home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Operasi Bunion

Definisi operasi bunion|Pencegahan & peringatan operasi bunion|Prosedur operasi bunion|Komplikasi oeprasi bunion
Operasi Bunion

Definisi operasi bunion

Apa itu operasi bunion?

Operasi bunion adalah tindakan medis lewat pembedahan untuk mengatasi bunion. Bunion atau yang Anda kenal dengan hallux valgus adalah pembesaran tulang atau jaringan sekitar sendi pada pangkal jempol.

Sendi yang terkena adalah sendi metatarsophalangeal (MTP), yakni sendi yang menjadi pertemuan tulang kaki dengan tulang jari kaki.

Pada kebanyakan kasus, bunion terbentuk karena sendi MTP menerima tekanan berlebihan dalam waktu yang lama.

Kondisi ini paling sering menyerang wanita ketimbang pria. Alasannya, karena wanita lebih sering menggunakan sepatu ketat dan rucing, contohnya memakai sepatu high heels.

Operasi bunion memiliki sebutan lain, yakni bunionectomy yang terdiri dari beberapa jenis. Semua jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki tulang pada jempol kaki supaya tidak lagi menimbulkan nyeri dan kembali berfungsi dengan baik.

Kapan seseoran perrlu menjalani operasi bunion?

Secara umum, bunion yang tidak menimbulkan rasa nyeri biasanya tidak direkomendasikan untuk menjalani perawatan ini. Begitu juga untuk alasan “keindahan bentuk kaki”, dokter tetap tidak merekomendasikan pengobatan ini menjadi pilihan.

Prosedur ini baru akan dokter rekomendasikan jika kondisinya semakin bertambah buruk dan mengganggu aktivitas harian, serta tidak menanggapi obat maupun perubahan gaya hidup.

Selain menimbulkan nyeri, ada banyak hal yang membuat dokter merekomendasikan pengobatan bunion menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons.

  • Bentuk kaki membuat Anda kesulitan untuk berjalan dengan baik.
  • Timbul peradangan atau pembengkakan pada jari jempol kaki kronis yang tidak membaik dengan istirahat dan obat-obatan.
  • Terjadi pergeseran jempol kaki ke arah jari kaki lain, sehingga berpotensi membuat jari kaki saling bersilang (deformitas jari kaki).
  • Kehilangan kemampuan untuk meluruskan atau menekuk jempol kaki.
  • Rasa nyeri tidak cukup dengan obat NSAID, kemungkinan karena efek sampingnya.

Pencegahan & peringatan operasi bunion

tes bernstein

Apa yang harus diketahui sebelum menjalani operasi bunion?

Sebelum Anda menjalankan operasi, dokter akan lebih dahulu memeriksa kondisi Anda dan memilih jenis operasi yang tepat.

Pilihan jenisnya berdasarkan tingkat keparahan bunion, usia, kesehatan umum, tingkat aktivitas, dan kondisi tulang, dan jaringan ikat.

Menurut John Hopkins Medicine, berikut penjelasan tindakan prosedur yang perlu Anda pahami sebelum menjalankannya.

  • Pada bunion ringan, ahli bedah akan mengangkat bagian tulang yang membesar. Kemudian, dokter akan meluruskan kembali otot, tendon, dan ligamen yang mengelilingi sendi.
  • Jika termasuk sedang, ahli bedah akan memotong tulang dan menggesernya ke posisi yang tepat. Selain itu, tendon dan ligamen sekitarnya mungkin perlu posisi ulang.
  • Untuk bunion parah, pembedahan mungkin melibatkan pengangkatan bagian tulang yang membesar, memotong, dan meluruskan kembali tulang, serta memperbaiki posisi tendon dan ligamen.
  • Bila sendi yang rusak tidak dapat dokter perbaiki, contohnya karena rematik, maka dapat menggunakan implan sendi pengganti dan perbaikan tendon dan ligamen.

Prosedur operasi bunion

operasi bahu

Apa yang harus dilakukan sebelum operasi bunion?

Setelah dokter menyetujui Anda untuk menjalani operasi, ada beberapa hal yang perlu Anda ikuti sebelum operasi.

  • Melakukan pemeriksaan fisik lengkap, sekaligus menilai kesehatann tubuh dan mengetahui masalah kesehatan tertentu yang mungkin mengganggu operasi.
  • Memberi tahu dokter semua obat atau suplemen yang Anda gunakan. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk menghentikan penggunaan obat tertentu sementara sebelum prosedur.
  • Menjalani tes praoperasi, termasuk jumlah darah, ekokardiogram, rontgen dada, dan rontgen kaki khusus.

Bagaimana proses operasi bunion?

Pertama, tim medis akan meminta Anda melepaskan pakaian dan menggantinya dengan pakaian khusus.

Kedua, tim medis akan memasang infus pada lengan Anda dan area kulit yang menutupi bunion akan dibersihkan dengan larutan antiseptik. Selanjutnya, tim medis akan membius Anda untuk tindakan operasi.

Operasi perbaikan tendon dan ligamen

Dalam beberapa kasus, jaringan lunak sekitar jempol kaki mungkin terlalu kencang pada satu sisi dan terlalu longgar pada sisi lain. Kondisi ini menciptakan ketidakseimbangan yang menyebabkan jempol kaki tergeser ke arah jari kaki lainnya.

Pada operasi ini, ahli bedah akan memperpendek jaringan yang terlalu longgar dan memanjangkan jaringan yang terlalu kencang.

Osteotomi

Dalam prosedur osteotomi, dokter membuat sayatan kecil pada tulang untuk meluruskan kembali sendi. Setelah memotong tulang, dokter Anda memperbaiki patahan baru ini dengan pin, sekrup, atau pelat. Tulang akan menjadi lebih lurus, dan persendiannya juga seimbang.

Osteotomi dapat dokter lakukan pada tempat yang berbeda, yaitu pada sepanjang tulang untuk memperbaiki deformitas. Dalam beberapa kasus, selain memotong tulang, irisan kecil tulang juga diangkat untuk memberikan koreksi yang cukup untuk meluruskan jari kaki.

Arthrodesis

Dalam prosedur ini, dokter Anda menghilangkan permukaan sendi yang terkena peradangan karena rematik. Kemudian, memasukkan sekrup, kabel, atau pelat untuk menahan permukaan bersama-sama sampai tulang sembuh.

Arthrodesis biasanya untuk pasien yang memiliki bunion parah atau radang sendi parah, dan untuk pasien yang pernah menjalani operasi bunion sebelumnya yang gagal.

Eksostektomi

Dalam prosedur ini, dokter Anda menghilangkan benjolan dari sendi jari kaki Anda. Prosedur ini saja jarang dipilih untuk mengobati bunion karena tidak meluruskan kembali sendi.

Bahkan, ketika kombinasikan dengan prosedur jaringan lunak, eksostektomi jarang mengobati bunion sepenuhnya.

Eksostektomi paling sering dokter lakukan sebagai salah satu bagian dari seluruh operasi korektif yang mencakup osteotomi, serta prosedur jaringan lunak. Namun, jika dokter melakukan eksostektomi tanpa osteotomi, deformitas bunion sering kembali.

Setelah operasi, dokter akan menutup sayatan operasi dengan menjahitnya dan membalutnya dnegan perban.

Apa yang harus dilakukan setelah operasi bunion?

Setelah operasi, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan untuk observasi. Proses pemulihan bervariasi, tergantung pada jenis anestesi yang diberikan. Pemantauan juga terhadap sirkulasi darah dan sensasi kaki.

Setelah tekanan darah, denyut nadi, dan pernapasan stabil dan Anda kembali sadar, Anda akan dibawa ke kamar rumah sakit atau diperbolehkan pulang ke rumah.

Tim medis akan memberitahu Anda cara merawat luka bekas operasi, dan perlu menggunakan sepatu bedah khusus untuk melindungi kaki, atau alat bantu berjalan.

Setelah berada di rumah, Anda perlu istirahat dan menjaga kaki tetap tinggi menggunakan atas 1 atau 2 bantal. Tujuannya untuk membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Penting untuk menjaga balutan perban tetap bersih dan kering. Jahitan biasanya akan dilepas 2 minggu setelah operasi. Guna mengurangi nyeri, dokter akan meresepkan obat pereda nyeri, seperti aspirin.

Komplikasi oeprasi bunion

fungsi tulang jari kaki

Komplikasi apa yang dapat terjadi setelah operasi bunion?

Operasi ini tergolong aman, tapi tetap ada kemungkinan menimbulkan komplikasi, seperti:

  • bunion kembali muncul,
  • nyeri atau kekakuan pada jari,
  • infeksi atau peradangan, dan
  • kerusakan saraf.

Jika setelah operasi, terjadi pembengkakan, peningkatan rasa nyeri, atau tanda-tanda infeksi segera periksa ke dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bunion surgery. (n.d.). Retrieved June 24, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/bunion-surgery

Bunion surgery – OrthoInfo – AAOS. (n.d.). Retrieved June 24, 2021, from https://orthoinfo.aaos.org/en/treatment/bunion-surgery/.

Bunion surgery: Bunion removal, Treatment & recovery. (n.d.). Retrieved June 24, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/15383-bunion-correction-surgery.

Bone, M. (2021, January 08). When should i have surgery for my bunions? Retrieved June 24, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/when-should-i-have-surgery-for-my-bunions/

.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui seminggu yang lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x