backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Minuman Pengganjal Perut yang Mengenyangkan

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 07/09/2023

8 Minuman Pengganjal Perut yang Mengenyangkan

Ketika sedang diet, Anda biasanya fokus memilih makanan rendah kalori. Namun, minuman juga membantu memuaskan rasa lapar dan memberikan tambahan energi. Minuman yang mengenyangkan dapat menjadi alternatif camilan yang lebih sehat dan mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet.

Daftar minuman yang mengenyangkan

Untuk Anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, berikut ini beberapa pilihan minuman yang mengenyangkan.

1. Susu sapi rendah lemak

susu rendah lemak untuk diet

Susu sapi rendah lemak dapat menjadi pilihan minuman yang mengenyangkan karena kandungan gizi yang lengkap didalamnya.

Minuman susu rendah lemak tinggi protein dan karbohidrat. Ada juga kandungan mineral dan vitamin seperti kalsium, vitamin D, dan vitamin B12.

Kandungan gizi yang lengkap ini memberikan rasa puas dan mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

2. Susu almon

Minuman yang bikin kenyang selanjutnya yaitu susu almon karena kandungan protein nabati dan seratnya yang tinggi.

Asupan tinggi protein bisa mengurangi keinginan makan karena menghambat aktivitas hormon yang pengatur rasa lapar seperti grelin dan peptida YY. 

Sementara itu, asupan serat bisa memperlambat pengosongan perut sehingga memberikan sensasi kenyang yang lebih tahan lama.

3. Susu kedelai

Selain susu almon, susu kedelai termasuk dalam minuman penunda lapar yang dapat jadi pilihan untuk menu diet.

Kandungan lemak sehat di dalamnya memperlambat proses pencernaan sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, susu kedelai mengandung jumlah kalori yang lebih rendah daripada susu sapi. Jadi, susu ini bisa jadi pilihan ketika Anda sedang menurunkan berat badan.

Susu kedelai pun memiliki tekstur yang cukup kental. Minum susu ini memberikan sensasi tubuh mendapatkan asupan padat meskipun sebenarnya berupa cairan.

4. Jus buah dan sayur

jus untuk membunuh sel kanker

Dikutip dari Centers for Disease and Prevention, mengonsumsi jus buah dan sayur merupakan salah satu cara diet sehat karena minuman ini tinggi kandungan serat. 

Serat membutuhkan waktu cerna yang lebih lama di dalam lambung sehingga mempertahankan rasa kenyang. Hal ini mengurangi keinginan Anda untuk makan berlebihan.

Namun, usahakan untuk tidak menambah gula atau pemanis ke dalam jus buah dan sayur Anda. Kalau ingin jus Anda terasa lebih manis, tambahkan saja madu atau bubuk kayu manis.

5. Smoothies

Gerakan naik turun saat mengunyah dapat memicu perasaan kenyang di otak. Nah, tekstur lembut dan kental dari minuman smoothies memberikan sensasi yang sama dengan mengunyah makanan.

Hal tersebut dapat memberi sinyal ke otak bahwa Anda sudah makan dan merasa kenyang. 

Selain itu, smoothies sering kali dibuat dengan menggunakan buah-buahan dan sayuran utuh yang kaya akan serat. Serat memiliki kemampuan untuk meningkatkan volume makanan dalam perut, sehingga memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. 

Itulah alasan smoothies sering menjadi minuman pengganti makanan untuk diet.

6. Minuman dark chocolate

Minuman penunda lapar selanjutnya adalah cokelat, terutama dark chocolate dengan kandungan kakao yang tinggi.

Hal ini karena dark chocolate mengandung lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini membantu memperlambat proses pencernaan, memberikan efek kenyang yang lebih lama, dan menjaga stabilitas gula darah.

Selain itu, kandungan seratnya membantu meningkatkan volume makanan dalam perut, dan memberikan efek kenyang yang lebih lama.

7. Teh hijau

Merek Teh Hijau yang Bagus untuk Diet

Minum teh hijau saat lapar ternyata cukup mengenyangkan. Hal ini karena kandungan kafein dan senyawa bernama katekin. 

Kedua senyawa ini dapat merangsang pelepasan hormon ghrelin, yaitu hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang. Ini dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

Teh hijau juga umumnya rendah kalori jika tidak ditambahkan gula atau pemanis. Menggantikan minuman berkalori tinggi dengan teh hijau dapat membantu mengurangi asupan kalori harian dan membantu mengontrol berat badan.

8. Kopi

Air kopi, terutama kopi hitam tanpa tambahan gula atau krim, mungkin memberikan efek kenyang dalam beberapa situasi.

Kafein dalam kopi dapat merangsang pelepasan hormon yang mengontrol nafsu makan dan kenyang.

Selain itu, kopi hitam umumnya memiliki sedikit kalori, terutama jika Anda tidak menambahkan gula, krim, atau pemanis lainnya. Ini dapat membantu mengurangi asupan kalori harian. 

Namun, efek kenyang dari air kopi mungkin tidak berlangsung lama. Minuman ini akan lebih mengenyangkan jika disertai dengan asupan lain seperti protein atau serat yang dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama. 

Ingat, berbagai minuman yang mengenyangkan di atas bukanlah pengganti makanan. Tubuh Anda tetap memerlukan nutrisi lengkap yang hanya bisa diperoleh dari makanan bergizi seimbang. 

Minum saja tidak akan memenuhi kebutuhan zat gizi lainnya, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Anda justru berisiko mengalami gangguan pencernaan kalau tidak makan seharian.

Kesimpulan

Minuman yang mengenyangkan dapat memberikan rasa kenyang dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh secara efisien. Konsumsi minuman ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga asupan kalori tidak berlebih dan mencukupi energi sepanjang hari.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 07/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan