home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Struktur dan Fungsi Pergelangan Tangan yang Perlu Anda Ketahui

Struktur dan Fungsi Pergelangan Tangan yang Perlu Anda Ketahui

Sadar atau tidak, Anda pasti menggerakkan pergelangan tangan Anda untuk beraktivitas setiap hari. Mulai dari membuka pintu, membuka tutup botol, melepas pakaian, hingga mengangkat suatu benda, maka pergelangan tangan Anda pasti ikut bergerak. Nah, pada pergelangan tangan terdapat tulang dan sendi yang membuatnya bisa Anda gerakkan ke beberapa arah secara leluasa. Lalu, apa saja fungsi tulang yang berada pada pergelangan tangan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

Mengenali struktur tulang pergelangan tangan

Pergelangan Anda terdiri dari delapan tulang berukuran kecil yang bisa Anda sebut sebagai tulang karpal. Tulang-tulang ini kemudian dihubungkan dengan tulang-tulang panjang pada lengan bagian bawah, yaitu tulang radius dan tulang ulna.

Tulang karpal, selain berukuran kecil, memiliki bentuk kotak, oval, dan segitiga. Fungsi dari sekelompok tulang karpal ini membuat pergelangan tangan Anda menjadi kuat sekaligus lentur. Justru, tanpa adanya delapan tulang karpal ini, persendian pergelangan tangan Anda tidak akan bekerja secara baik dan maksimal.

Delapan tulang karpal pada pergelangan tangan adalah sebagai berikut:

1. Tulang scaphoid

Tulang karpal yang pertama bernama tulang scaphoid. Bentuk dari tulang ini seperti kapal berukuran panjang dan terletak pada bagian bawah ibu jari. Tulang ini merupakan tulang pada pergelangan tangan yang memiliki ukuran paling besar dan membentuk bagian samping dari terowongan karpal.

Fungsi dari tulang karpal ini adalah menjaga stabilitas dan pergerakan dari pergelangan tangan. Namun, tulang ini tergolong rentan patah jika Anda terjatuh atau melakukan gerakan tangan yang terlalu cepat. Jika tak segera diatasi, tulang scaphoid yang patah bisa menyebabkan masalah tulang lain yang lebih serius.

2. Tulang lunatum

Tulang berikutnya yang juga membentuk persendian pada pergelangan tangan adalah tulang lunatum. Bentuk tulang ini mirip dengan bulan sabit, dan posisinya berada di samping tulang scaphoid. Pada barisan proksimal dalam pergelangan tangan, tulang lunate menjadi pusat dari tulang karpal.

Fungsi dari tulang yang terdapat pada pergelangan tangan ini adalah membentuk permukaan distal artikular pada sendi radiokarpal bersama dengan tulang scaphoid dan tulang triquetrum.

3. Tulang triquetrum

Tulang ini memiliki bentuk segitiga yang mirip dengan piramid. Letaknya berada pada bagian bawah tulang hamatum, yaitu tulang tidak berbentuk yang berada pada pergelangan tangan Anda. Pada barisan proksimal dalam tulang karpal, tulang triquetrum berada pada bagian tengah.

Sama halnya dengan tulang lunatum, fungsi dari tulang pada pergelangan tangan ini adalah membentuk permukaan distal artikular pada sendi radiokarpal, bersama dengan tulang scaphoid dan tulang lunate.

4. Tulang pisiform

Tulang pisiform adalah salah satu tulang yang juga terletak pada barisan proksimal pergelangan tangan. Berbentuk bulat, tulang kecil ini terletak pada ujung tulang triquetrum.

Sama halnya dengan tulang triquetrum, pada barisan proksimal tulang karpal, tulang pisiform ini juga terletak pada bagian tengah. Tulang ini juga bisa Anda sebut sebagai tulang sesamoid yang berada dalam tendon fleksor karpi ulnaris.

5. Tulang trapezium

Tulang trapezium adalah tulang karpal pada pergelangan tangan yang termasuk ke dalam barisan distal. Lokasi tulang ini terletak di antara tulang scaphoid dan tulang metakarpal I. Sama dengan tulang karpal lainnya, tulang ini memiliki fungsi untuk membentuk persendian pada pergelangan tangan.

Pada bagian atas, tulang ini berbatasan dengan tulang metakarpal ibu jari dan jari telunjuk, sementara pada bagian tengah tulang ini berdekatan dengan tulang trapezoid, dan pada bagian bawah berbatasan dengan tulang scaphoid.

6. Tulang trapezoid

Pada barisan distal tulang karpal, tulang ini termasuk yang berukuran paling kecil. Bentuk tulang ini mirip seperti baji. Tulang trapezoid ini terletak antara tulang trapezium dan tulang capitate. Bersama dengan tulang trapezium, tulang trapezoid dikenal sebagai multangular.

7. Tulang kapitatum

Tulang kapitatum adalah tulang karpal yang paling besar yang letaknya berada di tengah barisan distal. Bentuk dari tulang ini mirip seperti kepala. Posisinya yang berada pada bagian tengah membuatnya terlindungi sehingga hampir tidak mungkin mengalami patah atau fraktur.

8. Tulang hamatum

Tulang karpal yang satu ini juga terletak pada barisan distal, tepatnya pada bagian bawah tulang jari kelingking pada pergelangan tangan. Sama seperti tulang karpal lainnya, tulang hamatum juga memiliki fungsi membentuk sendi pergelangan tangan.

Berbagai fungsi dari tulang pergelangan tangan

Tulang-tulang karpal yang membentuk persendian pada pergelangan tersebut memiliki fungsi yang sangat penting, seperti berikut:

1. Menggerakkan pergelangan tangan

Bayangkan jika tidak ada tulang dan sendi pada pergelangan tangan Anda. Bisa jadi, Anda tidak akan bisa secara leluasa menggerakkan kedua tangan. Ya, adanya tulang-tulang karpal pada pergelangan tangan memang membuat pergelangan tangan menjadi lebih lentur.

Ini artinya, tulang-tulang pada pergelangan tangan ini membantu Anda untuk lebih mudah menggerakkannya ke berbagai penjuru secara fleksibel. Oleh sebab itu, jangan menganggap sepele tulang dan persendian pada area pergelangan tangan.

Pasalnya, masalah kesehatan tulang dan otot yang terjadi pada area ini dapat mengganggu fungsi tulang pergelangan tangan.

2. Menghubungkan tulang lengan bawah dan tulang jari tangan

Tulang-tulang karpal yang berada pada pergelangan tangan Anda memang berada tepat di tengah antara tulang lengan bawah, yaitu tulang ulna dan tulang radius, dengan tulang-tulang pada jari tangan.

Mengingat posisi dari tulang-tulang karpal tersebut, tulang ini memiliki fungsi sebagai penghubung antara tulang lengan bawah dan tulang pada jari tangan.

3. Melekatkan jaringan halus pada pergelangan tangan

Mengingat tulang-tulang karpal membentuk persendian pada pergelangan tangan, beberapa jaringan halus, seperti tendon, ligamen, dan otot melekat pada tulang-tulang ini.

Tendon, ligamen, dan otot yang melekat pada tulang karpal menyatu pada persendian pergelangan tangan dan membantu pergerakan tangan menjadi lebih fleksibel.

Masalah yang mengganggu fungsi tulang pergelangan tangan

Ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin mengganggu fungsi dari tulang pergelangan tangan, misalnya:

1. Patah tulang scaphoid

Tulang scaphoid memang tergolong rentan mengalami patah atau fraktur. Biasanya, patah pada tulang karpal ini terjadi akibat Anda terjatuh dan menjadikan tangan sebagai tumpuan. Kondisi ini tentu bisa mengganggu fungsi dari tulang pergelangan tangan.

Gejala fraktur yang mungkin muncul dari kondisi ini adalah timbulnya rasa sakit dan tulang yang terdampak terasa lunak. Jika tak segera mendapatkan penanganan, kondisi tersebut bisa menjadi semakin parah. Tanda dan gejala ini juga bisa terasa lebih sakit saat Anda sedang berusaha meraih suatu benda.

2. Radang sendi

Menurut Mayo Clinic, terdapat dua jenis radang sendi yang mungkin menyerang area pergelangan tangan, yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (rematik). Jika mengalaminya, kedua kondisi ini bisa mengganggu fungsi dari tulang pergelangan tangan.

Sebenarnya, osteoarthritis biasanya tidak akan terjadi pada area pergelangan tangan, tetapi risiko Anda mengalaminya akan lebih besar jika pernah mengalami cedera pada area tersebut. Sementara itu, rematik memang sering menyerang area ini. Bahkan, jenis radang sendi ini bisa menyerang kedua pergelangan tangan Anda.

3. Sindrom terowongan karpal

Carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal ini juga bisa mengganggu fungsi dari tulang pergelangan tangan. Pasalnya, sindrom ini terbentuk saat tekanan pada saraf median yang terbentang pada terowongan karpal ini semakin meningkat.

Terowongan karpal adalah sebuah jalan kecil yang terdapat pada sisi telapak dari pergelangan tangan Anda. Oleh sebab itu, tak heran jika sindrom ini mungkin menimbulkan rasa sakit dan mengganggu fungsi tulang pada area tersebut.

4. Kista ganglion

Kista jaringan halus ini umumnya muncul pada sisi punggung dari pergelangan tangan. Jika muncul kista ganglion pada pergelangan tangan, Anda mungkin akan merasakan sakit yang akan semakin parah saat berkegiatan.

Masalah kesehatan ini juga bisa mengganggu fungsi dari tulang pergelangan tangan. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi kondisi tersebut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Scaphoid fractures of the wrist. Retrieved 17 March 2021, from https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/scaphoid-fracture-of-the-wrist/

Wrist pain. Retrieved 17 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrist-pain/symptoms-causes/syc-20366213#

Anatomy: Hand and Wrist. Retrieved 17 March 2021, from https://www.bidneedham.org/departments/orthopaedics/hand-program/anatomy-hand-and-wrist

The Wrist Joint. Retrieved 17 March 2021, from https://teachmeanatomy.info/upper-limb/joints/wrist-joint/

Scaphoid. Retrieved 17 March 2021, from https://radiopaedia.org/articles/scaphoid-1?lang=us

Lunate. Retrieved 17 March 2021, from https://radiopaedia.org/articles/lunate-1?lang=us

Hamate. Retrieved 17 March 2021, from https://radiopaedia.org/articles/hamate?lang=us

Trapezium. Retrieved 17 March 2021, from https://radiopaedia.org/articles/trapezium?lang=us

Trapezoid. Retrieved 17 March 2021, from https://radiopaedia.org/articles/trapezoid?lang=us

Capitate. Retrieved 17 March 2021, from https://radiopaedia.org/articles/capitate?lang=us

Pisiform. Retrieved 17 March 2021, from https://radiopaedia.org/articles/pisiform?lang=us

Triquetrum. Retrieved 17 March 2021, from https://radiopaedia.org/articles/triquetrum?lang=us

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x