Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

5 Pilihan Rumah Sakit Bersalin Ibu dan Anak di Indonesia

    5 Pilihan Rumah Sakit Bersalin Ibu dan Anak di Indonesia

    Persalinan jadi momen yang paling dinanti oleh ibu dan ayah. Tentunya, banyak hal yang menjadi pertimbangan menyambut hadirnya sang buah hati, salah satunya adalah memilih rumah sakit bersalin ibu dan anak terbaik.

    Melahirkan di rumah sakit ibu dan anak terbaik tentunya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan melahirkan di bidan. Apabila ibu harus melakukan persalinan secara caesar, tentu harus dilakukan di rumah sakit karena fasilitasnya yang lebih lengkap dan memadai

    Kapan ibu hamil harus dibawa ke rumah sakit ibu dan anak terbaik? Umumnya, hal ini terkait dengan berapa lama proses pembukaan yang terjadi.

    Rata-rata dibutuhkan waktu 12 hingga 24 jam menuju pembukaan sebelum melahirkan. Saat itu juga, ibu hamil harus berada di rumah sakit bersalin yang dipilih untuk persiapan persalinannya.

    Rekomendasi rumah sakit bersalin ibu dan anak

    ibu hamil butuh perhatian suami

    Untuk Anda yang tinggal di Jakarta, Bekasi, Bandung, dan Surabaya, berikut ini rekomendasi rumah sakit bersalin ibu dan anak untuk persalinan nanti.

    1. RSAB Harapan Kita

    Bagi ibu yang berdomisili di wilayah Jakarta Barat, bisa memilih RSAB Harapan Kita sebagai rumah sakit untuk proses persalinan nanti. Terdapat dokter spesialis kandungan senior yang tentunya sudah berpengalaman dalam membantu proses persalinan, baik secara normal maupun Caesar.

    Ibu bisa memanfaatkan fasilitas pemeriksaan kehamilan hingga proses persalinan secara lengkap di RSAB Harapan Kita. Layanan unggulan yang dimiliki rumah sakit ibu dan anak terbaik di Jakarta Selatan ini adalah program Bayi Tabung Melati dan BIDIC (Birth Defects Integrated Center) untuk masalah kelainan bawaan lahir.

    2. RSIA Hermina Jatinegara

    Rumah sakit bersalin ibu dan anak Hermina Jakarta memiliki dukungan dari dokter-dokter spesialis kandungan dengan kemampuan yang mumpuni. Layanan premium ditawarkan rumah sakit ibu dan anak milik swasta ini untuk ibu, seperti Pusat Pediatrik, Obgyn, Fertilitas, Onkologi, dan Fetomaternal. RSIA Hermina Jatinegara juga memiliki fasilitas pemeriksaan Laparoskopi dan Endoskopi.

    Selain itu, dilengkapi dengan 170 tempat tidur, ICU, PICU, Bobath, Kemoterapi, dan lain sebagainya.

    3. RS MItra Keluarga

    Ibu sudah tahu belum, jika melakukan persalinan di RS Mitra Keluarga, bisa mendapatkan promo terbaik untuk melahirkan normal hingga caesar. Fasilitas yang bisa didapatkan jika bersalin di RS Mitra Keluarga Bekasi berupa ruang menyusui khusus, infant warmer, lampu blue light, foto bayi, surat keterangan lahir, hingga pembuatan akte kelahiran bayi.

    4. RSIA Hermina Pasteur

    gas tawa dalam persalinan

    Rumah sakit bersalin terbaik di Bandung ini memiliki fasilitas, seperti klinik fetomaternal hingga klinik ferina. Fasilitas lainnya yang tersedia untuk proses persalinan ibu dan anak lainnya, seperti PICU (Pediatric Intensive Care Unit) dan ICU.

    Salah satu terapi unik yang ada di RSIA Hermina Pasteur Bandung ini adalah terapi bobath. Terapi ini adalah penanganan untuk pasien yang memiliki kelainan pada sistem sarafnya.

    5. RSIA Lombok Dua Dua

    Ini merupakan salah satu rumah sakit bersalin terbaik di Surabaya yang bisa ibu pilih ketika hendak melaksanakan persalinan. Rumah sakit di Surabaya ini juga sudah terakreditasi Mutu KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit).

    Hingga saat ini, sudah lebih dari 10.000 proses persalinan yang pernah ditangani. Beberapa fasilitas yang bisa didapatkan jika memilih bersalin di RSIA Lombok Dua Dua, seperti USG 4D, laparoscopy, klinik laktasi, ruang neonatal, dan lain sebagainya.

    Itulah beberapa rekomendasi rumah sakit bersalin ibu dan anak terbaik di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Pertimbangan beberapa faktor dalam memilih rumah sakit bersalin terbaik, termasuk jarak, fasilitas dan biaya persalinan secara normal maupun caesar dapat dikonsultasikan bersama rumah sakit terkait.


    Punya pertanyaan atau cerita kehamilan?

    Yuk, gabung komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan dapatkan info menarik seputar kehamilan.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Anandito Reza Diperbarui 5 days ago
    Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
    Next article: