home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Meskipun sedang hamil, seorang ibu tetap saja masih direpotkan dengan urusan pekerjaan rumah tangga. Ada sebagian orang yang bilang kalau ibu hamil tak seharusnya mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Sebenarnya, ibu hamil boleh melakukan pekerjaan rumah tangga atau tidak? Apakah semua pekerjaan rumah tangga saat hamil aman untuk dilakukan?

Melakukan pekerjaan rumah tangga saat hamil, apakah boleh?

Sebenarnya, ibu hamil masih bisa kok melakukan beberapa pekerjaan rumah yang ringan, karena seorang ibu hamil juga harus melakukan aktivitas fisik sehari-hari. melakukan pekerjaan rumah yang ringan tentu dapat membuatnya terus aktif dan bergerak.

Beberapa pekerjaan rumah tangga yang ringan yang dapat dilakukan saat hamil, seperti mencuci piring atau menyapu lantai. Namun, pastikan bahwa kehamilan Anda dalam keadaan baik-baik saja dan tak memiliki risiko apapun. Jika memang kehamilan Anda dalam kondisi berisiko tinggi atau mengalami suatu komplikasi, maka sebaiknya tinggalkan dulu pekerjaan rumah untuk sementara.

Pekerjaan rumah tangga saat hamil yang harus dihindari

Memang tak semua pekerjaan rumah dapat dilakukan oleh ibu hamil. Anda harus bisa memilih-milih mana aktivitas atau pekerjaan yang ringan dan tak menyebabkan masalah pada kehamilan Anda. berikut adalah beberapa pekerjaan rumah saat hamil yang harus Anda hindari, karena meningkatkan risiko komplikasi kehamilan:

Mengangkat beban berat

Memindahkan atau mengangkat barang merupakan pekerjaan rumah tangga yang dapat meningkatkan risiko keguguran, persalinan prematur, dan bayi berat badan lahir rendah.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengangkat beban berat cenderung berisiko alami preeklampsia dan komplikasi ketika kehamilan. Bila Anda harus memindahkan barang ketika melakukan pekerjaan rumah, maka sebaiknya Anda meminta tolong orang lain di sekitar Anda.

Menggunakan produk pembersih yang mengandung zat kimia

Ibu hamil harus menghindari produk pembersih yang aman dan tak beracun. Beberapa pembersih mengandung glycol ethers yang diketahui dapat meningkatkan risiko komplikasi dan keguguran pada ibu hamil.

Kandungan lain yang mungkin menyebabkan masalah pada kehamilan yaitu, phenols yang dapat mengakibatkan kecacatan lahir. Hindari penggunaan semprotan disinfektan yang juga dapat meningkatkan risiko komplikasi.

Tips aman melakukan pekerjaan rumah tangga saat hamil

Selain itu, ada hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan pekerjaan rumah saat hamil, yaitu:

  • Pastikan area atau ruangan yang Anda bersihkan memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik.
  • Gunakan sarung tangan dan pakaian yang dapat melindungi kulit Anda, ketika membersihkan rumah.
  • Selalu baca cara penggunaan produk pembersih terlebih dahulu.
  • Anda dapat menggunakan produk pembersih yang alami seperti baking soda dan cuka.
  • Hentikan bila Anda merasa tubuh Anda tidak enak, atau Anda mengalami beberapa gejala seperti kelelahan, pusing, penglihatan kabur, suhu tubuh berubah, dan kram.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Baby Center. (2017). Four household chores to avoid during pregnancy | BabyCenter. [online] BabyCenter. Available at: https://www.babycenter.com/0_four-household-chores-to-avoid-during-pregnancy_10317892.bc  [Accessed 13 Jun. 2017].

WebMD. (2017). Pregnant, With Housework to Do. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/baby/pregnant-with-housework-to-do#1  [Accessed 13 Jun. 2017].

Parents. (2006). 6 Hidden Home Hazards During Pregnancy. [online] Available at: http://www.parents.com/pregnancy/my-body/is-it-safe/6-hidden-home-hazards-during-pregnancy/  [Accessed 13 Jun. 2017].

WebMD. (2017). What to Avoid When You’re Expecting. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/baby/features/what-to-avoid-when-youre-expecting#1  [Accessed 13 Jun. 2017].

Ireland, K. (2013). Can Sweeping & Mopping While Pregnant Hurt the Baby?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/497173-can-sweeping-mopping-while-pregnant-hurt-the-baby/  [Accessed 13 Jun. 2017].

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 03/02/2021
x