home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ternyata Teh Chamomile Belum Tentu Aman Bagi Ibu Hamil. Kenapa?

Ternyata Teh Chamomile Belum Tentu Aman Bagi Ibu Hamil. Kenapa?

Saat hamil, ibu perlu cermat dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi, termasuk teh. Hal ini karena tidak semua teh aman untuk diminum saat hamil. Lantas, apakah teh chamomile untuk ibu hamil aman dan diperbolehkan? Berikut ulasannya.

Apakah aman minum teh chamomile untuk ibu hamil?

manfaat teh chamomile

Michael Greger M.D. FACLM, ahli gizi klinis di New York, Amerika Serikat menyatakan bahwa chamomile memiliki sifat antiradang yang sangat kuat. Pada ibu hamil, minum teh chamomile secara rutin dan dalam porsi yang terlalu banyak berisiko menyebabkan masalah jantung yang serius pada janin.

Namun, risiko ini juga disesuaikan dengan riwayat kesehatan, berapa banyak yang dikonsumsi, dan faktor-faktor lainnya. Selain itu, belum ada cukup penelitian yang membuktikan apakah teh chamomile benar-benar akan berdampak buruk pada kehamilan atau tidak.

Oleh karena itu, Anda perlu mendiskusikan terlebih dahulu ke dokter kandungan sebelum minum teh herbal yang satu ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko bahaya yang mungkin terjadi untuk Anda dan janin. Dokter juga biasanya akan memberikan alternatif minuman lain yang lebih aman untuk ibu hamil.

Lalu, apa teh herbal yang aman untuk ibu hamil?

perbedaan teh hijau dan teh hitam

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Midwifery Guidelines for Optimal Nutrition and Exercise in Pregnancy di George Washington University, teh daun respberry termasuk minuman yang aman untuk ibu hamil.

Teh herbal yang satu ini telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kesuburan, meredakan kram menstruasi, menyediakan nutrisi selama kehamilan, serta mempersiapkan persalinan. Data juga menyebutkan bahwa teh yang satu ini kaya akan kalsium dan mampu mengencangkan rahim.

Namun, ingatlah bahwa Anda tidak disarankan untuk minum teh penurun berat badan. Bahkan, Anda tetap perlu mengonsultasikan ke dokter sebelum minum teh yang bahkan diberi label “aman untuk ibu hamil”.

Alternatif minuman lain yang aman untuk wanita hamil

tidak suka air putih

Daripada Anda ragu apakah teh yang Anda minum aman atau tidak, lebih baik cari alternatif minuman lainnya. Menurut Kimberly Dishman, MSN, WHNP-BC, RNC-OB, jahe termasuk salah satu herbal yang direkomendasikan untuk membantu menghangatkan tubuh dan meredakan mual di trimester pertama kehamilan.

Namun, tetap saja minuman terbaik untuk ibu hamil adalah air putih. Usahakan untuk banyak minum air selama kehamilan agar cairan tubuh tetap seimbang dan Anda terhindar dari dehidrasi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chamomile Tea May Not Be Safe During Pregnancya

https://nutritionfacts.org/video/chamomile-tea-may-not-be-safe-during-pregnancy/  accessed on January 9th 2019

Chamomile Tea While Pregnant: Is It Safe?

https://www.healthline.com/health/pregnancy/chamomile-tea accessed on January 9th 2019

Is Chamomile Tea Safe During Early Pregnancy?

https://www.livestrong.com/article/435177-is-chamomile-tea-safe-during-early-pregnancy/ accessed on January 9th 2019

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 21/01/2019
x