home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Rekomendasi Buah untuk Penderita Asam Urat

6 Rekomendasi Buah untuk Penderita Asam Urat

Nyeri tubuh saat Anda bagun pagi, merupakan ciri khas dari gejala asam urat. Memang penyakit ini bersifat kambuhan, yang artinya gejala bisa sewaktu-waktu. Supaya asam urat tidak kumat, Anda perlu memperhatikan pilihan makanan, contohnya dalam memilih buah-buahan. Lantas, buah apa saja yang aman bagi penderita asam urat? Yuk, lihat rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi buah sehat untuk penderita asam urat

Asam urat adalah jenis peradangan sendi (arthritis) yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah sangat tinggi sehingga menyebabkan terbentuknya kristal di sekitar sendi.

Tubuh Anda akan memproduksi zat asam urat ketika akan memecah bahan kimia purin. Nah, purin memang terbentuk secara alami di dalam tubuh, tapi juga bisa Anda dapatkan dari makanan. Oleh karena itu, penderita asam urat sangat mungkin mengalami kekambuhan setelah mengonsumsi makanan yang tinggi purin.

Agar tidak kembali kumat, penderita asam urat perlu menjaga kadar asam urat tetap normal. Caranya, menghindari makanan yang mengandung purin dan sebaliknya meningkatkan pilihan makanan sehat untuk asam urat, seperti buah-buahan.

Berikut pilihan buah-buahan yang aman untuk orang dengan radang sendi akibat kadar asam urat yang tinggi.

1. Kiwi

Manfaat buah kiwi

Peradangan sendi akibat adanya kristal asam urat, menyebabkan nyeri, pembengkakan, dan kemerahan pada sendi yang terkena. Makanan yang ilmuwan sarankan untuk melawan peradangan adalah makanan kaya antioksidan. Nah, buah kiwi adalah salah satu pilihannya.

Buah kiwi kaya akan vitamin C yang termasuk dalam kelompok antioksidan, dan lengkap dengan senyawa antiradang lain, seperti lutein dan likopen. Buah yang rasanya asam tapi menyegarkan ini juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, folat, dan berbagai mineral yang tubuh Anda butuhkan.

Jika Anda rutin mengonsumsi kiwi, Anda bisa mendapatkan manfaat dari buah ini untuk mencegah gejala asam urat kembali kambuh. Anda bisa menikmati buah kiwi secara langsung, atau dalam bentuk salad buah, jus, dan smoothies.

2. Blewah

Agar Anda tidak bosan mengonsumsi kiwi, Anda bisa menggantinya dengan buah blewah. Blewah memiliki bentuk dan rasa yang mirip dengan melon. Sama seperti buah kiwi, blewah juga masuk dalam daftar buah kaya vitamin C yang baik untuk penderita asam urat.

Vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Itu artinya, buah blewah punya potensi membantu meringankan gejala asam urat yang kumat. Tidak hanya vitamin C, mengonsumsi buah blewah juga membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, kolin, dan kalium.

3. Kelompok buah beri

Penderita asam urat perlu membatasi makanan tinggi gula. Pasalnya, jenis makanan ini mengandung fruktosa, yakni jenis karbohidrat sederhana yang ada pada gula meja. Ternyata, fruktosa juga ada pada buah-buahan.

Fruktosa diketahui dapat memicu kenaikan kadar asam urat dalam tubuh. Meski begitu, tidak semua buah tinggi kandungan fruktosa, contohnya kelompok buah beri.

Ada banyak jenis buah beri yang bisa Anda pilih, seperti stroberi, raspberi, blueberry, atau cranberry. Kelompok buah beri sama seperti buah untuk asam urat lainnya, yakni kaya vitamin C dan nutrisi yang menyehatkan tubuh.

4. Nanas, pepaya, mangga dan semangka

Nanas untuk obat batuk alami

Pilihan buah lainnya yang bisa Anda masukkan dalam camilan atau makanan pencuci mulut untuk penderita asam urat adalah mangga, pepaya, semangka, dan nanas. Kesemua buah ini biasanya Anda nikmati menjadi buah.

Seperti buah yang sudah dijelaskan sebelumnya, mangga, pepaya, semangka, dan nanas juga kaya vitamin C yang bisa memberi pelindungan pada tubuh, termasuk sendi Anda dari peradangan.

Berdasarkan studi pada journal Biotechnology research international, kandungan bromelain pada nanas, dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada pasien osteoarthritis.

Osteoarthritis atau Anda kenal pengapuran sendi lutut merupakan jenis lain dari arthritis. Potensi nanas tersebut mungkin juga memberikan manfaat yang sama pada orang dengan jenis peradangan sendi lainnya.

