home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenali Fungsi Tulang Jari Kaki dan Masalah Kesehatannya

Mengenali Fungsi Tulang Jari Kaki dan Masalah Kesehatannya

Berjalan, melompat, atau berlari bisa Anda lakukan dengan nyaman jika kaki Anda dalam kondisi sehat. Nah, kaki yang sehat tentunya bebas dari masalah pada tulang, otot, maupun saraf di kaki. Yuk, ketahui lebih dalam fungsi tulang jari kaki, otot, dan tendon sekaligus gangguan kesehatannya!

Fungsi tulang jari kaki Anda

bagian dan fungsi tulang jari kaki
Sumber: Medical News Today

Kaki Anda terdiri dari 26 tulang yang terhubung dengan sendi, otot, tendon, dan ligamen. Nah, tulang pada jari kaki Anda terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Tarsal

Tulang tarsal berada pada area pergelangan kaki bagian atas (coba perhatikan gambar). Bentuk tulang ini tidak beraturan dan terbagi menjadi tiga baris, yakni proksimal, menengah, dan distal.

Pada bagian proksimal terdapat tulang talus dan tulang kalkaneus, yang membentuk kerangka pergelangan kaki dan tumit bagian atas. Talus merupakan tulang terbesar yang dikelilingi banyak sendi, seperti sendi subtalar, sendi talonavicular, dan sendi pergelangan kaki. Fungsi utama tulang jari kaki ini adalah menyalurkan tekanan maupun berat tubuh ke tumit.

Sementara pada tulang kalkaneus berada pada bagian bawah talus dan lengkap dengan 2 sendi, yakni sendi subtalar dan sendi kalkaneokuboid. Tulang ini dapat menahan tubuh ketika tumit menyentuh tanah, yakni saat Anda berjalan.

Pada bagian tengah tulang tarsal, terdapat tulang yang bentuknya seperti perahu yang bernama tulang navicular. Sementara pada bagian distal, terdapat tulang kuboid yang berbentuk kubus dan tulang cuneiform yang berbentuk baji.

Fungsi dari tulang jari kaki berbentuk baji ini adalah membentul lengkungan melintang di kaki dan menjadi tempat melekatmya beberapa otot, seperti otot tibialis anterior dan fleksor halusis brevis.

2. Metatarsal

Metatarsal merupakan tulang panjang yang menjadi penghubung antara pergelangan kaki dengan jari-jari kaki. Ada beberapa sendi yang melekat pada tulang metatarsal, yakni sendi tarsometatarsal, sendi intermetatarsal, dan sendi metatarsophalangeal.

Fungsi dari tulang metatarsal pada jari kaki Anda ini adalah membantu menyeimbangkan tubuh, agar Anda tidak jatuh saat berdiri dan berjalan.

3. Tulang jari kaki (phalanges)

Tulang jari kaki kedua hingga kelima memiliki tiga bagian yaitu proksimal, tengah, dan distal. Hanya bagian tulang jempol terdiri dari dua bagian, tanpa bagian tengah.

Selain tulang, jari kaki Anda juga lengkap dengan berbagai jenis otot, seperti otot tibilias peroneal untuk mengontrol gerakan di bagian luar pergelangan kaki dan otot ekstensor untuk membantu mengangkat jari kaki dan melangkah.

Gangguan kesehatan pada fungsi tulang jari kaki

mengobati kaki dan tangan kapalan dengan obat

Sama seperti tangan Anda, kaki juga melakukan banyak aktivitas, mulai dari membantu Anda berdiri tegak hingga berlari. Tugasnya yang cukup kompleks ini membuat kaki berisiko mengalami gangguan, baik itu pada tulang maupun otot yang menempel.

Berikut ini ada beberapa masalah kesehatan yang menyerang tulang, sendi, otot jari kaki Anda, seperti:

1. Taji tumit

Heel spurs atau Anda kenal juga dengan sebutan taji tumit adalah kondisi tumbuhnya tulang baru pada tulang tumit. Pada bagian bawah tumit Anda terdapat jaringan ikat. Jaringan ini berfungsi menyatukan lengkungan dan meredam stres/tekanan selama Anda beraktivitas.

Ketika Anda memakai sepatu tidak pas, kelebihan berat badan, atau lari berlebihan, stres yang timbul akan semakin besar. Kondisi tersebut memicu tubuh untuk membangun tulang ekstra sebagai respons stres yang berlebihan.

Taji tumit biasanya menyerang orang dengan plantar fasciitis, yakni gangguan pada jaringan tebal yang membentang di antara tumit dan jari kaki. Orang dengan kondisi ini bisa merasakan nyeri dan ketidaknyamanan pada tumit.

Pengobatan taji tumit sangat bervariasi bergantung dengan tingkat keparahan. Dokter mungkin akan meresepkan obat antinyeri seperti ibuprofen, menyarankan penggunaan sepatu khusus, suntikan kortikosteroid, atau operasi.

2. Patah tulang

Fungsi tulang jari kaki Anda juga bisa terganggu karena patah tulang. Kondisi ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada jari kaki, tapi juga bisa pada bagian tulang tarsal dan metatarsal.

Kondisi ini memang dapat sembuh dengan sendirinya, tapi Anda tetap harus menjalani perawatan yang mendukung dari dokter. Rasa sakit yang muncul bisa Anda redakan dengan minum obat antinyeri. Anda juga perlu membatasi gerak tubuh untuk mempercepat proses pemulihan.

3. Bunion

Menonjolnya tulang atau jaringan di sekitar sendi disebut dengan bunion. Kondisi ini bisa terjadi pada pangkal jempol kaki Anda akibat tekanan berlebihan jangka panjang pada persendian pada kaki Anda.

Penyebab pasti pada fungsi sendi dan tulang jari kaki ini masih belum jelas. Namun, beberapa faktor yang berperan penting dalam terbentuknya bunion adalah bentuk kaki tertentu yang sifatnya genetik, cedera atau stres pada kaki, dan deformitas yang muncul sejak lahir.

Untuk mengatasi rasa nyerinya, dokter akan memberikan obat ibuprofen. Dokter mungkin juga meminta Anda untuk memakai bantalan kaki pada area yang bermasalah, menggunakan sepatu yang nyaman, atau menjalani operasi bunion jika kondisinya sudah cukup parah.

4. Hammertoe

Pemakaian sepatu yang tidak sesuai terlalu sering bisa menyebabkan masalah pada jari dan sendi kaki Anda, salah satunya hammertoe.

Hammertoe adalah kondisi jari kaki tertekuk sehingga menyebabkan sendi tengah pada jari kaki yang terkena menonjol keluar. Biasanya, kondisi jari kaki yang berbentuk seperti palu ini kerap kali terjadi bersamaan dengan mata ikan, yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Perawatan untuk hammertoe umumnya berupa penempatan bantalan pada area tulang jari yang menonjol, memakai sepatu khusus, dan operasi untuk mengoreksi kondisi sendi dan tulang yang bermasalah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Anatomy of the foot. (n.d.). Arthritis Foundation | Symptoms Treatments | Prevention Tips | Pain Relief Advice. https://www.arthritis.org/health-wellness/about-arthritis/where-it-hurts/anatomy-of-the-foot [Accessed on March 16th, 2021]

Bones of the foot – Tarsals – Metatarsals – Phalanges – TeachMeAnatomy. (2012, May 7). TeachMeAnatomy – Making Anatomy Simple. https://teachmeanatomy.info/lower-limb/bones/bones-of-the-foot-tarsals-metatarsals-and-phalanges/ [Accessed on March 16th, 2021]

Foot pain and problems. Johns Hopkins Medicine, based in Baltimore, Maryland. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/foot-pain-and-problems [Accessed on March 16th, 2021]

Heel spurs: Do they always cause pain? (2019, August 16). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bone-spurs/expert-answers/heel-spurs/faq-20057821 [Accessed on March 16th, 2021]

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bunions/symptoms-causes/syc-2035479

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 20/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x