangani, tentu dapat memicu masalah kesehatan lain, salah satunya penyakit jantung.

Sejumlah studi mengatakan, konsumsi buah-buahan tinggi serat dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah peradangan, dan membuat kondisi tubuh Anda jauh lebih sehat. Selain tinggi kandungan serat, manfaat jeruk mandarin juga terdapat pada kandungan kalium atau potassium.

Dikutip dari American Heart Association, kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengurangi kelebihan sodium atau garam melalui urine. Kalium juga dapat membantu meredakan ketegangan pada dinding pembuluh darah Anda.

7. Memperkuat tulang

Selain tinggi kandungan vitamin, jeruk mandarin juga memiliki beragam mineral penting, seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang membantu memperkuat dan menjaga kesehatan tulang.

Magnesium yang diperoleh melalui makanan salah satu manfaat yang paling utama adalah membantu penyerapan kalsium dan vitamin D dalam tubuh. Kedua vitamin dan mineral ini dapat membuat tulang Anda semakin kuat dan padat.

Kekurangan magnesium dalam tubuh dapat mengganggu proses penyerapannya, sehingga lebih berisiko mengalami tulang rapuh yang memicu osteoporosis.

Bagaimana cara mengonsumsi dan menyimpan jeruk mandarin?

Untuk memilih jeruk mandarin dalam kondisi baik dan matang sempurna, Anda perlu memilih jeruk yang memiliki kulit mengkilap dan terasa beratnya saat digenggam. Hindari memilih jeruk mandarin yang memiliki bagian lunak atau rusak pada kulitnya.

Anda dapat menyimpan jeruk mandarin dalam suhu ruangan sekitar satu minggu. Untuk membuatnya lebih tahan lama, Anda dapat menyimpannya dalam wadah di lemari pendingin sehingga jeruk mandarin dapat bertahan hingga sekitar dua minggu.

Selain dapat Anda kupas dan makan langsung, buah jeruk ini dapat Anda olah sebagai campuran salad buah, smoothie, oatmeal, atau yogurt sebagai penambah rasa manis alami.

Namun, alangkah baiknya Anda memakan langsung jeruk mandarin untuk mendapatkan manfaat dan khasiat penuh dari buah kaya vitamin dan mineral yang satu ini.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Wartenberg, L., & Richter, A. (2020). Mandarin Orange: Nutrition Facts, Benefits, and Types. Healthline. Retrieved 10 February 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/mandarin-orange

Health Benefits of Mandarin Oranges. WebMD. (2020). Retrieved 10 February 2021, from https://www.webmd.com/diet/health-benefits-mandarin-oranges#1

Health Benefits of Mandarin Oranges – American Institute for Cancer Research. American Institute for Cancer Research. (2013). Retrieved 10 February 2021, from https://www.aicr.org/resources/blog/healthtalk-do-mandarin-oranges-provide-the-same-nutrients-as-other-oranges/

Mandarin. Betterhealth.vic.gov.au. (2020). Retrieved 10 February 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ingredientsprofiles/Mandarin

Tangerines, (mandarin oranges), raw. FoodData Central – U.S. Department of Agriculture. (2019). Retrieved 10 February 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169105/nutrients

Varietas jeruk di dunia. Balitjestro. (2018). Retrieved 10 February 2021, from http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/varietas-jeruk-di-dunia/

How to add more fiber to your diet. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983?pg=1

How Potassium Can Help Control High Blood Pressure. www.heart.org. (2016). Retrieved 10 February 2021, from https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/how-potassium-can-help-control-high-blood-pressure

Prezioso, D., Strazzullo, P., Lotti, T., Bianchi, G., Borghi, L., Caione, P., Carini, M., Caudarella, R., Ferraro, M., Gambaro, G., Gelosa, M., Guttilla, A., Illiano, E., Martino, M., Meschi, T., Messa, P., Miano, R., Napodano, G., Nouvenne, A., Rendina, D., … CLU Working Group (2015). Dietary treatment of urinary risk factors for renal stone formation. A review of CLU Working Group. Archivio italiano di urologia, andrologia : organo ufficiale [di] Societa italiana di ecografia urologica e nefrologica, 87(2), 105–120. https://doi.org/10.4081/aiua.2015.2.105 .

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.