Apa Itu Granola dan Benarkah Punya Segudang Manfaat Buat Kesehatan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Granola adalah jenis makanan yang sedang tren saat ini. Granola sangat populer, terutama untuk sarapan dan sebagai camilan. Pasalnya, manfaat granola sungguh beragam buat kesehatan. Namun, sebenarnya apa itu granola? Apa saja manfaat granola?Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

Apa itu granola?

Granola terdiri dari rolled oats (biji gandum yang sudah digiling jadi pipih), biji-bijian, madu, dan beras. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang sampai jadi garing. Ada juga beberapa macam granola yang dicampur dengan kismis, buah kering, kurma, kacang almond, dan lain-lain.

Kebanyakan orang mengonsumsi granola dalam kemasan yang mudah dibawa. Namun, ada juga yang mengonsumsi granola dengan yogurt, madu, stroberi, pisang, dan buah-buah lain. Granola bisa juga dicampur dengan sereal untuk menambah nilai nutrisinya.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu mangkuk granola mengandung 600 kalori, 28 gram lemak, 18 gram protein, 65 gram karbohidrat, 24,5 gram gula, dan 11 gram serat. Namun kandungan nutrisi ini bisa berbeda-beda, tergantung dari produk atau penyajian granola sendiri.

Manfaat granola bagi kesehatan

Dipercaya, granola bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Pasalnya, makanan yang mengandung gandum utuh seperti granola memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih banyak dalam tiap sajiannya bila dibandingkan dengan sereal. Ini dia berbagai manfaat granola bagi kesehatan Anda.

Menangkal radikal bebas penyebab kanker

Granola mengandung vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Vitamin E didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada granola. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker.

Melindungi sistem saraf

Folat dan vitamin B1 memiliki fungsi untuk melindungi fungsi saraf. Nutrisi tersebut juga baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel, serta mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect) pada bayi baru lahir.

Menjaga kekuatan tulang

Sedangkan mineral juga terdapat di dalam granola seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Magnesium memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh Anda. Fosfor membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selenium, tembaga, dan besi penting untuk memelihara kekuatan dan perkembangan tulang.

Mineral juga sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah dan jaringan penyambung. Karena itu, mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, menjaga kekebalan tubuh, dan fungsi jantung serta saraf Anda.

Yang harus dipertimbangkan sebelum makan granola

Meskipun ada banyak manfaat granola, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan setelah Anda memahami apa itu granola. Granola merupakan karbohidrat yang dimasak dalam lemak. Teknik pengolahan tersebut akan menghasilkan beberapa molekul kimia dalam tubuh yang tidak dapat dicerna. Selain itu, beras yang terdapat di dalam granola memiliki kandungan nutrisi yang tidak terlalu banyak.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan hal-hal di bawah ini sebelum beli dan makan granola.

  • Periksa kandungan gulanya.
  • Perhatikan kalori yang terkandung di dalamnya.
  • Jangan mengonsumsi granola secara berlebihan. Meskipun punya banyak manfaat, granola tetap mengandung kalori, gula, dan lemak yang bisa membuat berat badan naik.
  • Pilih topping yang paling sehat, misalnya buah-buahan segar. Hindari susu tinggi lemak atau sirup cokelat dengan kandungan gula tinggi.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pedoman Praktis Makanan untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Banyak ibu yang bingung memberikan anaknya makan ketika sudah memasuki usia 1 tahun. Jangan cemas, berikut pedoman praktis makanan anak 1-3 tahun.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Asam Lambung Naik Bisa Sebabkan Kanker Kerongkongan?

Asam lambung naik atau refluks yang terjadi secara kambuhan, kemungkinan bisa sebabkan kanker kerongkongan. Cari tahu alasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kanker Lainnya 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Meluruskan 6 Mitos Seputar Varises yang Banyak Dipercaya Masyarakat

Banyak orang menganggap varises terjadi jika Anda duduk atau berdiri terlalu lama. Padahal tidak demikian. Apa saja mitos varises lainnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Jantung Lainnya 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

8 Tips Menjaga Bakteri Baik dalam Usus

Tahukah Anda bahwa di dalam tubuh terdapat 100 triliun bakteri usus? Bakteri ini baik untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan 8 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kondom dipakai dua kali

Kondom Dipakai Dua Kali, Apa Saja Risiko yang Mungkin Terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
lidah gatal

7 Kondisi Penyebab Lidah Anda Terasa Gatal, dari Masalah Ringan Hingga Serius

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit
setelah cabut gigi

7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
posisi tidur

Posisi Tidur Mana yang Lebih Baik: Miring ke Kiri Atau Kanan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit