home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Itu Granola dan Benarkah Punya Segudang Manfaat Buat Kesehatan?

Apa Itu Granola dan Benarkah Punya Segudang Manfaat Buat Kesehatan?

Granola adalah jenis makanan yang sedang tren saat ini. Granola sangat populer, terutama untuk sarapan dan sebagai camilan. Pasalnya, manfaat granola sungguh beragam buat kesehatan. Namun, sebenarnya apa itu granola? Apa saja manfaat granola?Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

Apa itu granola?

Granola terdiri dari rolled oats (biji gandum yang sudah digiling jadi pipih), biji-bijian, madu, dan beras. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang sampai jadi garing. Ada juga beberapa macam granola yang dicampur dengan kismis, buah kering, kurma, kacang almond, dan lain-lain.

Kebanyakan orang mengonsumsi granola dalam kemasan yang mudah dibawa. Namun, ada juga yang mengonsumsi granola dengan yogurt, madu, stroberi, pisang, dan buah-buah lain. Granola bisa juga dicampur dengan sereal untuk menambah nilai nutrisinya.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu mangkuk granola mengandung 600 kalori, 28 gram lemak, 18 gram protein, 65 gram karbohidrat, 24,5 gram gula, dan 11 gram serat. Namun kandungan nutrisi ini bisa berbeda-beda, tergantung dari produk atau penyajian granola sendiri.

Manfaat granola bagi kesehatan

Dipercaya, granola bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Pasalnya, makanan yang mengandung gandum utuh seperti granola memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih banyak dalam tiap sajiannya bila dibandingkan dengan sereal. Ini dia berbagai manfaat granola bagi kesehatan Anda.

Menangkal radikal bebas penyebab kanker

Granola mengandung vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Vitamin E didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada granola. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker.

Melindungi sistem saraf

Folat dan vitamin B1 memiliki fungsi untuk melindungi fungsi saraf. Nutrisi tersebut juga baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel, serta mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect) pada bayi baru lahir.

Menjaga kekuatan tulang

Sedangkan mineral juga terdapat di dalam granola seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Magnesium memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh Anda. Fosfor membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selenium, tembaga, dan besi penting untuk memelihara kekuatan dan perkembangan tulang.

Mineral juga sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah dan jaringan penyambung. Karena itu, mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, menjaga kekebalan tubuh, dan fungsi jantung serta saraf Anda.

Yang harus dipertimbangkan sebelum makan granola

Meskipun ada banyak manfaat granola, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan setelah Anda memahami apa itu granola. Granola merupakan karbohidrat yang dimasak dalam lemak. Teknik pengolahan tersebut akan menghasilkan beberapa molekul kimia dalam tubuh yang tidak dapat dicerna. Selain itu, beras yang terdapat di dalam granola memiliki kandungan nutrisi yang tidak terlalu banyak.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan hal-hal di bawah ini sebelum beli dan makan granola.

  • Periksa kandungan gulanya.
  • Perhatikan kalori yang terkandung di dalamnya.
  • Jangan mengonsumsi granola secara berlebihan. Meskipun punya banyak manfaat, granola tetap mengandung kalori, gula, dan lemak yang bisa membuat berat badan naik.
  • Pilih topping yang paling sehat, misalnya buah-buahan segar. Hindari susu tinggi lemak atau sirup cokelat dengan kandungan gula tinggi.
health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  1. 2015-2020 Dietary Guidelines for Americans. U.S. Department of Health and Human Services and U.S. Department of Agriculture. http://health.gov/dietaryguidelines/2015/guidelines. Accessed Oct. 18, 2016.
  2. Zeratsky KA (expert opinion). Mayo Clinic, Rochester, Minn. Oct. 18, 2016.
  3. Hensrud DD, et al. The Mayo Clinic Diet. 2nd ed. Rochester, Minn.: Mayo Foundation for Medical Education and Research; 2017.
  4. Dietary supplements: What you need to know. Office of Dietary Supplements. https://ods.od.nih.gov/HealthInformation/DS_WhatYouNeedToKnow.aspx. Accessed Oct. 18, 2016.
Foto Penulis
Ditulis oleh dr. Marsha Desica Arsanta pada 07/09/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x