Berapa Berat Tulang Anda? Benarkah Tulang yang Besar Bikin Timbangan Naik?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tulang berfungsi sebagai rangka dan penopang. Punya tulang yang kuat tentu akan membuat Anda lebih aktif. Akan tetapi, ada yang bilang tulang yang berat akan membuat berat badan Anda berlebih. Jadi dari total berat badan Anda, seberapa berat tulang Anda? Benarkah orang yang kurus  Simak jawabannya di bawah ini.

Sebenarnya, berapa berat tulang saya?

Pada awalnya, manusia terlahir dengan 300 tulang. Namun, seiring pertumbuhannya, tulang orang dewasa hanya menjadi 206 saja, karena banyak tulang yang saling menyatu. Soal seberapa kuat tulang manusia, para ahli menyatakan bahwa tulang manusia bahkan lebih kuat dibandingkan dengan baja.

Meski berat tulang hanya sekitar 15 persen dari total berat badan, tulang Anda sudah dirancang sebagai pelindung serta penopang yang sangat kuat. Dalam keadaan yang terdesak, tulang bisa menahan hingga 2-3 kali dari beban tubuh total Anda. Walaupun tulang bisa patah, jaringannya memang dibuat agar bisa tumbuh kembali dan tetap menopang tubuh.

Lalu, apakah setiap orang punya berat tulang yang sama? Kepadatan serta berat tulang masing-masing orang tentu saja berbeda. Gen Anda yang menentukan seberapa berat tulang Anda. Meski memang gen adalah faktor yang dominan dalam menentukan hal ini, pola hidup juga memengaruhi berat tulang seseorang. Makanan yang tinggi mineral serta olahraga telah terbukti dapat membuat tulang lebih berat dan padat.

cara ketahui ukuran rangka tubuh

Benarkah ada yang kegemukan akibat punya berat tulang yang besar?

Banyak orang yang mengaku bahwa dirinya gemuk akibat tulang-tulang tubuhnya yang besar. Apakah hal ini bisa dijadikan alasan? Memang, punya rangka tulang yang besar akan membuat seseorang terlihat lebih bongsor, tapi seharusnya tidak dijadikan alasan angka di timbangan berat badan naik. Pasalnya, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, berat tulang di dalam tubuh hanya sekitar 15 persen saja, selebihnya adalah berat air, otot, dan lemak. Hal ini menandakan bahwa tulang hanya berkontribusi sedikit dalam berat badan.

Jika memang Anda punya badan yang gemuk, coba lihat dan perhatikan lagi lemak-lemak yang ada di bawah lapisan kulit Anda. Bisa jadi, lemak tersebut yang membuat berat badan Anda jadi melonjak. Berat tulang biasanya tidak akan berubah banyak. Meskipun Anda berusaha untuk memadatkannya, hal tersebut tak akan berpengaruh besar pada berat badan total Anda. Jadi, yang berpengaruh sangat besar adalah timbunan lemak-lemak Anda.

Lagipula, orang yang punya rangka tulang yang besar juga bisa punya berat badan ideal. Berat badan ideal bisa Anda dapatkan dengan cara meningkatkan massa otot dan menurunkan berat lemak yang menempel pada organ serta kulit Anda. Bagaimana caranya? Tentu, dengan menerapkan hidup sehat, pemilihan makanan yang tepat, serta rutin berolahraga. Dengan begitu, punya rangka tulang yang besar tidak akan jadi masalah.

Untuk menghitung apakah saat ini berat badan Anda tergolong ideal, berlebihan, atau kekurangan, Anda bisa cek di kalkulator BMI ini atau di bit.ly/indeksmassatubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tahapan Perkembangan Remaja Mulai dari Usia 10-18 Tahun

Mengetahui tahap perkembangan remaja menjadi panduan dalam memantau tumbuh kembangnya. Berikut berbagai aspek yang terjadi dalam tumbuh kembang remaja.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Remaja, Tumbuh Kembang Remaja, Parenting 27 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

Perdebatan para ahli soal bahaya radiasi wi-fi tentu meresahkan, apalagi jika Anda dan anak setiap hari mengakses wi-fi. Jadi, amankah wi-fi bagi keluarga?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Dalam beberapa kasus, tremor bisa sembuh tapi bisa juga tidak. Tremor jenis apa yang bisa disembuhkan dan seperti apa pengobatannya? Cek di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Benarkah Minyak Kutus Kutus Baik untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini!

Salah satu minyak herbal yang sedang populer adalah minyak kutus kutus. Namun sebelum beli, yuk cek klaim manfaat minyak kutus-kutus di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gatal setelah mandi

Gatal Setelah Mandi? Beberapa Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
jenis buah sehat

Jenis Buah-buahan yang Paling Sehat, Menurut Kebutuhan Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat kuat alami

11 Pilihan Obat Kuat Alami yang Bikin Pria Lebih Tahan Lama di Ranjang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
menelan sperma

Apakah Bisa Hamil Jika Kita Menelan Sperma?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit