6 Minuman Pengganjal Perut yang Bisa Bikin Kenyang

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda tipe orang yang cepat lapar padahal sudah makan? Atau Anda sering merasa lapar sebelum waktunya makan? Hati-hati, bisa jadi rasa lapar tersebut adalah lapar palsu. Salah satu cara ampuh untuk mengusir lapar palsu adalah dengan menenggak minuman yang mengenyangkan. Eits, tapi bukan sembarang minuman. Ada enam jenis minuman sehat yang bisa menunda lapar selain air putih. Apa saja pilihannya? Simak daftarnya di bawah ini.

Pilihan minuman yang mengenyangkan dan sehat

Ketika lapar menyerang, dua gelas air putih bisa jadi minuman yang mengenyangkan perut dan menunda lapar. Namun, tak cuma air putih saja yang bisa menyelamatkan Anda dari lapar palsu. Inilah enam jenis minuman yang mengenyangkan tapi tetap sehat buat tubuh.

1. Susu sapi rendah lemak

Bila rasa lapar muncul, Anda bisa minum susu sapi rendah lemak. Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa kandungan laktosa dan protein dalam susu sapi bisa menekan nafsu makan Anda.

Selain rendah akan lemak, susu rendah lemak merupakan pilihan yang baik karena mengandung berbagai macam mikronutrien yang dibutuhkan tubuh. Meski demikian, susu rendah lemak kalori yang tinggi sehingga sebaiknya Anda tidak minum susu secara berlebihan. Selain itu, susu yang diminum secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker ovarium akibat tingginya kadar galaktosa dalam tubuh dan juga meningkatkan risiko kanker prostat tingginya konsumsi kalsium.

2. Susu kacang

Bagi Anda yang mengidap intoleransi laktosa, pilih susu yang terbuat dari kacang seperti susu almond dan susu kedelai. Susu kacang yang bebas laktosa juga lebih sehat karena tidak mengandung lemak jenuh layaknya susu sapi. Susu kacang justru kaya akan protein dan serat yang mengenyangkan.

3. Jus buah dan sayur

Untuk menunda lapar, jus dari buah dan sayur bisa jadi pilihan yang bijak. Pasalnya, lapar akan hilang jika tubuh sudah mendapatkan beragam jenis nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat. Nutrisi-nutrisi penting tersebut banyak ditemukan dalam buah dan sayur. Maka, kalau Anda sedang buru-buru dan tidak sempat makan, minum jus buah dan sayur bisa mengenyangkan perut serta menunda lapar.

Namun, usahakan untuk tidak menambah gula atau pemanis ke dalam jus buah dan sayur Anda. Kalau ingin jus Anda terasa lebih manis, tambahkan saja madu atau bubuk kayu manis.

4. Smoothies

Smoothies adalah salah satu minuman yang mengenyangkan dan kaya nutrisi. Berbeda dengan jus buah dan sayur, bahan utama smoothies adalah yogurt. Untuk membuat smoothies yang mengenyangkan, campurkan yogurt rendah lemak tanpa rasa dengan buah dan sayur kesukaan Anda. Tekstur smoothies yang kaya dan padat akan menipu sistem pencernaan Anda seolah Anda habis makan berat.

5. Minuman dark chocolate

Minuman dark chocolate yang terasa pahit di lidah bisa membantu menekan nafsu makan. Selain itu, cokelat juga bisa menekan produksi hormon ghrelin yang membuat Anda merasa lapar. Sebagai tambahan, dark chocolate juga kaya akan serat, mineral, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya.

6. Teh hijau

Minum teh hijau saat lapar ternyata cukup mengenyangkan. Mirip seperti minuman dark chocolate, teh hijau juga mampu menekan hormon yang membangkitkan nafsu makan Anda. Sebuah penelitian dalam Journal of the American College of Nutrition pada 2010 membuktikan bahwa minum teh hijau sebelum makan bisa membuat Anda cukup kenyang. Anda pun tidak akan makan berlebihan meskipun perut terasa lapar.

Bolehkah cuma minum tanpa makan seharian?

Ingat, berbagai minuman yang mengenyangkan di atas bukanlah pengganti makanan. Tubuh Anda tetap memerlukan nutrisi lengkap yang hanya bisa diperoleh dari makanan bergizi seimbang. Minum saja tidak akan memenuhi kebutuhan protein, kalori, vitamin, mineral, serat, dan zat gizi lainnya dalam sehari. Anda justru berisiko mengalami gangguan pencernaan kalau tidak makan seharian.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit