Bagaimana Prosedur USG Saat Hamil Dilakukan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Mei 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

USG saat hamil merupakan salah satu pemeriksaan rutin untuk melihat kondisi bayi Anda. USG akan dilakukan pada trimester pertama maupun kedua, atau sesuai anjuran dokter. Lantas, bagaimana prosedur USG kehamilan?

Apa yang harus dilakukan sebelum USG kehamilan?

tanda kehamilan

Pada saat awal kehamilan, jika Anda akan melakukan USG, Anda perlu mengisi penuh kandung kemih Anda dengan cara minum 2-3 gelas air putih pada 1-2 jam sebelum pemeriksaan.

Hal ini diperlukan agar mendapatkan gambaran yang jelas pada janin Anda dan alat reproduksi Anda. Sebaiknya Anda tidak mengeluarkan urin Anda hingga pemeriksaan USG dilakukan.

Selain itu, sebelum memulai USG, sebaiknya Anda juga memberitahu semua obat yang sedang Anda minum, baik obat medis ataupun herbal. Ikuti petunjuk spesifik lainnya dari dokter Anda.

Apa yang dilakukan saat USG kehamilan?

Saat USG, Anda diminta untuk berbaring di atas tempat tidur. Kemudian Anda akan dioleskan gel pelumas khusus di kulit. Ini digunakan untuk mencegah gesekan yang bisa melukai kulit saat bagian transduser ultrasound digerakan di atas kulit.

Transduser merupakan bagian alat USG yang berbentuk mirip seperti mikrofon, yang akan memancarkan gelombang suara. Gel ini juga membantu meneruskan gelombang dari alat USG lebih efektif .

Transduser kemudian ditempelkan pada bagian kulit yang sudah diolesi oleh gel sambil digerak-gerakan. Alat transduser USG itu bekerja dengan menyebarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi.

Lalu, ketika ada objek dalam tubuh misalnya ada organ, atau ada tulang alat ini akan memberikan sinyal pantulan ke komputer. Sinyal pantulan ini akan membentuk gambaran yang nantinya akan dijelaskan oleh dokter hasilnya.

Dalam beberapa kasus, USG tidak bisa menghasilkan gambar yang cukup jelas, mungkin karena terlalu banyak udara dalam usus dan kondisi lainnya. Maka itu, USG ini dimasukkan ke dalam vagina yang disebut sebagai USG transvaginal. Biasanya USG jenis ini dilakukan pada saat awal kehamilan untuk memastikan apakah kehamilan Anda berkembang rahim atau tidak.

Setelah selesai menggunakan alat USG, dokter akan memeriksa gambar hasil tersebut dan kemudian menjelaskan hasilnya pada Anda.

USG dalam kehamilan diperlukan untuk mengetahui perkembangan janin, kemungkinan kehamilan ganda hingga abnormalitas janin. Prosedur ini paling sering dilakukan saat kehamilan karena tidak invasif, tidak nyeri dan aman bagi janin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bolehkah Ibu Menjalani Diet Saat Hamil?

Sebagai perempuan, Anda memiliki rasa kekhawatiran akan penampilan Anda meski saat hamil. Namun, bolehkah ibu menjalani diet saat hamil?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

Yang Harus Dilakukan Saat Kepala Bayi Terbentur

Kebanyakan kasus kepala bayi terbentur tidak bersifat fatal. Untuk membantu pemulihan dan menangani luka yang muncul di rumah, perhatikan panduan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Masturbasi Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Masturbasi saat hamil kabarnya mampu memberikan kenikmatan yang lebih memuaskan daripada hubungan seksual. Namun, apakah aman?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat, Seks & Asmara 11 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perkembangan janin 14 minggu

Kapan Boleh Mencoba Hamil Lagi Setelah Keguguran?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kecemasan ibu hamil menjelang persalinan

Menghadapi 7 Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10 September 2020 . Waktu baca 5 menit
pelumas seks lubrikan bikin susah hamil

Hati-hati, Pelumas Seks Bisa Bikin Susah Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit
bernafas dalam kandungan

Bagaimana Cara Bayi Bernapas Saat Masih dalam Kandungan?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 3 menit