Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-12

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin 12 minggu kehamilan saya?

Menurut Baby Center, di masa ini ukuran janin sudah sebesar buah jeruk dengan kira-kira berat 15 gram dan panjang 5 cm dari kepala sampai kaki.

Otak bayi Anda di dalam kandungan pun akan terus berkembang. Kuku jari tangan dan kaki, pita suara, dan juga usus akan mulai terbentuk pada perkembangan janin kehamilan 12 minggu ini.

Sistem pencernaan bayi mulai bekerja

Selain ukuran bayi yang berubah, sistem pencernaan bayi juga mulai bekerja di usia kehamilan 12 minggu ini.

Melansir dari What to Expect, otot di dalam sistem pencernaan bayi mulai bekerja. Otot bekerja dengan melatih gerakan kontraksi dan mendorong makanan lewat saluran pencernaannya.

Selain itu, sumsum tulang janin juga mulai sibuk membuat sel darah putih yang akan membantu bayi melawan infeksi ketika dilahirkan.

Kelenjar pituitari di dasar otak juga sudah mulai memproduksi hormon untuk membantu perkembangan janin kehamilan 12 minggu.

Di masa ini, ginjal bayi sudah mulai bekerja. Setelah menyerap nutrisi dari cairan ketuban, tubuh bayi dapat menyaring dan mengeluarkan kotoran dalam bentuk urine.

Merasakan detak jantung janin

Bila di pemeriksaan sebelumnya Anda belum merasakan detak jantung si kecil, di fase ini Anda sudah bisa merasakannya. Suara detak jantung janin akan membuat jantung Anda ikut berdegup kencang.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya di perkembangan janin kehamilan 12 minggu?

Di usia kehamilan 12 minggu, ibu hamil kemungkinan akan mulai lebih percaya diri.

Anda mungkin merasa menjadi lebih cantik, kulit menjadi lebih halus, dan bercahaya yang dikenal dengan istilah pregnancy glow.

Penyebab perubahan kepercayaan diri dan penampilan ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah dan aktivitas hormon selama janin berkembang di dalam kandungan.

Hasilnya, hormon dan aliran darah ke pembuluh darah meningkatkan aktivitas kelenjar minyak.

Ini membuat wajah Anda lebih merona serta permukaan kulit lebih kencang dan halus. Namun terkadang, kondisi ini dapat menyebabkan jerawat yang tak terelakkan.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan selama kehamilan 12 minggu?

Memasuki usia 12 minggu kehamilan, janin belum membutuhkan banyak nutrisi sehingga berat badan Anda hampir tidak bertambah.

Namun, ketika Anda memasuki tiga bulan masa kehamilan, bayi memiliki kebutuhan air, energi, dan nutrisi yang lebih besar.

Anda perlu mempersiapkan pola makan baru dan gaya hidup tertentu untuk menaikkan berat badan secara stabil.

Dalam banyak kasus, berat badan Anda dapat bertambah terlalu cepat selama tahap awal kehamilan, termasuk di 12 minggu kehamilan.

Hal ini bisa jadi muncul karena Anda berpikir makan untuk dua orang, padahal sebenarnya kebutuhan gizi janin tidak banyak.

Pertambahan berat yang tidak terkendali di awal kehamilan juga bisa terjadi karena makanan yang Anda santap ketika hamil mengandung lebih banyak kalori.

Nyatanya adalah nutrisi ini hanya diperlukan untuk ibu, bukan janin di dalam kandungan.

Anda tidak perlu khawatir tentang berat badan, kecuali jika berat badan Anda turun terlalu cepat yang mampu mengganggu perkembangan janin 12 minggu kehamilan.

Silakan tetapkan tujuan dan rencana yang jelas dan masuk akal untuk mengontrol berat badan sambil memberikan nutrisi penting bagi ibu dan bayi.

Kunjungan ke Dokter/ Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan janin kehamilan 12 minggu?

Untuk membantu perkembangan janin, silakan berkonsultasi dengan dokter  untuk mengatur berat badan yang wajar dalam enam bulan ke depan.

Ini penting untuk memastikan berat badan yang stabil sampai bulan ke-8 Penting juga untuk memastikan berat Anda tidak bertambah lebih dari 15 kilogram selama kehamilan.

Anda bisa bertanya tentang pola makan yang tepat pada dokter. Nantinya, ini akan membantu mencukupi nutrisi untuk ibu hamil dan janin tanpa kenaikan berat badan berlebih.

Ibu hamil perlu meningkatkan kualitas makanan, bukan kuantitas agar kenaikan berat badan tetap terjaga di tahap wajar dan tidak mengganggu perkembangan janin.

Tes yang mungkin dibutuhkan untuk membantu di kehamilan 12 minggu

Anda dapat bertanya pada dokter kira-kira tes apa yang dibutuhkan saat ini. Nantinya dokter akan menyarankan Anda tentang tes pengukuran nuchal translucency atau USG untuk memeriksa kulit tengkuk bayi guna mendiagnosis risiko Down’s syndrome.

Ibu hamil tidak perlu khawatir karena tes ini tidak berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungan.

Anda juga mungkin akan menjalani tes darah untuk mengukur kadar protein dalam darah. Pada tes ini, dokter bisa menemukan persoalan lain yang mungkin menyebabkan komplikasi kehamilan pada janin dan ibu.

Hal ini perlu dilakukan untuk membantu memastikan perkembangan janin tetap dalam keadaan baik.

Keselamatan dan Kesehatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan di kehamilan 12 minggu?

Tentu ibu ingin janin terus berkembang dalam keadaan sehat dan baik sampai hari persalinan tiba. Untuk mewujudkannya, berikut beberapa hal perlu Anda ketahui untuk menjaga kesehatan perkembangan ibu dan janin di kehamilan 12 minggu:

1. Tidak memaksakan diri

Di usia 12 minggu kehamilan Anda mungkin belum memiliki perut yang terlalu buncit. Namun, bayi Anda sudah tumbuh dan perut Anda lama-lama akan membesar.

Saat perut Anda mulai melar, pusat gravitasi berubah. Ini akan menyebabkan Anda mengalami sakit punggung bawah. Anda juga tidak boleh memaksakan diri sendiri atau bergerak secara tiba-tiba.

Tonjolan di perut alias baby bump menandakan rahim Anda tumbuh dan dapat menekan pembuluh darah utama.

Posisi tidur ibu hamil yang paling tepat adalah tidur di menghadap kiri karena menjamin pasokan darah yang memadai dan nutrisi ke bayi.

Ini juga untuk memastikan keamanan ibu dan perkembangan janin selama kehamilan.

2. Mewaspadai anemia

Selama kehamilan, salah satu kewajiban utama Anda adalah memberikan nutrisi yang cukup untuk janin.

Jadi, pola makan makanan vegetarian tidak akan memberikan cukup asupan vitamin B1, asam folat, dan zat besi.

Zat besi dibutuhkan untuk produksi sel darah merah janin selama berkembang di dalam kandungan.

Jika Anda memiliki anemia, Anda lebih berisiko terhadap infeksi dan perdarahan saat melahirkan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya konsumsi produk hewani sehingga memiliki cukup nutrisi untuk diri sendiri dan perkembangan janin dalam kandungan.

Perkembangan janin 12 minggu kehamilan sudah lengkap dibahas. Lalu, minggu depan janin akan tumbuh seperti apa?

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Februari 13, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca