7 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Mata (Plus Cara Pakainya)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 15 April 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Anda sering minum teh, tapi bekas kantong teh celupnya Anda buang? Sayang sekali, padahal kantong teh celup bekas masih bisa dimanfaatkan. Kantong teh tersebut bisa Anda gunakan sebagai perawatan untuk mengatasi berbagai gangguan pada mata. Apa sajakah manfaat kantong teh celup untuk mata dan bagaimana cara pakainya? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat kantong teh celup untuk mata

Menggunakan kantong teh bekas untuk pengobatan rumahan adalah pilihan alami yang terjangkau. Namun, jangan pakai sembarang jenis teh celup. Sebaiknya gunakan kantong bekas teh hitam, teh putih, atau teh hijau. Teh herbal juga bisa Anda gunakan, misalnya teh roiboos, teh chamomile, teh melati, dan teh daun mint.

Beberapa manfaat kantong teh celup bekas untuk perawatan mata, seperti yang dilansir dari Healthline, meliputi:

1. Mengurangi peradangan atau pembengkakan mata

Kandungan flavonoid, yaitu salah satu antioksidan dan tanin dalam teh hitam dan teh hijau memiliki efek positif untuk mata bengkak. Kandungan tersebut juga membantu menjaga kulit di sekitar mata tetap kencang.

Selain itu, kafein bisa menyempitkan pembuluh darah dalam jaringan sehingga mengurangi pembengkakan. Selain, itu Anda juga bisa menggunakan teh chamomile untuk menenangkan mata yang meradang.

2. Membantu menyembuhkan mata merah

Teh calendula, teh chamomile, dan teh adas memiliki potensi meredakan gejala mata merah. Teh ini dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan yang mengalir dari mata, sekaligus mengurangi pembengkakan dan iritasi. Sementara teh hijau memiliki khasiat antimikroba, artinya bisa menangkal bakteri yang menyebabkan iritasi dan kemerahan.

3. Menyamarkan lingkaran hitam pada mata

Kurang tidur biasanya menyebabkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata. Lingkaran hitam alias mata panda ini tentu mengganggu penampilan Anda. Mengggunakan teh hitam atau teh hijau yang mengandung kafein bisa melancarkan kembali kembali pembuluh darah sekitar mata dan menyamarkan lingkaran hitam yang muncul.

4. Meredakan mata bintitan

Mata bintitan biasanya ditandai dengan munculnya benjolan kecil di tepi pelupuk mata. Menggunakan teh hitam dan teh chamomile bermanfaat untuk mengobati gumpalan serta memiliki sifat antibakteri sehingga mencegah iritasi mata.

5. Mengatasi gejala rosacea pada mata

Penyakit kulit rosacea umum terjadi dan sering kali menyebar ke area sekitar mata. Menggunakan teh lavender, teh chamomile, dan teh hijau dapat mengurangi gejala rosacea seperti kemerahan dan iritasi.

6. Melembapkan mata kering

Bila Anda sering melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau Anda seharian bekerja di ruangan ber-AC, mata kering menjadi salah satu keluhan. Teh hitam dapat membantu mempertahankan kelembapan dan mengurangi mata kering.

7. Mengatasi mata lebam

Lebam, bengkak, atau memar pada mata bisa diobati dengan teh lavender dan teh chamomile. Teh tersebut membantu meredakan perdarahan dalam serta menenangkan kulit iritasi dan meredakan nyeri.

Walaupun beberapa jenis teh yang telah disebutkan memiliki kandungan yang mampu mengatasi gangguan pada mata, penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda bila Anda memiliki kondisi gangguan mata untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

manfaat teh

Bagaimana cara pakainya?

Memanfaatkan kantong teh celup bekas untuk mata sangatlah mudah. Pertama, gunakan teh celup seperti biasa untuk membuat teh, kemudian ambil kantong teh tersebut dan peras airnya supaya tidak terlalu basah. Diamkan kantong teh hingga dingin atau simpan di dalam kulkas selama 10-20 menit.

Kemudian, tempelkan kantong teh tersebut pada mata Anda yang tertutup sambil melakukan pijatan lembut dengan jari di sekitar area mata. Lakukan hal tersebut selama 15-30 menit. Jangan tempelkan kantong teh celup ke mata saat masih panas, karena justru akan mengiritasi mata Anda.

Hati-hati dalam menggunakan kantong teh celup bekas, karena mata adalah area yang sensitif. Untuk itu, perhatikan selalu kebersihan tangan Anda dengan mencuci tangan sebelum melakukan perawatan. Selain itu, hapus riasan makeup Anda terlebih dahulu, terutama di bagian mata.

Pastikan kantung teh bekas yang mau Anda gunakan cukup bersih dan tidak sobek. Gunting bagian talinya, supaya tidak mengganggu. Hindari kantong teh yang dirapatkan menggunakan staples. Selama proses perawatan, jangan menggosok atau menyentuh mata Anda untuk menghindari iritasi pada mata. Bila muncul rasa gatal atau panas, hentikan perawatan ini dan segera periksa ke dokter.

Ingat, pengobatan rumah ini tidak bisa menggantikan kunjungan ke dokter atau obat-obatan yang sudah diberikan dokter. Anda juga sebaiknya berkonsultasi dulu pada dokter mata sebelum memanfaatkan kantong teh celup bekas untuk mengatasi berbagai keluhan pada mata.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Keduanya sama-sama karbohidrat, tapi apakah benar nasi lebih baik dari mie? Cari tahu lebih lanjut sebelum menentukan pilihan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Jangan Digaruk! Ini 2 Jenis Obat Infeksi Jamur Vagina untuk Meredakan Gejala

Vagina gatal akibat infeksi jamur tentu sangat mengganggu aktivitas. Redakan dengan berbagai obat infeksi jamur vagina, mulai dari krim sampai obat minum.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Wanita, Infeksi Jamur Vagina 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Badan pegal bisa jadi lebih segar setelah dipijat. Ada beragam jenis pijat yang memberikan manfaat yang berbeda-beda. Anda lebih suka yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Pengobatan Alternatif, Pengobatan Herbal dan Alternatif 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan bulu

Ragam Cara Menghilangkan Bulu Tangan dan Kaki yang Paling Umum

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit