Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Apakah Benar Kemangi Memiliki Manfaat untuk Kesuburan?

Apakah Benar Kemangi Memiliki Manfaat untuk Kesuburan?

Memiliki keturunan menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh banyak pasangan. Bahkan, tidak jarang pasangan yang mau mencoba banyak karena susah punya anak, mulai dari pengobatan herbal hingga prosedur medis, seperti bayi tabung (IVF). Salah satu tanaman herbal yang diduga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan sistem reproduksi adalah kemangi. Benarkah ada manfaat kemangi untuk kesuburan atau hanya mitos belaka?

Kandungan zat dalam kemangi

manfaat kemangi untuk kesuburan

Sebelum mencari tahu potensi manfaat kemangi untuk kesuburan, Anda perlu mengulik kandungan nutrisinya terlebih dahulu.

Kemangi memiliki susunan fitokimia (zat tanaman) yang kompleks. Para peneliti telah menemukan bahwa daun kemangi mengandung sejumlah zat, yang meliputi berikut ini:

  • protein,
  • karbohidrat,
  • niacin (vitamin B3),
  • thiamin,
  • vitamin A, C, K, dan E,
  • kalium,
  • kalsium,
  • magnesium,
  • flavonoid,
  • eugenol,
  • 1-8 cineole,
  • boron,
  • arginin,
  • anethole,
  • stigmasterol,
  • tanin, dan
  • zinc.

Zat-zat tersebut yang terkandung di dalam kemangi dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Apakah benar kemangi memiliki manfaat untuk kesuburan?

Kemangi merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang diduga orang bermanfaat untuk kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Meski begitu, penting diketahui bahwa manfaat kemangi untuk kesuburan belum dapat dipastikan secara pasti.

Penelitian juga perlu dilakukan untuk memastikan keamanan mengonsumsi kemangi pada kondisi tertentu.

Berdasarkan penelitian pada binatang dalam jurnal Nutrition Today, terdapat jenis kemangi yang berisiko mengganggu kesuburan jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

Itu sebabnya, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan efek kemangi pada manusia.

Potensi manfaat kemangi untuk meningkatkan kesuburan

manfaat kemangi untuk kesuburan

Meski beberapa jenis kemangi dikhawatirkan menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesuburan, ada beberapa jenis yang diduga bisa meningkatkan peluang kesuburan.

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, ada dugaan bahwa kemangi berpotensi memiliki manfaat tersendiri untuk meningkatkan kesuburan.

Namun, secara keseluruhan, untuk jenis kemangi tertentu yang berpotensi bermanfaat bagi kesuburan bisa didapat dari dari zat-zat yang terkandung di dalamnya.

Secara lebih rinci, jika dilihat berdasarkan zat di dalamnya, berikut ini adalah sejumlah potensi manfaat kemangi untuk kesuburan.

Manfaat kemangi untuk kesuburan wanita

Kesuburan wanita memiliki peran penting dalam menentukan kehamilan. Ini karena proses pembuahan terjadi di dalam kandungan, maka kesiapan dan kematangan ovum (sel telur) sangat penting agar proses pembuahan dapat terjadi.

Oleh karena itu, wanita perlu menghitung masa suburnya, yaitu saat pelepasan sel telur dari ovarium ke rahim. Di periode ini, sel telur berada pada kondisi siap untuk dibuahi.

Selain itu, kesehatan organ reproduksi wanita juga sangat penting agar kehamilan dapat terjadi. Nah, beberapa potensi manfaat kemangi untuk kesuburan wanita di antaranya sebagai berikut.

1. Membantu membuang racun di tubuh

Mengkonsumsi kemangi dapat membantu detoksifikasi atau proses pembuangan racun dari dalam tubuh dan membuat metabolisme menjadi lebih lancar.

Hal ini akan membuat tubuh wanita lebih sehat sehingga membuat tubuh siap untuk hamil.

2. Menjaga organ reproduksi tetap sehat

Untuk menunjang kehamilan, organ reproduksi pada wanita perlu berada dalam kondisi sehat dan terhindar dari segala gangguan atau penyakit pada organ reproduksi.

Salah satu masalah terkait organ reproduksi wanita yakni keputihan yang terjadi akibat infeksi bakteri.

Zat eugenol di dalam kemangi berfungsi sebagai antibakteri sehingga dapat membantu mencegah terjadinya keputihan.

3. Memperbaiki sistem reproduksi

Selain menjaga organ reproduksi, zat-zat di dalam kemangi berpotensi membantu memperbaiki sistem reproduksi.

Zat anethole dan boron dalam kemangi sangat baik untuk merangsang hormon estrogen. Hormon tersebut dapat membuat sistem reproduksi wanita menjadi lebih baik.

4. Merangsang kesiapan ovum

Sebagaimana disebutkan bahwa kesiapan ovum sangat penting dalam proses awal kehamilan, manfaat selanjutnya dari kemangi untuk kesuburan yaitu merangsang kesiapan ovum.

Kemangi mengandung stigmasterol yang berpotensi untuk merangsang sel telur. Zat ini juga akan memastikan agar sel telur lebih cepat siap untuk ovulasi dan dibuahi.

5. Meningkatkan libido

Melansir dari University of Rochester Medical Center, manfaat lainnya dari kemangi untuk sistem reproduksi yaitu berfungsi sebagai afrodisiak alami yang berpotensi membantu meningkatkan libido pada wanita.

Manfaat kemangi untuk kesuburan pria

Kualitas kesuburan pria sama pentingnya untuk menentukan kehamilan. Dari sisi pria, berikut beberapa potensi kemangi untuk memperbesar peluang kesuburan.

1. Mengatasi ejakulasi dini dan meningkatkan kualitas sperma

Kandungan 1-8 cineol dalam kemangi berpotensi untuk mengatasi masalah seksual pada pria, salah satunya yaitu ejakulasi dini.

Selain itu, zat ini juga dapat meningkatkan kualitas sperma. Kualitas sperma yang baik akan menentukan proses pembuahan.

Daun kemangi berpotensi meningkatkan sistem kekebalan sperma, sehingga mampu mencapai sel telur dan membuahinya. Dengan begitu, sperma diharapkan mampu membuahi sel telur dengan baik.

2. Mencegah dan mengatasi infertilitas

Infertilitas, atau disebut juga kemandulan, merupakan salah satu gangguan kesuburan yang sangat ditakuti baik oleh pria maupun wanita.

Daun kemangi mengandung arginin yang berpotensi mencegah dan mengatasi kemandulan.

3. Meningkatkan vitalitas

Gabungan antara zat arginine dan 1-8 cineole yang terkandung dalam kemangi berpotensi meningkatkan vitalitas pria. Proses pembuahan ditentukan oleh sejumlah faktor, salah satunya yaitu vitalitas yang tinggi.

Periksakan diri ke dokter untuk mengatasi gangguan kesuburan

Pengalaman Azoospermia, 9 tahun tak kunjung dikaruniai anak

Manfaat kemangi untuk kesuburan yang telah disebutkan di atas mungkin tampak menarik dan membuat Anda ingin mencoba menggunakan kemangi untuk meningkatkan kesuburan.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Sampai saat ini, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah kemangi benar bermanfaat untuk kesuburan atau tidak.

Langkah yang paling sesuai jika Anda mengalami gangguan kesuburan, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter terkait kondisi yang Anda dan pasangan alami.

Dengan begitu, Anda bisa memperoleh penanganan yang aman dan tepat.


Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bacanlı, M., Başaran, A., & Başaran, N. (2015). The antioxidant and antigenotoxic properties of citrus phenolics limonene and naringin. Food And Chemical Toxicology, 81, 160-170. doi: 10.1016/j.fct.2015.04.015  

Gülçin, İ. (2011). Antioxidant Activity of Eugenol: A Structure–Activity Relationship Study. Journal Of Medicinal Food, 14(9), 975-985. doi: 10.1089/jmf.2010.0197 

Phaniendra, A., Jestadi, D., & Periyasamy, L. (2014). Free Radicals: Properties, Sources, Targets, and Their Implication in Various Diseases. Indian Journal Of Clinical Biochemistry, 30(1), 11-26. doi: 10.1007/s12291-014-0446-0 

Rasul, A., & Akhtar, N. (2011). Formulation and in vivo evaluation for anti-aging effects of an emulsion containing basil extract using non- invasive biophysical techniques. Daru : journal of Faculty of Pharmacy, Tehran University of Medical Sciences, 19(5), 344–350. 

Sienkiewicz, M., Łysakowska, M., Pastuszka, M., Bienias, W., & Kowalczyk, E. (2013). The Potential of Use Basil and Rosemary Essential Oils as Effective Antibacterial Agents. Molecules, 18(8), 9334-9351. doi: 10.3390/molecules18089334

Tenore, G., Campiglia, P., Ciampaglia, R., Izzo, L., & Novellino, E. (2016). Antioxidant and antimicrobial properties of traditional green and purple “Napoletano” basil cultivars (Ocimum basilicum L.) from Campania region (Italy). Natural Product Research, 31(17), 2067-2071. doi: 10.1080/14786419.2016.1269103

(2022). Retrieved 23 March 2022, from https://www.researchgate.net/publication/266370817_Effects_of_basil_Ocimum_basilicum_on_spermatogenesis_in_rats 

(2022). Retrieved 23 March 2022, from https://www.urmc.rochester.edu/medialibraries/urmcmedia/fertility-center/education/documents/fertility-diet.pdf 

Singletary, K. (2018). Basil: A Brief Summary of Potential Health Benefits. Nutrition Today, 53(2), 92-97. doi: 10.1097/nt.0000000000000267

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Apr 11
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita