Mau Melahirkan: Pilih Dokter Kandungan Atau Bidan, Ya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Saat Anda akhirnya hamil, Anda mungkin sedikit bingung ingin melahirkan dengan dokter kandungan atau dengan bidan. Keduanya sama-sama tenaga ahli yang bisa membantu Anda melahirkan, tapi mungkin Anda hanya bingung mana yang lebih cocok untuk Anda. Nah, supaya Anda tidak bingung, kenali dulu apa saja perbedaan mendasar antara dokter kandungan dengan bidan. Simak ulasan lengkap tentang model kerja keduanya dalam artikel ini. 

Beda dokter kandungan dengan bidan

Dalam banyak kasus, wanita di kota-kota besar lebih memilih untuk melahirkan di rumah sakit didampingi seorang dokter, sementara di banyak daerah lain di Indonesia bidan justru lebih populer. Namun, seiring dengan kembali mencuatnya tren metode persalinan natural seperti water birthing yang dilakukan di rumah, peran bidan juga kini mulai menanjak lagi di kota besar.

Bagi Anda yang baru pertama kali melahirkan, memilih lahiran di mana dan diawasi oleh siapa tentu jadi dua hal yang sulit. Nah, untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, berikut beberapa perbedaan dokter kandungan dan bidan yang perlu Anda ketahui:

Jenis pendidikan yang diambil

Salah satu perbedaan besar antara dokter kandungan dan bidan terletak pada jenis pendidikan yang mereka ambil. Dokter kandungan memiliki spesialisasi dalam kehamilan dan kelahiran. Dokter kandungan menuntut ilmu di sekolah kedokteran dan dilatih untuk melakukan operasi. 

Lain lagi dengan bidan, yang terlatih dalam segala hal yang berhubungan dengan kehamilan dan kelahiran, tapi tidak menimba ilmu di sekolah kedokteran. Meskipun tidak memegang gelar dokter, kompetensi mereka tak berbeda dengan dokter dalam hal memberikan pelayanan bagi kehamilan dan kelahiran. Dokter kandungan biasanya tidak melayani panggilan rumah sehingga Anda harus melahirkan di rumah sakit atau klinik.

Para bidan memiliki spesialisasi pada risiko kehamilan rendah dan menengah pada wanita hamil yang sehat. Biasanya, tenaga medis satu ini akan menyarankan wanita memeriksakan diri ke dokter kandungan ketika ada masalah.

Namun, bidan tidak dapat melakukan operasi Caesar karena prosedur tersebut hanya bisa dilakukan oleh dokter kandungan dan dokter bedah. Beberapa bidan bisa membantu proses melahirkan di rumah dan beberapa hanya melakukannya di rumah sakit.

Seberapa serius kondisi Anda

Kondisi fisik Anda adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum akhirnya memilih untuk melahirkan dengan bantuan dokter kandungan atau bidan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apabila Anda sehat dan kondisi Anda normal, melahirkan di bidan saja cukup.

Namun, bila kondisi kesehatan Anda tidak normal, seperti bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, epilepsi, penyakit jantung, atau diabetes, dan komplikasi serius tertentu pada kehamilan sebelumnya, risiko Anda tinggi dan Anda akan membutuhkan spesialis Maternal-Fetal Medicine (MFM), dokter ahli dalam masalah kehamilan berisiko tinggi.

Jika Anda sebelumnya menggunakan jasa bidan dan di tengah jalan terdapat masalah, seperti kelahiran prematur atau preeklampsia, bahkan jika Anda ternyata mengandung anak kembar, bidan yang baik biasanya akan merekomendasikan Anda untuk segera pergi ke dokter kandungan atau perinatologis.

Namun, tergantung kondisi Anda juga, Anda bisa menggunakan jasa bidan atau dokter kandungan secara berbarengan, jika memungkinkan dan jika Anda memang memerlukannya.

Beda kebutuhan

Kedua tenaga medis ini memiliki model kerja yang berbeda. Tergantung Anda, ketika Anda memilih untuk menggunakan jasa bidan, maka Anda akan mengikuti cara kerja tenaga medis tersebut. Begitu pun sebaliknya.

Di bawah kerja bidan, kehamilan dan kelahiran anak betul-betul dipertimbangkan sebagai kejadian yang alamiah, bukan medis. Fokusnya adalah perawatan dan pencegahan selama kehamilan. Konsultasi selama masa kehamilan dengan tenaga medis ini umumnya waktunya panjang sehingga Anda bisa mengajukan lebih banyak pertanyaan seputar kehamilan dan nutrisi.

Dalam banyak kasus, kinerja tenaga medis ini terbukti mengurangi potensi operasi Caesar dan intervensi lainnya, termasuk penggunaan vakum dan gunting tang. Pasalnya, model kerja tenaga medis ini berupa “lihat dan tunggu” saat proses melahirkan. Artinya, intervensi medis tidak digunakan kecuali ada kebutuhan medis.

Sedangkan dokter kandungan, biasanya lebih mungkin melakukan intervensi karena cara kerja mereka menggunakan manajemen medis, yang tujuannya lebih untuk “mengendalikan” kelahiran Anda. Ia bisa mengintervensi kelahiran, seperti menggunakan pitocin untuk mempercepat kelahiran, sehingga tidak perlu melahirkan secara Caesar.

Sebelumnya, ada baiknya Anda bertanya kepada kedua tenaga medis ini tentang proses kerja mereka sebelum Anda akan melahirkan. Hal ini sangat penting, karena cara kerja mereka juga akan sangat memengaruhi diri Anda selama melahirkan nanti. Semakin Anda banyak bertanya, Anda akan semakin menemukan mana yang lebih baik dan cocok untuk Anda nantinya.

Jadi, baiknya pilih siapa?

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa dokter kandungan dan bidan sama baiknya. Apapun yang Anda pilih, dua-duanya sama saja. Hal ini tergantung kondisi Anda dan pada faktor-faktor lainnya. Contohnya seperti pengalaman apa yang Anda inginkan, Anda berencana melahirkan di mana, apakah kehamilan Anda normal atau memiliki risiko tinggi, atau apakah Anda memiliki asuransi yang bisa menutupi biaya persalinan.

Satu hal yang perlu diperhatikan baik-baik adalah soal kenyamanan. Ya, apa pun pilihan Anda, sebenarnya yang paling penting adalah memilih seseorang yang membuat Anda benar-benar nyaman, yang mengerti apa kebutuhan pribadi Anda, yang menghormati keinginan Anda, serta yang cara kerjanya cocok bagi Anda dan pasangan. Terkait hal-hal krusial ini, tentu Anda sendirilah yang bisa menentukannya.

Jadi, pastikan Anda nyaman ketika berkonsultasi dengan keduanya. Setelah itu, Anda bisa mengajak pasangan dan orang-orang terdekat untuk berdiskusi guna memastikan dan memantabkan pilihan Anda.

Baca Juga:

Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca