backup og meta
Kategori

2

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Khasiat Susu Kedelai untuk Kesuburan yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 02/01/2023

Khasiat Susu Kedelai untuk Kesuburan yang Sayang Dilewatkan

Khasiat kacang kedelai dan produk turunannya seperti susu, tahu, atau tempe sangatlah beragam, termasuk untuk kesuburan. Namun, ada juga penelitian yang menyebut bahwa senyawa di dalamnya dapat menurunkan kesuburan.

Manakah fakta yang sesungguhnya? Lalu, bisakah susu kedelai membantu terjadinya kehamilan?

Benarkah kacang kedelai menurunkan kesuburan?

Anggapan kacang kedelai bisa menurunkan kesuburan adalah salah. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dirilis dalam Oxford Academic pada 2008.

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa konsentrasi sperma pada pria yang banyak mengonsumsi kedelai cenderung lebih rendah. Namun, semuanya masih dalam batas normal.

Jadi, konsumsi kedelai pada pria meningkatkan volume cairan ejakulasi, tapi jumlah sel sperma tidak ikut bertambah. Kondisi itulah yang membuat konsentrasi sperma terlihat lebih rendah.

Rendahnya konsentrasi sperma bukan berarti merusak bentuk dan kemampuan bergerak sperma. Kualitas sperma tetap terjaga dan dapat membuahi sel telur dengan baik.

Khasiat susu kedelai untuk kesuburan

khasiat susu kedelai untuk kesuburan

Terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat, konsumsi kacang kedelai faktanya dapat meningkatkan kesuburan. Namun, manfaat ini lebih banyak didapatkan oleh wanita.

Berikut beberapa manfaat kacang kedelai, terutama dalam bentuk susu, untuk kesuburan wanita.

1. Mengatasi obesitas

Obesitas dapat mengganggu kesuburan pada wanita. Pasalnya, tingginya hormon leptin pada orang-orang dengan kelebihan berat badan mengganggu keseimbangan hormon kesuburan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa minum susu kedelai secara rutin. Tidak hanya rendah kalori, kandungan serat dan protein yang tinggi di dalamnya dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Hal tersebut dapat membantu Anda menurunkan dan mencapai berat badan ideal. Namun, Anda harus tetap mengimbanginya dengan pola makan sehat rendah lemak.

2. Merangsang ovulasi

Kadar hormon estrogen yang rendah dalam tubuh dapat membuat wanita sulit hamil. Ini disebabkan karena hormon estrogen memiliki peranan untuk merangsang ovulasi.

Konsumsi susu kedelai dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Kandungan isoflavon dalam susu kedelai memiliki khasiat untuk kesuburan karena bisa meningkatkan produksi hormon estrogen.

Maka dari itu, susu kedelai secara tidak langsung bermanfaat untuk pasangan yang sedang menjalani program kehamilan (promil).

3. Memaksimalkan fungsi ovarium

Khasiat susu kedelai untuk kesuburan juga berasal dari kandungan asam folatnya. Senyawa ini dapat membantu metabolisme sel di seluruh tubuh, termasuk ovarium.

Ketika proses metabolisme sel berjalan dengan baik, kesehatan ovarium juga akan terjaga dengan baik. Hasilnya, proses produksi sel telur pun akan berjalan lancar.

Selain meningkatkan kesuburan, asam folat juga bermanfaat untuk menjaga janin tetap sehat. Kekurangan vitamin ini dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir cacat.

4. Mengatasi siklus haid yang tidak teratur

Siklus haid tidak teratur berpotensi mengganggu kesuburan wanita. Kondisi ini biasanya terjadi akibat kadar hormon estrogen dalam tubuh yang terlalu sedikit.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, susu kedelai mengandung isoflavon. Senyawa ini bisa merangsang produksi estrogen dalam tubuh.

Ketika produksinya berjalan dengan baik, risiko terjadinya gangguan siklus haid akan ikut berkurang. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengetahui masa subur.

5. Mengurangi stres

susu kedelai mengurangi stres

Stres dapat mengganggu kemampuan wanita untuk hamil. Penelitian menunjukkan, wanita dengan riwayat depresi dua kali lebih berisiko mengalami gangguan kesuburan.

Konsumsi susu kedelai dapat membantu mengurangi stres. Kemampuan tersebut tidak lepas dari kandungan vitamin B6 di dalamnya.

Selain itu, susu kedelai juga mengandung magnesium. Mineral ini berperan dalam produksi hormon serotonin yang membantu menenangkan pikiran.

6. Melawan Bisphenol-A

Ketika masuk dalam tubuh, senyawa bisphenol-A dapat mengakibatkan ketidaksuburan pada wanita. Zat kimia ini biasanya berasal dari wadah makanan plastik yang terpapar suhu tinggi.

Fitokimia dalam susu kedelai dapat membantu melawan bisphenol-A yang masuk dalam tubuh. Dengan begitu, risiko gangguan kesuburan dapat berkurang.

Meski punya banyak manfaat untuk kesuburan, konsumsinya tetap tidak boleh berlebihan. Bukannya menyehatkan, konsumsi susu kedelai berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Untuk mengetahui batas maksimal konsumsi kedelai, konsultasikan ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran sesuai kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Fakta seputar khasiat susu kedelai untuk kesuburan

  • Merangsang ovulasi lewat kandungan isoflavon di dalamnya.
  • Mengatasi obesitas pada wanita yang mengalami masalah kesuburan akibat kelebihan berat badan.
  • Memetabolisme sel ovarium agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.
  • Mengurangi stres yang dapat mengakibatkan gangguan kesuburan, lewat kandungan vitamin B6 dan magnesium di dalamnya.
  • Melawan bisphenol-A dalam tubuh yang bisa menjadi penyebab ketidaksuburan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 02/01/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan