home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

3 Penyebab Utama Nyeri di Pergelangan Tangan

3 Penyebab Utama Nyeri di Pergelangan Tangan

Nyeri pergelangan tangan adalah salah gangguan muskuloskeletal (tulang dan otot) yang termasuk dalam sistem gerak manusia. Biasanya, gerak tubuh Anda tidak terpengaruh pergelangan tangan, tetapi penggunaan yang berlebihan atau kecelakaan mendadak dapat menjadi penyebab rasa sakit di bagian tubuh ini. Nyeri ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari dan membatasi rentang gerakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa arti dari nyeri pergelangan tangan untuk bisa menemukan cara mengatasinya.

Bagaimana nyeri pergelangan tangan bisa terjadi?

Tulang pada pergelangan tangan terbentuk dari delapan tulang kecil. Tulang-tulang ini memberikan sokongan pada saluran yang disebut carpal tunnel yang membentang dari pergelangan tangan ke bagian bawah telapak tangan. Saraf dan tendon terkandung di dalamnya, membuat saluran ini penting. Ligamen digunakan untuk membuatnya tetap berada di tempatnya.

Aktivitas normal tidak menyebabkan nyeri pergelangan tangan, tetapi aktivitas repetitif seperti memotong atau mengetik dapat merusak bagian tangan ini. Nyeri pada bagian tangan ini juga bisa berasal dari cedera mendadak selama berolah raga atau bekerja. Sindrom lainya seperti carpal tunnel syndrome bisa menjadi penyebab masalah ini.

Nyeri semacam ini umumnya dimulai dengan pembengkakan dan memar di pergelangan tangan. Ini bisa menjadi tanda dari cedera. Bentuk sendi yang tidak normal atau kesulitan menggerakkan pergelangan tangan bisa menjadi tanda dari patah tulang.

Apa penyebab nyeri di pergelangan tangan?

Nyeri pergelangan tangan bisa dialami oleh siapapun pada usia berapapun. Berikut beberapa kemungkinan penyebab kondisi ini:

1. Cedera olahraga

Penyebab pertama nyeri terjadi akibat cedera. Cedera ini bisa merupakan akibat dari olahraga tertentu seperti bola basket, bola voli, bowling, golf, atau tenis. Olah raga ini juga mengharuskan Anda untuk menggunakan tangan dan pergelangan tangan Anda dengan sangat sering, dan ini bisa menyebabkan penggunaan yang berlebihan.

2. Gerakan berulang

Dalam beberapa jenis pekerjaan, Anda harus mengulang melakukan hal selama berkali-kali. Jika ini mengharuskan Anda untuk menggunakan pergelangan, nyeri bisa terjadi seiring waktu. Pekerjaan ini termasuk penata rambut dan koki. Jika Anda melakukan pekerjaan ini, Anda dapat mempertimbangkan berganti pekerjaan atau lebih memperhatikan pergelangan tangan Anda.

3. Penyakit atau kondisi tertentu

Saat Anda hamil, retensi cairan dalam tubuh memberikan tekanan pada carpal tunnel. Carpal tunnel adalah saluran yang membentang dari pergelangan tangan ke bagian bawah telapak tangan. Namun, kondisi ini bersifat sementara dan bisa menghilang dalam beberapa bulan setelah Anda melahirkan.

Diabetes bisa memengaruhi pergelangan tangan. Pergelangan tangan Anda bisa menjadi kaku dan Anda merasa sulit menggerakkan atau menggunakannya.

Obesitas juga merupakan faktor resiko untuk nyeri pergelangan tangan. Saat Anda kelebihan berat badan, tubuh memiliki kelebihan lemak. Lemak berlebih ini bisa menghancurkan sendi dan menyebabkan nyeri pergelangan tangan.

Nyeri pada pergelangan ini adalah masalah yang menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Mengalami nyeri semacam ini berarti Anda pernah mengalami cedera atau masalah lainnya pada pergelangan. Ini juga berarti Anda mungkin lebih berisiko tinggi untuk nyeri pergelangan dibandingkan dengan orang lain.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Finger, Hand, and Wrist Problems, Noninjury – Topic Overview. http://www.webmd.com/a-to-z-guides/tc/finger-hand-and-wrist-problems-noninjury-topic-overview#1. Accessed November 27, 2016.

Wrist pain. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrist-pain/basics/definition/con-20031860. Accessed November 27, 2016.

Diabetes and Your Joints. Clinical Diabetes 2001 Jul; 19(3): 136-136.

Wrist Pain (Carpal Tunnel). http://www.webmd.com/baby/wrist-pain-carpal-tunnel. Accessed November 27, 2016.

Osteoarthritis and Obesity. http://www.arthritis.org/living-with-arthritis/comorbidities/obesity-arthritis/osteoarthritis-and-obesity.php. Accessed November 27, 2016.

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 23/03/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus