Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Mengandung Gula Tinggi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Di kehidupan sehari-hari, kita sering kali menyemil makanan tanpa memperhatikan kandungannya. Kudapan memang perlu disediakan selama jeda antara waktu makan besar. Hal ini diperlukan agar di jam makan, kita tidak makan berlebihan akibat rasa lapar berlebihan. Kudapan juga diperlukan, untuk membuat kita tetap memiliki energi antara jeda makan besar dari satu ke waktu yang kadang tidak tentu. Terkadang, kita melewatkan waktu makan pagi, menyatukannya dengan makan siang. Karena kesibukan pun, terkadang jeda makan siang ke makan malam terlalu jauh. Saat itulah ngemil di sela-sela jeda waktu makan sangat diperlukan.

Namun, ngemil tidak bisa sembarang makanan. Banyak camilan yang memiliki kadar gula yang tinggi, yang bukan saja berisiko bagi kesehatan Anda, tapi juga berpotensi menggagalkan rencana Anda untuk menurunkan berat badan.

Makanan apa saja yang memiliki kadar gula tinggi?

Tanpa kita sadari, ada beberapa makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Apa saja?

  1. Yogurt rasa buah. Siapa yang tidak suka yogurt rasa buah yang disajikan dingin? Selain menyegarkan, yogurt ini juga tersedia di supermarket dengan harga terjangkau dan mudah didapatkan. Tapi tahukah Anda bahwa yogurt seperti ini mengandung kadar gula yang tinggi? Untuk pilihan yang lebih sehat, daripada membeli yogurt rasa buah, lebih baik beli yogurt tawar (plain) yang tidak memiliki rasa, kemudian tambahkan buah-buahan segar favorit Anda seperti stroberi, jeruk, mangga, dan sebagainya.
  2. Salad dressing. Salad memang biasanya terdiri dari berbagai buah dan sayur, sangat sehat untuk dikonsumsi. Namun, berbeda ceritanya jika salad disajikan dengan mayonnaise dan bahkan parutan keju, yang bukan hanya mengandung gula tambahan, tapi juga tinggi lemak.
  3. Soft drink. Minum soft drink memang menyegarkan, namun faktanya soft drink mengandung banyak gula. Kandungan gula dalam soft drink diperkirakan sekitar 39 gram hingga 99 gram. Minuman berkarbonasi ini selain mengandung gula, juga dapat membuat perut Anda kembung. Selain soft drink, minuman lain yang kesannya sehat seperti susu cokelat dan jus dalam kemasan juga sering kali sudah ditambahkan gula.
  4. Saus tomat kemasan atau saus botol. Memakan kentang goreng, spaghetti, atau sosis dengan saus tomat memang enak. Tahukah Anda bahwa saus ini memiliki kandungan gula yang tinggi? Ya, gula digunakan untuk meminimalisir rasa asam yang terdapat pada saus tomat. Selain itu, dengan menambahkan gula, saus tomat akan lebih tahan lama.
  5. Selai. Selai disajikan bersama roti, makanan yang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang utama. Kadar gula yang dimiliki oleh roti sekitar 2 gram per satu potong roti. Memakan roti dengan selai membuat kadar gulanya menjadi lebih tinggi lagi, kecuali Anda menggantinya dengan roti gandum.
  6. Granola bar. Biasanya granola bar dijadikan alternatif camilan mengenyangkan. Mengonsumsi granola memang lebih sehat, namun granola bar bisa dibilang lebih seperti permen karena sudah ditambahkan banyak gula untuk membuat rasanya lebih enak.
  7. Madu. Salah satu makanan yang juga menyehatkan. Gula dalam madu memang terjadi secara alami, tetapi Anda harus berhati-hati, karena ada madu yang ditambahkan pemanis buatan atau gula tambahan. Menurut Audrey Dharmanto, Bsc., RD., LD yang diliput oleh Fimela, satu sendok makan madu memiliki kalori dan karbohidrat yang lebih banyak dibanding satu sendok makan gula.
  8. Aneka kue. Kue memang sangat enak untuk dimakan sebagai makanan penutup. Kue juga bisa dinikmati ketika sedang mengobrol santai dengan teman. Tapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kue. Kue mengandung gula yang tinggi, karena kue diolah dari bahan-bahan tertentu seperti tepung, mentega, dan gula.
  9. Pudding dan es krim. Makanan ini tidak bisa dihindari oleh pecinta makanan manis. Sama seperti kue, pudding juga dihidangkan sebagai makanan penutup. Kandungan gula pada pudding dan es krim juga tinggi. Bukan berarti Anda tak boleh makan es krim lagi, tapi usahakan beli es krim sesekali saja, dan hindari membeli es krim dalam cup yang besar.
  10. Permen. Satu lagi makanan manis yang tak dapat dihindari. Permen biasanya dimakan untuk menambah energi. Tidak hanya disukai oleh anak kecil, permen juga disukai oleh orang dewasa. Namun, sekitar 60% hingga 90% permen adalah gula.

Mengapa kita harus membatasi jumlah gula yang dikonsumsi?

Mengkonsumsi gula yang berlebih tidak baik untuk kesehatan tubuh dan dapat memicu penyakit seperti, diabetes, obesitas, permasalahan pada gigi, bahkan penyakit jantung. Apalagi ketika Anda adalah orang yang pasif dan jarang melakukan aktivitas fisik. Sebaiknya, ketika Anda merasa mengonsumsi banyak gula, Anda juga harus menyempatkan untuk berolahraga.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Jangan membiarkan kesepian terlalu lama menggerogoti Anda. Cari tahu cara mengatasi kesepian agar hidup Anda jauh lebih bahagia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Pilihan Beras dan Sumber Karbohidrat Sehat Pengganti Nasi untuk Diabetes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
makanan minuman manis penyebab impotensi

Betulkah Makanan dan Minuman Manis Bisa Bikin Pria Impoten?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit