Definisi

Apa itu cystourethrogram?

Cystourethrogram adalah pemindaian x-ray yang akan mengambil gambar dari kandung kemih dan uretra sementara kandung kemih Anda penuh terisi dan saat Anda buang air kecil. Selang tipis dan fleksibel (kateter) akan dimasukkan melalui uretra Anda hingga ke dalam ke kandung kemih Anda. Cairan khusus (material kontras) yang akan terlihat saat pemindaian x-ray kemudian diinjeksikan ke dalam kandung kemih Anda melalui kateter tersebut, dan dokter akan memulai pemindaian gambar. Pemindaian x-ray tambahan akan dilakukan saat urin mengalir keluar dari kandung kemih Anda, prosedur ini disebut voiding cystourethrogram (VCUG).

Jika x-ray dilakukan saat material kontras sedang diinjeksikan ke dalam uretra, pemindaian ini disebut retrograde cystourethrogram karena cairan tersebut mengalir ke dalam kandung kemih terbalik dari jalur aliran urin normal.

Kapan saya harus menjalani cystourethrogram?

Pemindaian dilakukan untuk mediagnosis penyebab infeksi saluran urinasi, terutama pada anak yang pernah mengidap infeksi saluran kandung kemih lebih dari satu kali.

Cystourethrogram juga dilakukan untuk mendiagnosis dan memeriksa:

  • kesulitan mengosongkan kandung kemih
  • cacat lahir pada kandung kemih atau uretra
  • penyempitan ureter (saluran yang mengangkut urin dari ginjal sampai kandung kemih) pada pria
  • aliran membalik (refluks) urinasi dari kandung kemih ke ginjal

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani cystourethrogram?

Tes voiding cystourethrogram tidak dapat memeriksa adanya halangan dari aliran urinasi dari ginjal. Pemeriksaan tambahan dibutuhkan jika dicurigai adanya rintangan dalam arus urin. Tes voiding cystourethrogram tidak boleh dilakukan saat terdeteksi adanya infeksi saluran kandung kemih aktif dan belum ditangani.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani cystourethrogram?

Beri tahu dokter Anda jika:

  • Anda sedang menyusui. Material kontral (cairan x-ray) yang digunakan selama tes dapat terserap ke dalam ASI. Jangan menyusui bayi Anda selama 2 hari setelah melakukan prosedur ini. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memompa dan menyimpan ASI sebelum menjalani cystourethrogram, atau memberikan susu formula untuk bayi Anda. Peras dan buang ASI selama 2 hari setelah menjalani tes
  • Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi saluran kandung kemih, sperti nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Anda memiliki alergi terhadap zat pewarna iodine yang digunakan sebagai material kontras selama tes cystourethrogram, atau zat-zat lain yang mengandung iodine. Juga beri tahukan dokter jika Anda mengidap asma, alergi terhadap obat-obatan tertentu, atau pernah memiliki reaksi alergi serius (anafilaksis), seperti sensasi yang Anda dapat setelah disengat lebah atau mengonsumsi udang/kerang
  • dalam 4 hari, Anda telah menjalankan x-ray menggunakan material kontras barium, seperti barium enema, atau telah mengonsumsi obat-obatan (seperti Pepto-bismol) yang mengandung bismuth. Barium dan bismuth dapat memengaruhi hasil tes
  • Anda memiliki intrauterine device (IUD), atau alat kontrasepsi yang ditanamkan dalam rahim

Tes ini umum dilakukan pada anak-anak untuk melihat apakah mereka memiliki arus balik urin yang abnormal (vesicoureteral reflux). Siapkan anak Anda untuk menghadapi pemeriksaan dan rangkaian tes yang dibutuhkan dengan menjelaskan dengan cara yang dapat diterima oleh anak kecil. Gunakan kata-kata positif sesering mungkin. Melakukan hal ini akan membantu anak Anda mengerti dengan apa yang harus dihadapi selama pemeriksaan dan mengurangi rasa takut.

Diskusikan dengan dokter mengenai kekhawatiran yang Anda miliki seputar prosedur tes ini, peluang risiko, bagaimana prosedur dijalankan, atau hasil yang Anda terima.

Bagaimana proses cystourethrogram?

Cystourethrogram dilakukan oleh seorang urologis atau radiologis. Petugas medis tersebut akan dibantu oleh seorang teknisi x-ray. Anda biasanya tidak harus menjalankan rawat inap untuk melakukan tes ini. Anda akan diminta untuk melepas sebagian atau keseluruhan pakaian Anda, sebagai gantinya Anda akan diberikan kain penutup khusus untuk menutupi tubuh Anda selama tes berlangsung. Anda akan diminta untuk buang air kecil sebelum tes dimulai.

Anda akan dibaringkan telentang pada meja periksa. Area genital Anda akan disterilkan dan dilapis oleh kain steril. Pasien pria akan diberikan pelindung yang terbuat dari timah untuk melindungi area genitalnya dari paparan radiasi. Akan tetapi, indung telur pada pasien wanita tidak dapat dilindungi tanpa menghalangi gambaran kandung kemih.

Kateter akan dimasukkan perlahan melalui uretra ke dalam kandung kemih. Cairan material kontras kemudian akan diinjeksikan melalui kateter memenuhi kandung kemih Anda. Pemindaian gambar akan dilakukan saat Anda berdiri, duduk, dan berbaring. Kemudian, kateter akan dilepas dan dokter akan mengambil gambar x-ray saat Anda buang air kecil. Anda mungkin akan diminta untuk menghentikan urinasi, mengganti posisi, dan memulai urinasi kembali. Jika Anda kesulitan untuk buang air kecil di salah satu posisi, Anda akan diminta untuk mencoba lagi dengan posisi berbeda.

Tes ini biasa berlangsung sekitar 30 – 45 menit.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani cystourethrogram?

Seorang radiologis akan mengawasi dan menjelaskan jalannya prosedur, kemudian menganalisis hasil gambar yang didapat untuk dikirimkan kepada dokter atau terapis yang menangani Anda, yang bertanggung jawab untuk menjelaskan hasil tes kepada Anda.Pemeriksaan lanjutan mungkin diperlukan, dan dokter Anda akan menjelaskan alasan tepatnya mengapa Anda memerlukan tes tambahan. Terkadang, tes lanjutan dilakukan berdasarkan kecurigaan dokter atas penemuan asing pada hasil tes yang memerlukan klarifikasi lebih lanjut dengan teknik pemindaian khusus lainnya. Pemeriksaan lanjutan juga diperlukan untuk mengawasi apakah ada perubahan pada hasil abnormal yang telah diketahui sebelumnya. Pemeriksaan lanjutan terkadang merupakan cara terbaik untuk memeriksa apakah terapi berjalan lancar atau sebuah abnormalitas terhitung stabil dari waktu ke waktu.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Beberapa hasil tes cystourethrogram dapat diterima segera setelah prosedur usai. Hasil akhir akan menyusul dalam 1-2 hari setelahnya.

Cystourethrogram
Normal: Kandung kemih terlihat normal

Aliran urin dari kandung kemih lancar

Kandung kemih dapat kosong sepenuhnya

Cairan material kontras hanyut dengan lancar melalui uretra berdinding halus

Abnormal: Terdeteksi adanya batu kantung empedu, tumor, atau penyempitan (diverticula) pada uretra atau kandung kemih

Jika tes dilakukan karena adanya cedera pada kandung kemih, sobekan ditemukan pada dinding uretra atau kandung kemih

Urin mengalir mundur dari kandung kemih ke ureter (vesicoureteral reflux)

Cairan material kontras bocor keluar dari uretra

Kandung kemih tidak kosong sepenuhnya

Kelenjar prostat membesar

Apa saja yang bisa memengaruhi tes?

Alasan-alasan di bawah ini menjelaskan mengapa Anda tidak bisa melakukan tes atau hasil tes Anda mungkin tidak jelas:

  • terdapat barium (sisa dari tes barium enema yang pernah dilakukan), gas, atau feses dalam saluran pencernaan
  • tidak langsung dapat buang air kecil
  • mengeluhkan rasa sakit yang disebabkan oleh rasa sakit dari kateter yang dimasukkan. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah pada arus urinasi Anda. Anda mungkin mengalami kejang otot atau tidak mampu untuk sepenuhnya mengendurkan otot dalam kandung kemih Anda

Cystourethrogram biasanya tidak dilakukan saat masa kehamilan karena radiasi x-ray dapat berisiko pada kondisi kesehatan janin.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca