Tak Cuma Lezat, Ini 4 Kebaikan Ikan Sarden Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sarden adalah salah satu jenis ikan yang lezat dan cukup mudah ditemukan di pasaran. Tak hanya itu, sarden juga kaya akan nutrisi dan manfaat penting bagi kesehatan. Sudah tahu apa saja manfaat ikan sarden? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Manfaat ikan sarden yang mungkin belum Anda ketahui

1. Mencegah penyakit jantung

Sarden adalah satu satu sumber makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang terbaik. Asam lemak omega-3 mampu menyediakan berbagai manfaat penting bagi tubuh, di antaranya mampu mencegah penyakit jantung karena memiliki sifat antiradang, mengurangi risiko pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, serta telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak sehat dalam tubuh. Itu sebabnya ikan sarden dipercaya sebagai salah satu makanan penting untuk memperbaiki sistem jantung.

Salah satu kunci pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang normal yakni tercukupinya asupan asam lemak omega-3. Sayangnya, kandungan nutrisi ini tidak dapat diproduksi secara alami dalam tubuh. Untuk itu, Anda harus mencukupi asam lemak omega-3 dari suplemen dan makanan harian. Nah, ikan sarden bisa jadi jawabannya.

2. Mengatasi gangguan kecemasan dan depresi

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan sarden juga dapat mengatasi gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa omega-3 bermanfaat pada kesehatan mental seseorang. Pasalnya, zat gizi ini akan bekerja secara maksimal dalam menjaga fungsi otak dan memperbaiki suasana hati.

Temuan ini diperkuat dengan fakta bahwa otak manusia banyak tersusun atas lemak sehingga memperoleh asupan lemak dengan jumlah yang tepat sangat penting bagi terciptanya sistem saraf pusat serta suasana hati yang baik.

3. Sumber berbagai vitamin dan mineral

Manfaat ikan sarden lainnya yang tak kalah penting bagi tubuh yakni kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Jenis ikan ini memasok banyak vitamin B12 maupun vitamin D. Vitamin B12 berguna untuk menjaga fungsi saraf, merawat otak, bahkan membantu pembentukan sel dalam darah.

Maka dari itu, tubuh akan mengalami berbagai gangguan kesehatan jika kandungan vitamin ini tidak tercukupi dengan baik, seperti kerusakan saraf, gangguan fungsi mental, sel kekurangan oksigen, serta kelelahan kronis. Sementara vitamin D memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan tulang Anda sehingga akan menurunkan kemungkinan terserang osteoporosis.

Tak berhenti sampai disitu, sarden masih menawarkan “harta”-nya yang kaya akan sumber mineral. Dilansir dari laman Healthy Eating, satu kaleng ikan sarden mampu menyumbang kandungan fosfor sebanyak 451 miligram dari sekitar 700 miligiram fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh per hari. Selain itu, kandungan mineral lain yang terdapat dalam ikan sarden yakni magnesium, kalium, seng, besi, dan niasin.

3. Membantu mengontrol kadar gula darah

Selain bermanfaat sebagai sumber omega-3, vitamin, dan mineral, manfaat ikan sarden lainnya yang jarang diketahui adalah sumber protein dan lemak sehat. Kedua zat gizi ini berfungsi untuk memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah.

Anda bisa memaksimalkan konsumsi sarden dengan menggabungkannya bersama sumber karbohidrat lain, misalnya dengan jenis olahan pasta. Hal ini akan membantu tubuh untuk melepaskan glukosa (dari karbohidrat) lebih lambat ke dalam aliran darah sehingga bisa menghindari terjadinya lonjakan gula darah.

4. Membantu menjaga berat badan ideal

Bagi Anda yang sedang mencari sumber makanan sehat guna menjaga berat badan, ikan sarden bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ikan sarden kaya akan protein dan lemak sehat, selain optimal dalam mengontrol kadar gula darah, sarden juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Itulah mengapa makan ikan sarden bisa mencegah Anda makan terlalu banyak. Karena itu, Anda tidak akan mengonsumsi terlalu banyak kalori dan lemak yang bisa membuat berat badan terus bertambah.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit