12 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kalsium merupakan salah satu mineral penting untuk pembentukan tulang. Selain itu, kalsium juga penting untuk kerja otot, sel, dan saraf Anda. Saat Anda ditanya tentang sumber kalsium, pasti yang ada di otak Anda adalah susu. Padahal, masih banyak sumber kalsium lain selain susu. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen kalsium untuk mencukupi kebutuhan kalsium Anda yang tinggi. Anda hanya perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium, seperti makanan di bawah ini.

BACA JUGA: Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Remaja di Masa Pertumbuhan?

Sarden

Anda mungkin tidak menyangka bahwa di dalam sarden terdapat banyak kalsium. Ya, sarden merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi. Mengapa? Tulang yang biasanya masih terdapat dalam sarden kaleng bisa Anda makan. Inilah yang membuat sarden kaya akan kalsium. Jadi, jika Anda makan sarden kaleng, sebaiknya jangan singkirkan tulangnya tapi Anda makan. Dalam 60 gram sarden kaleng, mengandung kalsium sebanyak 240 mg.

Ikan teri

Selain sarden, ikan yang juga mengandung banyak kalsium adalah ikan teri. Sama seperti sarden, ikan teri mengandung kalsium yang terdapat dalam tulangnya. Saat Anda memakan ikan teri, Anda juga makan tulang ikan teri secara langsung. Dari sinilah Anda mendapatkan asupan kalsium dalam ikan teri.

Telur

Makanan yang satu ini pasti sering Anda temukan, baik dimakan langsung atau diolah menjadi hidangan lain. Telur memang kaya akan nutrisi. Selain sebagai sumber protein, telur juga mengandung banyak kalsium. Dalam satu butir telur besar (50 gram) terkandung kalsium sebanyak 27 mg.

Brokoli

Selain sumber hewani, kalsium juga bisa Anda dapatkan dari sumber nabati. Kalsium bisa Anda temukan dalam berbagai jenis sayuran hijau. Salah satunya adalah brokoli. Selain kalsium, brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Dalam 120 gram brokoli mentah, Anda bisa mendapatkan 112 mg kalsium.

Kale

Kale juga merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang kaya akan kalsium. Selain itu, kale juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin K. Dalam 50 gram kale mentah terkandung kalsium sebanyak 32 mg.

Bayam

Makanan “Popeye” ini juga merupakan salah satu sumber kalsium yang baik. Dalam setengah gelas bayam (125 ml) terkandung kalsium sekitar 130 mg. Sama seperti brokoli, bayam juga mengandung mineral dan vitamin lain, seperti zat besi, vitamin A, vitamin C, dan lainnya.

BACA JUGA: Kenapa Tubuh Kita Perlu Kalsium (Bukan untuk Tulang Saja)

Bokcoy

Sayuran ini mungkin sering Anda temukan dalam masakan chinese. Bokcoy atau juga dikenal sebagai pakcoy menjadi salah satu sayuran hijau yang mengandung kalsium. Dalam 50 gram bokcoy mentah terkandung kalsium sebanyak 20 mg. Selain itu, bokcoy juga mengandung mineral dan vitamin lain, seperti vitamin A, vitamin C, dan kalium.

Lettuce

Anda mungkin sering menemukan sayuran ini dalam salad atau sebagai hiasan makanan. Namun, jangan salah karena ternyata lettuce mengandung nutrisi yang tidak kalah banyak dari sayuran hijau lainnya. Anda bisa mendapatkan kalsium dari lettuce. Dalam 50 gram lettuce terkandung kalsium sebanyak 19 mg.

Edamame

Edamame adalah olahan dari kacang kedelai. Makanan dari kacang ini juga mengandung kalsium dan juga tinggi protein. Sebanyak sembilan asam amino esensial terkandung dalam edamame. Edamame juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

Kacang almond

Sebagian besar dari Anda mungkin sangat menyukai kacang ini. Kacang almond merupakan salah satu kacang yang banyak mengandung nutrisi. Selain sebagai sumber kalsium, kacang almond juga ternyata mengandung protein tinggi, vitamin E, dan kalium. Walaupun kacang ini juga mengandung lemak, tetapi jenis lemak yang terkandung adalah lemak baik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dalam 30 gram kacang almond terkandung kalsium sebanyak 75 mg.

Tofu

Tofu juga merupakan salah satu makanan olahan kacang kedelai. Sebanyak 120 gram tofu mengandung 126 mg kalsium. Jumlah yang cukup banyak bukan? Selain itu, tofu juga menjadi sumber protein yang baik bagi para vegetarian.

BACA JUGA: 6 Buah-buahan Paling Tinggi Vitamin C, Selain Jeruk

Jeruk

Selama ini mungkin Anda hanya mengira bahwa jeruk sumber vitamin C. Namun, lebih dari itu ternyata jeruk juga merupakan sumber kalsium. Dalam 150 gram jeruk terkandung sebanyak 60 mg kalsium. Buah lain juga ada yang mengandung kalsium tetapi tidak sebanyak jeruk, seperti buah pisang, apel, dan raisin (anggur kering).

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Doyan Minum Bubble Tea

Boleh saja minum bubble tea, tapi kalau terlalu sering, waspada bahayanya bagi kesehatan. Bagaimana agar tetap sehat meski doyan bubble tea?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mie Instan atau Nasi: Mana yang Bikin Lebih Cepat Gemuk?

Saat ingin menjaga atau menurunkan berat badan, Anda mungkin bingung memilih mana yang lebih baik: nasi putih atau mie instan. Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 20 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

5 Sumber Makanan Sehari-hari yang Mengandung Biotin

Biotin (vitamin B7) bermanfaat untuk menghasilkan energi pada tubuh. Apa saja makanan sehat yang mengandung biotin? Cari tahu di sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Rasanya Memang Lezat, Tapi Apakah Selai Cokelat Kacang Sehat?

Banyak orang suka makan roti dengan olesan selai kacang cokelat saat sarapan. Namun, apa dampaknya untuk kesehatan? Apakah menyehatkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Fakta Gizi, Nutrisi 17 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit


Direkomendasikan untuk Anda

bakteri asam laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
daging angsa

Belum Banyak Diketahui, Inilah Manfaat Daging Angsa dan Kandungan Gizinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
sayur goreng

Meski Lezat, Sayur Goreng Sehat Apa Tidak, Sih?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
resep membuat bakwan

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit