Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kehamilan Kriptik

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kehamilan yang tidak disadari atau kehamilan kriptik adalah sebuah fenomena langka yang terjadi satu kali dalam 475 kasus seputar kehamilan. Maka itu, diperlukan pemahaman lebih seputar kehamilan yang lebih dikenal dengan denial of pregnancy ini. 

Apa itu kehamilan kriptik?

Kehamilan kriptik atau denial of pregnancy adalah sebuah kondisi ketika seorang wanita tidak sadar bahwa dirinya hamil. Hal ini disebabkan para wanita tersebut umumnya divonis tidak dapat memiliki anak, akan menjalani sterilisasi, atau mengalami gejala kehamilan yang tidak begitu terlihat. 

Mereka yang mengalami kondisi ini biasanya memiliki kadar hCG yang rendah, sehingga kehamilan tidak terdeteksi. Tes hormon hCG dalam darah dan urine biasa dilakukan untuk melihat apakah pasien sedang hamil atau mengalami proses kehamilan yang tidak normal. 

Berbagai gejala kehamilan kriptik

Pada dasarnya, gejala kehamilan kriptik hampir sama dengan tanda-tanda kehamilan normal. Akan tetapi, ketika tes kehamilan dilakukan, hasilnya negatif. Hal ini tentu membuat Anda tidak yakin apakah Anda memang hamil atau tidak.

Beberapa gejala yang mungkin muncul pada kehamilan kriptik, antara lain: 

  • Perdarahan atau flek saat kehamilan berlangsung dan disangka awal dari siklus menstruasi.
  • Mual dan muntah pada awal kehamilan dianggap sebagai gejala dari penyakit lain. 
  • Janin berada di bagian belakang rahim menuju tulang belakang, sehingga tidak terlihat saat pemeriksaan. 
  • Pergerakan janin di dalam rahim hampir mirip dengan perut kembung atau gejala gangguan pencernaan. 
  • Menstruasi tidak teratur, sehingga merasa wajar ketika haid lewat dari tanggal biasa. 

Anda mungkin merasakan gejala-gejala kehamilan, namun, vonis dokter yang mengatakan Anda tidak bisa memiliki anak mungkin membuat Anda percaya bahwa Anda sedang tidak hamil.

Cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter ketika gejala-gejala di atas terus berulang dan tak kunjung hilang. Pemeriksaan akan memberikan Anda jawaban yang lebih pasti. 

Mengapa seseorang tidak sadar dirinya hamil?

Umumnya, seseorang yang tidak sadar dirinya hamil—alias mengalami kehamilan kriptik—disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh dan Anda tentu tidak menyadari hal tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang mungkin dapat memicu kehamilan yang tidak disadari sampai proses persalinan. 

1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS atau sindrom ovarium polikistik adalah gangguan keseimbangan hormon wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron yang tidak seimbang. Gangguan ini bisa saja membuat wanita jadi tidak subur dan menstruasi tidak teratur. 

Oleh karena itu, penderita PCOS sering mengalami kesulitan untuk mendapatkan anak karena mempunyai kista kecil pada ovariumnya. 

2. Baru saja mengalami kehamilan

cara melahirkan normal

Kehamilan kriptik pada wanita yang baru saja hamil dan melahirkan, biasanya terjadi karena mereka kurang memerhatikan bahwa ada saja kemungkinan untuk terjadinya kehamilan yang berdekatan.  

Misalnya, haid yang tidak teratur sering diartikan sebagai pemulihan postpartum. Akibatnya, mereka menganggap gejala tersebut adalah normal terjadi pada orang yang baru saja melahirkan.

3. Perimenopause

Kondisi perimenopause biasa terjadi pada wanita yang akan mengalami menopause, yaitu ketika menstruasi terjadi lebih jarang dan pada akhirnya berhenti sama sekali. Akibatnya, gejala kehamilan, seperti kenaikan berat badan dan ketidakstabilan hormon sering dianggap sebagai gejala perimenopause. 

Oleh karena itu, bila Anda mengalami gejala perimenopause yang mirip dengan kehamilan, mengonsultasikannya ke dokter mungkin adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan jawaban pasti. 

4. Penggunaan pil KB

efek minum pil kb

Kehamilan kriptik bisa terjadi pada mereka yang menggunakan pil KB.

Wanita yang menggunakan pil KB biasanya tidak percaya jika dirinya hamil. Oleh karena itu, ketika gejala kehamilan normal muncul dengan tidak begitu jelas, mereka cenderung tidak yakin dan tidak sadar bahwa dirinya memang tengah hamil. 

Pil KB dan alat kontrasepsi lainnya memang efektif untuk mencegah kehamilan. Akan tetapi, terdapat beberapa kasus yang memungkinkan kehamilan terjadi meskipun sudah meminum pil KB, seperti: 

  • Tidak rutin mengonsumsinya
  • Muntah setelah menelan pil KB
  • Obat-obatan yang digunakan bersamaan dengan pil KB

5. Kadar lemak tubuh rendah

banyak makan tapi tetap kurus

Para atlet wanita atau mereka yang senang berolahraga biasanya memiliki kadar lemak tubuh yang rendah. Selain kekurangan nutrisi dan elektrolit yang menjadi tidak seimbang, kadar lemak tubuh yang rendah ternyata juga berdampak pada kesuburan wanita. 

Kondisi ini ditandai dengan haid yang tidak teratur. Akibatnya, saat mengalami tanda awal hamil yang agak samar, seperti telat datang bulan, mereka akan menganggap bahwa itu adalah hal yang wajar dan terjadilah kehamilan kriptik. 

Berapa lama kehamilan kriptik dapat berlangsung?

hamil anggur

Periode kehamilan kriptik sebenarnya sangat bervariasi. Ada yang menyadarinya ketika sesaat sebelum melahirkan dan ada pula yang menyadarinya beberapa bulan setelah hamil. 

Beberapa kasus seputar kehamilan kriptik juga berakhir dengan kelahiran prematur karena kurangnya perhatian terhadap gaya hidup, seperti pola makan.

Sampai saat ini, belum ada penelitian lebih lanjut tentang berapa lama kehamilan kriptik berlangsung dengan pasti. 

Alasan kehamilan kriptik tidak terdeteksi oleh tes kehamilan

manfaat usg

Seseorang bisa tidak sadar dirinya hamil dan mengalami kehamilan kriptik karena hasil pemeriksaan juga mengatakan demikian. Tes kehamilan yang menggunakan urine hingga USG memang bisa jadi tidak dapat mendeteksi kehamilan seseorang, karena:

  • Kadar hCG rendah, sehingga hasil tes kehamilan yang dilakukan di rumah menjadi negatif. 
  • Janin tidak berada di tempat yang sewajarnya, seperti di belakang rahim menuju tulang belakang. 
  • Bentuk rahim yang tidak normal
  • Adanya kesalahan teknis pada mesin USG

Kehamilan kriptik terjadi akibat hormon progesteron dan estrogen yang tidak seimbang di dalam tubuh wanita. Akibatnya, gejala kehamilan awal sering disalahartikan sebagai penyakit lain.

Oleh karena itu, bila Anda merasa mengalami penyebab kehamilan kriptik dan mengalami gejala tertentu, silakan konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca