home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Menu Sahur yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet Selama Puasa

Menu Sahur yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet Selama Puasa

Sahur merupakan kegiatan penting di mana Anda bisa mengisi energi Anda untuk puasa. Terlebih bagi Anda yang diet saat puasa, sahur bisa membantu Anda dalam mengontrol nafsu makan ketika waktu buka puasa tiba. Lantas, menu sahur apa yang sebaiknya ada saat diet?

Jenis menu untuk diet yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur

Pastikan makanan yang Anda konsumsi cukup menyediakan energi untuk Anda beraktivitas selama puasa. Saat sahur, sebaiknya perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Selain itu, perhatikan juga porsi makan Anda saat sahur. Ini penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat puasa. Makan berlebihan saat sahur dapat menyumbang kalori berlebih pada tubuh Anda.

Di bawah ini merupakan jenis makanan untuk diet yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur.

Karbohidrat kompleks

Penting bagi Anda yang sedang diet saat puasa untuk mengonsumsi menu dengan jenis karbohidrat kompleks saat sahur.

Karbohidrat kompleks mengandung serat tinggi yang dapat membuat kenyang lebih lama dan dapat menyediakan energi lebih panjang. Sehingga, Anda tidak merasa lapar berlebihan saat buka puasa.

Serat juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Contoh makanan sumber karbohidrat kompleks yaitu nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oat, quinoa, dan kentang beserta kulitnya. Anda bisa mengonsumsi makanan ini sebanyak 1 porsi saat sahur atau setara dengan 100 gram nasi merah.

Protein

Protein dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga Anda perlu mengonsumsi menu makanan berprotein saat diet untuk sahur. Selain itu, protein diperlukan tubuh memperbaiki sel tubuh yang rusak serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi makanan sumber protein ini sebanyak 1-2 porsi saat sahur.

Pilihlah sumber protein hewani dengan kandungan lemak rendah, seperti ikan, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, dan telur. Anda bisa mendapatkan sumber protein nabati dari tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, dan lainnya.

Kuncinya ada pada cara memasak yang Anda gunakan. Pilihlah metode masak dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang dibandingkan digoreng.

Sayuran dan buah-buahan

Ini merupakan menu asupan wajib untuk Anda yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan saat puasa terutama kala sahur. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak serat dan juga berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Tentu, asupan ini sangat diperlukan selama Anda berpuasa. Setidaknya, buah dan sayur yang harus Anda konsumsi saat sahur yakni sebanyak 2 – 3 porsi.

Panduan menu sahur saat diet selama puasa

Saat sahur, setidaknya cukupi kebutuhan kalori Anda sebanyak 500 – 600 kalori. Di bawah ini beberapa contoh menu sahur diet dengan kisaran kalori tersebut.

Menu 1 : ayam panggang; scrambled egg; pepes tahu; bayam, brokoli, dan jagung kukus; salad buah

Menu 2 : kentang rebus dengan kulitnya; daging bistik; tumis buncis, wortel dan jagung; sop buah

Menu 3 : oatmeal; daging panggang; kacang merah; dadar telur campur bayam merah panggang; buah pisang dan apel

Menu 4 : nasi merah; ayam rebus; tahu dan tempe bacem; sayur bening isi oyong, wortel, kol, jagung, tomat; buah semangka

Menu 5 : roti gandum isi daging ham, telur, selada, wortel, dan timun; salad buah dengan Greek yogurt

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chumari, A. Ramadan Fasting: What to Eat During Suhoor – HealthXchange. [online] Available at: https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/ramadan-fasting-eat-suhoor [Accessed 9 Jun. 2017].

Samuels, M. (2015). Calorie Distribution in a Meal Plan. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/440845-calorie-distribution-in-a-meal-plan/ [Accessed 9 Jun. 2017].

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x