Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Menggunakan Mouse yang Benar agar Tangan Tidak Sakit

Cara Menggunakan Mouse yang Benar agar Tangan Tidak Sakit

Kebanyakan orang saat ini bekerja di depan komputer atau laptop. Sayangnya, sebagian dari mereka belum mempraktikkan cara menggunakan mouse yang benar.

Padahal, kesalahan yang terdengar sepele ini bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan sistem otot dan tulang Anda. Lantas, hal apa saja yang seharusnya Anda lakukan?

Begini cara menggunakan mouse yang benar

Selain keyboard (papan tombol), mouse alias tetikus merupakan perangkat yang penting saat Anda mengoperasikan komputer atau laptop.

Menurut Canadian Center for Occupational Health and Safety, umumnya orang menggunakan mouse hampir tiga kali lipat lebih sering daripada keyboard.

Melihat penggunaan yang intens tersebut, teknik yang salah saat menggunakan mouse bisa memicu rasa sakit atau nyeri pergelangan tangan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempraktikkan cara memegang dan menggunakan mouse yang benar seperti berikut ini.

1. Pilih jenis mouse yang sesuai

jenis mouse, vertical mouse, tetikus

Saat ini tersedia berbagai jenis mouse di pasaran. Sebaiknya, Anda memilih mouse tanpa kabel (wireless) agar lebih fleksibel saat diletakkan di meja kerja.

Pilih juga mouse sesuai dengan ukuran dan bentuk tangan untuk memberikan dukungan ekstra saat Anda menggenggamnya.

Umumnya, mouse konvensional dilengkapi dua buah tombol dan sebuah tombol gulir. Meski begitu, ada pula jenis mouse lainnya seperti berikut ini.

  • Trackball mouse. Jenis mouse dengan tambahan bola jejak untuk menggerakan kursor. Alat ini umumnya dipakai oleh orang yang kesulitan menggerakan lengan atau memiliki ruang kerja terbatas.
  • Vertical mouse. Jenis mouse dengan desain ergonomis yang menjaga tangan dan pergelangan tangan dalam posisi netral, seperti sedang berjabat tangan.
  • Gaming mouse. Jenis mouse yang memberikan dukungan pada tangan saat bermain gim dan biasanya memiliki tombol tambahan untuk berbagai fungsi.

2. Atur posisi kursi dan meja kerja

Salah satu hal terpenting dalam mempraktikan cara menggunakan mouse yang benar ialah mengatur posisi kursi dan meja. Hal ini bertujuan agar posisi duduk Anda mendukung postur tubuh yang baik.

Ketika menggunakan komputer atau laptop, pastikan Anda mengatur posisi duduk yang benar agar tubuh tidak mudah lelah saat bekerja.

Duduk tegak pada kursi kantor, lalu pastikan kaki Anda menapak pada lantai dan punggung bersandar pada kursi alias tidak duduk membungkuk.

Jangan lupa mengatur jarak antara kursi dan meja agar Anda lebih mudah untuk menggunakan mouse, keyboard, atau perangkat komputer lainnya.

3. Pegang dan gerakkan mouse

Setelah posisi duduk nyaman, pastikan Anda meletakkan mouse pada posisi yang mudah dijangkau.

Cara memegang mouse yang benar yaitu dengan cengkeraman yang santai. Artinya, Anda tidak perlu memberikan tekanan berlebih saat menggerakan atau menekan tombolnya.

Jagalah posisi lengan, pergelangan tangan, dan jari Anda dalam satu garis lurus. Lalu, cobalah gerakkan mouse dengan seluruh lengan, bukan hanya pergelangan tangan.

4. Istirahat dan lakukan peregangan

pergelangan tangan sakit

Anda juga perlu meluangkan waktu untuk istirahat dan melakukan gerakan peregangan saat bekerja di depan laptop atau komputer.

Agar waktu kerja dan istirahat seimbang, Anda bisa melakukan teknik Pomodoro, misalnya dengan fokus bekerja 25 menit dan istirahat 5 menit, lalu ulangi seterusnya.

Ketika waktu istirahat, Anda bisa berdiri dari kursi dan melakukan peregangan pada pergelangan tangan untuk mencegah rasa sakit setelah memegang mouse.

5. Cobalah mouse dengan tangan kiri

Meski terdengar cukup aneh, beberapa pakar merekomendasikan untuk mencoba “tantangan” memegang mouse pada sisi tangan yang kurang dominan.

Jika Anda terbiasa memakai tangan kanan, cobalah menggunakan mouse dengan tangan kiri. Begitu juga sebaliknya bila Anda termasuk orang kidal.

Namun, untuk melakukan hal ini pastikan Anda memilih jenis mouse konvensional berbentuk simetris agar bisa dipakai pada kedua sisi tangan.

Apa akibatnya bila tidak memegang mouse dengan baik?

Penggunaan mouse yang tidak benar dapat menyebabkan repetitive strain injury (RSI). RSI merupakan cedera atau kerusakan pada otot, saraf, dan sendi akibat gerakan yang berulang dan berlebihan.

Salah satu jenis RSI yang paling umum yakni carpal tunnel syndrome (CTS). Dikutip dari American Academy of Orthopaedic Surgeons, CTS bisa menimbulkan sejumlah gejala berikut ini.

  • Mati rasa, kesemutan, sensasi terbakar, dan nyeri terutama pada ibu jari. Nyeri mungkin menjalar hingga lengan bawah dan bahu.
  • Kelemahan tangan sehingga lebih sering menjatuhkan barang atau kesulitan untuk melakukan gerakan seperti mengancingkan pakaian.

Mengistirahatkan tangan dan minum obat pereda nyeri dapat membantu mengurangi gejala.

Di samping itu, mempraktikkan postur tubuh yang baik dan cara menggunakan mouse yang benar saat bekerja juga bisa mengurangi risiko kekambuhan CTS maupun gangguan otot dan sendi lainnya.

Namun, bila gejala tidak berangsur membaik, Anda lebih baik konsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk memperoleh penanganan yang tepat.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Computer Mouse – Selection and Use. Canadian Centre for Occupational Health & Safety. (2017). Retrieved 23 February 2022, from https://www.ccohs.ca/oshanswers/ergonomics/office/mouse/mouse_selection.html

Computer Mouse – Common Problems from Use. Canadian Centre for Occupational Health & Safety. (2017). Retrieved 23 February 2022, from https://www.ccohs.ca/oshanswers/ergonomics/office/mouse/mouse_problems.html

Tips for Using a Computer Mouse. University of Pittsburgh. Retrieved 23 February 2022, from https://www.ehs.pitt.edu/workplace/ergonomics/mouse

Ergonomics & Computer Use. Princeton University. Retrieved 23 February 2022, from https://uhs.princeton.edu/health-resources/ergonomics-computer-use

Repetitive strain injury (RSI). NHS UK. (2018). Retrieved 23 February 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/repetitive-strain-injury-rsi/

Carpal Tunnel Syndrome. American Academy of Orthopaedic Surgeons. (2016). Retrieved 23 February 2022, from https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/carpal-tunnel-syndrome/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui Mar 14
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa