home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mirip dengan Kesemek, Ini 5 Manfaat Buah Mentega untuk Kesehatan Tubuh

Mirip dengan Kesemek, Ini 5 Manfaat Buah Mentega untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda bosan mengonsumsi jenis makanan yang sama, termasuk buah? Jangan khawatir, masih banyak jenis buah-buahan di pasar maupun toko buah, yang mungkin sebelumnya belum Anda coba, contohnya buah mentega. Buah yang mirip apel ini memiliki rasa manis yang legit, sehingga cocok untuk Anda nikmati sebagai pencuci mulut atau camilan. Ternyata, buah mentega juga kaya kandungan nutrisi sehingga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya, ya?

Kandungan gizi buah mentega

manfaat khasiat kandungan buah mentega

Mabolo, bisbul, kamagon, atau velvet apple adalah sebutan lain dari buah mentega. Sementara nama latinnya adalah Diospyros blancoi. Di Indonesia, banyak orang menyebut buah ini sebagai buah mentega karena jika Anda belah, warna daging buahnya mirip seperti mentega.

Jika Anda perhatikan, buah langka ini mirip dengan apel atau kesemek, karena masih dalam satu famili. Selain manis dan harum, buah mentega kaya kandungan gizi sehingga banyak orang yang percaya jika buah ini memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam 100 gram buah mentega, terdapat berbagai nutrizi yang tubuh Anda butuhkan, seperti:

  • Protein: 0,82-2,79 gram.
  • Lemak: 0,22-0,38 gram.
  • Karbohidrat: 5.49-6.12 gram.
  • Gula: 6,25-18,52 gram.
  • Kalsium: 42.8 mg.
  • Serat: 0,74-1,76 gram
  • Asam sulfat: 0.11 gram.
  • Asam malat: 0,16 gram.
  • Zinc: 3,6 mg.
  • Kalium: 19,6 mg.
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,75 mg.
  • Niasin (vitamin B3): 0,157 mg.
  • Vitamin C: 42,8 mg.

Manfaat buah mentegan untuk kesehatan

buah mentega

Berdasarkan kandungan nutrisinya ini, buah mentega mungkin bisa memberikan manfaat pada kesehatan jika Anda konsumsi secara rutin, di antaranya:

1. Memiliki potensi mencegah kanker

Penyakit kanker memang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Akan tetapi, ahli kesehatan percaya bahwa penyakit ini berkaitan erat dengan mutasi DNA yang bisa terjadi karena paparan radikal bebas. Ya, mutasi DNA mengubah intruksi sel untuk tumbuh dan berkembang.

Ketika intruksi sel kacau, maka pertumbuhan dan perkembangan sel menjadi tidak terkendali. Sel akan terus menumpuk dan membentuk tumor. Tanpa pengobatan, sel kanker dapat menyebar dan merusak jaringan yang sehat.

Kunci untuk mencegah kanker, jika Anda lihat dari penjelasan di atas adalah mengurangi paparan radikal bebas. Tubuh Anda bisa melawan radikal bebas dengan bantuan antioksidan.

Nah, menurut studi pada Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, manfaat antioksidan ini bisa Anda dapatkan dari buah mentega, karena ada kandungan fenolik dan flavonoid di dalamya.

2. Membantu mengendalikan berat badan sekaligus memberikan energi

Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap terkendali, konsumsi makanan tinggi gula dan lemak perlu Anda ganti dengan buah dan sayur. Nah, buah mentega ini bisa jadi salah satu pilihannya karena termasuk makanan tinggi serat.

Serat pada buah mentega bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama. Hal ini menekan keinginan Anda untuk ngemil atau menyantap makanan tidak sehat.

Kandungan asam malat pada buah yang mirip kesemek ini juga diserap tubuh secara cepat sehingga dapat memberikan energi segera. Asam malat juga membantu memulihkan tubuh dari rasa lelah dan nyeri otot (myalgia)

3. Menyehatkan tulang

Tubuh Anda membutuhkan kalsium untuk menjaga struktur dan kekokohan tulang. Kandungan kalsium pada buah mentega per 100 gram-nya setara dengan setengah jumlah kalsium pada 100 gram susu. Itu sebabnya, buah mentega bisa menjadi sumber makanan kaya kalsium selain susu yang bermanfaat bagi tulang.

Selain menjaga kesehatan tulang, kalsium buah mentega juga berkhasiat untuk membantu pembuluh darah mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan mendukung produksi hormon.

4. Mencegah peradangan pada tubuh

Selain anggur atau apel, buah mentega termasuk dalam deretan makanan dengan senyawa antiradang. Maksudnya, buah mentega punya kandungan zat yang bisa mencegah peradangan pada tubuh, sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

Kandungan vitamin B kompleks pada buah mentega juga berkhasiat untuk memperlambat penyakit degeneratif terkait peradangan, seperti diabetes, osteoporosis, dan kanker.

5. Meningkatkan sistem imun

Ada berbagai jenis makanan agar Anda tidak gampang sakit. Anda perlu meningkatkan konsumsi makanan kaya vitamin C, seperti buah mentega. Kandungan vitamin C meningkatkan sistem imun terhadap zat asing yang masuk ke tubuh.

Itu artinya, tubuh akan semakin kuat dalam melawan parasit, virus, maupun bakteri yang menyebabkan infeksi.

Tips aman menikmati buah mentega

manfaat khasiat kandungan buah mentega

Jika Anda tertarik dengan manfaat buah mentega, Anda bisa menambahkan buah ini ke dalam menu makanan harian. Selain bisa Anda nikmati langsung, buah mentega juga bisa sajikan menjadi salad buah. Bahkan, bisa Anda panggang dan bumbui dengan rempah-rempah agar bisa disajikan bersama daging atau sosis.

Meskipun kaya akan khasiat untuk kesehatan, Anda tidak boleh mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Bagian terluar kulitnya juga perlu Anda bersihkan karena bulu-bulu halus pada permukaannya, bisa menyebabkan gatal pada kulit terutama yang punya kulit sensitif. Orang yang alergi dengan kesemek, biasanya juga alergi dengan buah ini.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mabolo. Horticulture and Landscape Architecture – Purdue University. https://hort.purdue.edu/newcrop/morton/mabolo.html [Accessed on March 5th, 2021]

Khan, M. A., Rahman, M. M., Sardar, M. N., Arman, M. S., Islam, M. B., Khandakar, M. J., . . . Alam, A. K. (2016). Comparative investigation of the free radical scavenging potential and Anticancer property of Diospyros BLANCOI (EBENACEAE). Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, 6(5), 410-417. doi:10.1016/j.apjtb.2016.03.004 [Accessed on March 5th, 2021]

Hung, S., Roan, S., Chang, T., King, H., & Chen, I. (2016). Analysis of aroma compounds and nutrient contents of mabolo (diospyros blancoi A. DC.), an ethnobotanical fruit of Austronesian Taiwan. Journal of Food and Drug Analysis, 24(1), 83-89. doi:10.1016/j.jfda.2015.08.004 [Accessed on March 5th, 2021]

Calcium. (2019, December 6). Office of Dietary Supplements (ODS). https://ods.od.nih.gov/factsheets/Calcium-Consumer/ [Accessed on March 5th, 2021]

Slide show: Add antioxidants to your diet. (2019, November 23). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/multimedia/antioxidants/sls-20076428 [Accessed on March 5th, 2021]

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 31/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x