5. Kelompok buah sitrus

Membicarakan buah kaya vitamin C yang sehat untuk penderita asam urat, tentu kelompok buah sitrus masuk dalam kategorinya. Beberapa jenis buah sitrus yang bisa Anda nikmati adalah jeruk manis, jeruk bali, lemon, atua jeruk nipis.

Kandungan vitamin C pada buah ini dapat mengurangi respons peradangan di tubuh, yang mungkin berpotensi membantu menekan efek peradangan yang dialami penderita asam urat.

Jeruk bali atau jeruk manis, bisa Anda konsumsi langsung. Sementara lemon dan jeruk nipis, biasanya lebih aman jika Anda konsumsi sebagai minuman. Anda cukup mengambil sari buahnya dan mencampurkannya dengan air putih, teh, dengan tambahan madu.

6. Ceri

Buah yang satu ini cukup mendapatkan perhatian besar dari para ilmuwan mengenai manfaatnya untuk penderita asam urat. Studi tahun 2012 pada jurnal Arthritis and rheumatism menunjukkan bahwa asupan buah ceri yang dikombinasikan dengan allopurinol dapat menurunkan risiko asam urat kambuh sebesar 75 persen.

Periset menyimpulkan bahwa buah ceri mengandung antosianin tingkat tinggi. Antosianin sendiri memiliki sifat antiradang dengan menghambat siklooksigenase, yang sama dengan cara kerja obat NSAID. Kemudian, senyawa ini juga mengurangi peradangan dengan membersihkan oksida nitrat, yakni senyawa yang bersifat toksik (racun).

Tips aman mengonsumsi buah untuk pengidap asam urat

Berdasarkan ulasan di atas, tentu penderita asam urat ingin mendapatkan manfaatnya, bukan? Cobalah untuk menambahkan deretan buah tersebut ke dalam menu makan dan camilan Anda setiap hari. Meski menyehatkan, bukan berarti Anda boleh mengonsumsi buah-buahan tersebut secara berlebihan.

Mengonsumsi jeruk, nanas, blewah, atau kiwi secara berlebihan bisa menimbulkan masalah pencernaan, seperti perut kembung, mulas karena beberapa buah rasanya asam, dan rasa tidak nyaman pada lidah.

Selain tidak boleh berlebihan, Anda juga perlu memilih kondisi buah yang segar, bukan buah yang dikemas dalam bentuk manisan. Cuci buah dengan air mengalir sebelum Anda konsumsi untuk menghilangkan bakteri yang mungkin menempel di permukaanya.

Mengonsumsi buah secara rutin dan menjaga pola makan mungkin bisa membantu meredaka gejala asam urat. Akan tetapi, Anda tetap harus konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan asam urat yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can the foods you eat help to control gout? (2020, July 2). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/gout-diet/art-20048524 [Accessed on March 17th, 2021]

Vitamin C. (2020, September 1). Office of Dietary Supplements (ODS). https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-HealthProfessional/ [Accessed on March 17th, 2021]

Juraschek, S. P., Miller, E. R., 3rd, & Gelber, A. C. (2011). Effect of oral vitamin C supplementation on serum uric acid: a meta-analysis of randomized controlled trialsArthritis care & research63(9), 1295–1306. https://doi.org/10.1002/acr.20519 [Accessed on March 17th, 2021]

Vitamin C: MedlinePlus medical encyclopedia. MedlinePlus – Health Information from the National Library of Medicine. https://medlineplus.gov/ency/article/002404.htm [Accessed on March 17th, 2021] 

Nutrition facts for cantaloupe, raw, recommended daily values and analysis. (n.d.). Nutritional Values For Common Foods And Products. https://www.nutritionvalue.org/Cantaloupe%2C_raw_nutritional_value.html [Accessed on March 17th, 2021] 

Nutrition facts for Kiwifruit, raw, green, recommended daily values and analysis. (n.d.). Nutritional Values For Common Foods And Products. https://www.nutritionvalue.org/Kiwifruit%2C_raw%2C_green_327046_nutritional_value.html [Accessed on March 17th, 2021] 

Pavan, R., Jain, S., Shraddha, & Kumar, A. (2012). Properties and therapeutic application of bromelain: a review. Biotechnology research international2012, 976203. https://doi.org/10.1155/2012/976203 [Accessed on March 17th, 2021] 

Zhang, Y., Neogi, T., Chen, C., Chaisson, C., Hunter, D. J., & Choi, H. K. (2012).Cherry consumption and decreased risk of recurrent gout attacks. Arthritis and rheumatism64(12), 4004–4011. https://doi.org/10.1002/art.34677

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 20/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x