CD4

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu CD4?

Tes CD4+ adalah tes darah untuk menentukan seberapa baik sistem kekebalan tubuh bekerja pada orang yang telah didiagnosis dengan human immunodeficiency virus (HIV). CD4+ adalah jenis sel darah putih. Sel darah putih berperan penting dalam memerangi infeksi. Sel-sel CD4+ juga disebut T-limfosit, T-sel, atau sel T-helper.

HIV menginfeksi sel CD4+. Jumlah sel CD4+ membantu menentukan apakah infeksi lain (infeksi oportunistik) dapat terjadi. Pola jumlah CD4+ dari waktu ke waktu lebih penting daripada nilai tunggal CD4+ karena nilai dapat berubah dari hari ke hari. Pola CD4+ dari waktu ke waktu menunjukkan efek dari virus pada sistem kekebalan tubuh. Pada orang yang terinfeksi HIV dan tidak mendapatkan pengobatan, jumlah CD4+ umumnya menurun seiring berjalannya HIV. Tingkat CD4+ rendah biasanya menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan berisiko lebih tinggi terkena infeksi oportunistik.

Kapan saya harus menjalani CD4?

Tes ini biasanya dilakukan dengan tes viral load ketika seseorang pertama kali didiagnosis dengan HIV sebagai bagian dari pengukuran dasar. Biasanya diulang sekitar dua sampai delapan minggu setelah pengobatan anti-HIV dimulai atau diubah. Ketika pengobatan rutin dilaksanakan, tes ini harus dilakukan setiap tiga sampai empat bulan setelahnya.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani CD4?

Jumlah CD4 cenderung lebih rendah di pagi hari dan lebih tinggi di malam hari. Penyakit akut seperti pneumonia, influenza, atau infeksi herpes simplex virus, dapat menyebabkan jumlah CD4 menurun sementara. Kemoterapi kanker dapat secara dramatis menurunkan jumlah CD4.

Jumlah CD4 tidak selalu merefleksikan bagaimana kondisi seseorang dengan penyakit HIV. Sebagai contoh, beberapa orang dengan jumlah CD4 yang lebih tinggi sering jatuh sakit dan mengalami komplikasi, dan beberapa orang dengan jumlah CD4 yang lebih rendah bisa hanya memiliki sedikit komplikasi medis dan kesehariannya berfungsi dengan baik.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani CD4?

Sebelum Anda melakukan tes ini, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk bertemu dengan seorang konselor sehingga Anda memahami maksud dari hasil tes dengan kondisi infeksi HIV Anda.

Bagaimana proses CD4?

Tenaga medis yang bertugas mengambil darah Anda akan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • melilitkan ikatan elastis di sekitar lengan bagian atas Anda untuk menghentikan aliran darah. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah ikatan membesar sehingga memudahkan untuk menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh
  • membersihkan bagian yang akan disuntikkan dengan alkohol
  • menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh darah. Mungkin diperlukan lebih dari satu jarum.
  • memasangkan tabung ke jarum suntik untuk diisi dengan darah
  • melepaskan ikatan dari lengan Anda ketika pengambilan darah dirasa sudah cukup
  • menempelkan kain kasa atau kapas pada bagian yang disuntik, setelah selesai disuntik
  • memberi tekanan pada bagian tersebut dan kemudian memasang perban

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani CD4?

Ikatan elastis dililitkan di sekitar lengan bagian atas Anda dan akan terasa ketat. Anda mungkin tidak akan merasakan apa-apa saat disuntik, atau Anda mungkin merasa seperti tersengat atau dicubit.

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Hasil tes sel CD4+ umumnya tersedia dalam 1 sampai 3 hari, tergantung pada laboratorium. Skor normal yang ada pada daftar ini (disebut referensi range) hanya berfungsi sebagai panduan. Range ini bervariasi dari satu laboratorium dengan laboratorium lainnya, dan laboratorium Anda mungkin memiliki skor normal yang berbeda. Laporan laboratorium Anda biasanya akan memuat berapa range yang mereka gunakan. Dokter Anda juga akan memeriksa hasil tes Anda berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan faktor lainnya. Hal ini berarti jika hasil tes Anda masuk ke range abnormal dalam panduan ini, bisa saja di laboratorium Anda atau untuk kondisi Anda skor tersebut termasuk ke range normal.

Jumlah total CD4+
Normal: Sel CD4+ pada orang yang tidak terinfeksi HIV biasanya berkisar dari 600 sampai 1.500 sel per mikroliter (MCL).
Abnormal: Sel CD4+ lebih besar dari 350 tapi kurang dari 500 sel/MCL menunjukkan sistem kekebalan tubuh mulai melemah.
CD4+ kurang dari 350 sel/MCL menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan peningkatan risiko infeksi oportunistik.
CD4+ kurang dari 200 sel/MCL mengindikasikan adanya acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) dan risiko tinggi terkena infeksi oportunistik.

Ketika tingkat CD4+ menurun, kecenderungan berkembangnya acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) mungkin terjadi.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca