4 Manfaat Mandi Air Garam Epsom Saat Hamil dan Cara Pakainya

    4 Manfaat Mandi Air Garam Epsom Saat Hamil dan Cara Pakainya

    Sebagian ibu hamil memilih mandi air hangat untuk membantu meredakan pegal-pegal, sakit punggung, dan rasa lelah. Katanya, kalau Anda menambahkan menambahkan garam Epsom ke dalam air hangat, keluhan-keluhan saat hamil tersebut akan semakin cepat reda. Namun pertanyaannya, apakah mandi air garam Epsom aman untuk ibu saat hamil?

    Apa itu garam Epsom?

    diet tanpa garam

    Sama seperti namanya, garam Epsom ditemukan pertama kali di sebuah kota di Inggris yang bernama Epsom. Karena itu pula, banyak orang yang menyebut garam Epsom dengan sebutan garam Inggris.

    Walaupun bentuk dan warnanya mirip dengan garam pada umumnya, garam Epsom bukanlah jenis garam biasa. Ini karena garam Epsom tidak mengandung natrium klorida.

    Garam Epsom terbuat dari campuran senyawa magnesium dan sulfat, yakni dua mineral alami yang dikristalisasi dan berbentuk seperti garam.

    Apakah mandi air garam Epsom saat hamil itu aman?

    Katanya, mandi air garam Epsom dapat membantu meringankan berbagai masalah kehamilan, seperti sakit punggung dan pegal-pegal.

    Walaupun manfaatnya cukup menarik, beberapa ibu hamil masih merasa takut bahwa kandungan garamnya dapat membahayakan janin. Benarkah demikian?

    Kabar baiknya, mandi air garam Epsom itu aman untuk dilakukan saat hamil dan tidak membahayakan janin Anda.

    Bahkan, garam Epsom dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan nyeri dan masalah kehamilan lainnya.

    Meski begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dulu sebelum mulai mencoba berendam air garam ini.

    Gunakan suhu air yang hangat dan tidak terlalu panas, setidaknya mendekati suhu tubuh (38 sampai 39 derajat Celsius) supaya tubuh Anda tetap merasa nyaman dan tidak kepanasan.

    Menggunakan air yang terlalu panas berisiko dehidrasi saat hamil atau bahkan pingsan.

    Selain itu, ibu hamil yang memiliki masalah kulit, seperti luka terbuka, infeksi kulit, atau peradangan kulit atau luka bakar yang parah, juga tidak dianjurkan mandi dengan air garam ini.

    Hal yang paling penting, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berendam air garam Epsom saat hamil, terutama bagi Anda yang memiliki kehamilan berisiko tinggi.

    Berbagai manfaat mandi air garam Epsom saat hamil

    Jika dilakukan dengan cara yang benar, mandi air garam Epsom bisa mendatangkan sejumlah manfaat untuk kehamilan. Berikut adalah beberapa manfaat mandi garam epsom saat hamil.

    1. Meredakan nyeri dan kram

    Seperti penjelasan sebelumnya, mandi garam Epsom dapat membantu meringankan nyeri otot, nyeri punggung, dan pegal-pegal, yang merupakan keluhan umum saat hamil.

    Selain itu, jenis garam ini juga sering direkomendasikan untuk mengatasi kaki kram saat hamil, yakni salah satu masalah umum yang membuat ibu hamil sulit bergerak atau berjalan.

    2. Mengurangi pembengkakan

    Melansir Kids Health, saat hamil, cairan ekstra dalam tubuh serta tekanan dari rahim dapat menyebabkan pembengkakan atau edema, terutama di pergelangan kaki dan kaki.

    Meski ini normal, kaki yang bengkak saat hamil tentu bisa mengganggu. Untungnya, mandi dengan garam Epsom dapat membantu meredakan keluhan ini.

    3. Meredakan stres

    Stres saat hamil dapat memengaruhi kesehatan Anda dan janin. Oleh karena itu, ibu sebisa mungkin perlu menghindari dan segera mengatasi permasalahan mental ini.

    Supaya stres mereda, cobalah untuk berendam dalam air garam Epsom. Kandungan magnesiumnya diyakini dapat meningkatkan serotonin atau hormon kebahagiaan di otak.

    4. Menenangkan kulit yang tegang

    Banyak wanita hamil yang merasa puas setelah mandi air garam Epsom. Pasalnya, garam ini dapat membantu menenangkan kulit yang tegang.

    Masalah kulit selama hamil yang ringan, seperti jerawat atau bekas sengatan matahari, juga bisa teratasi dengan kandungan garam Epsom yang menakjubkan.

    Jadi, bisa disimpulkan jika mandi garam Epsom dapat merilekskan tubuh dan pikiran Anda.

    Dengan tubuh dan pikiran yang rileks, Anda pun menjadi lebih sehat dan siap untuk menghadapi persalinan serta melewati masa-masa setelahnya dengan bayi Anda.

    Di sisi lain, garam Epsom juga disebut menjadi pengobatan lini pertama bagi penderita preeklampsia dan eklampsia. Meski demikian, manfaat ini bisa Anda dapat bukan dengan cara mandi atau berendam.

    Magnesium sulfat ini diberikan sebagai larutan cair melalui infus intravena atau melalui suntik ke otot (intramuskular).

    Bagaimana cara mandi air garam Epsom yang aman untuk ibu hamil?

    Untuk mendapat manfaat dari mandi air garam Epsom, Anda perlu mengisi bak mandi Anda dengan air hangat.

    Masukkan 1,25 cangkir atau 300 gram garam Epsom ke dalam bak mandi dan tunggu beberapa saat sampai garamnya larut.

    Setelah siap, Anda bisa langsung masuk dan berendam ke dalam air garam Epsom tersebut. Namun, Anda perlu ingat, jangan terlalu lama berendam dalam air hangat.

    Cukup rendam tubuh Anda selama 15 menit sembari memijat-mijat bagian tubuh yang pegal. Anda juga bisa meminta bantuan suami atau orang lain untuk memijat pundak atau bagian tubuh lainnya yang sulit dijangkau.

    Biarkan kandungan garam Epsom meresap ke kulit dan rasakan sendiri manfaatnya.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    7 Natural Ways to Reduce Swelling in Your Feet While Pregnant – Regional Medical Center. Regional Medical Center. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://rmccares.org/2020/07/02/7-natural-ways-to-reduce-swelling-in-your-feet-while-pregnant/

    Can Pregnant Women Do Anything to Reduce or Prevent Swollen Ankles? (for Parents) – Nemours KidsHealth. Kidshealth.org. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/ankles.html

    Common health problems in pregnancy. nhs.uk. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/common-health-problems/

    Epsom Salt Health Uses and Benefits | Epsom Salt Council. Epsom Salt Council. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://www.epsomsaltcouncil.org/uses-benefits/health/

    Epsom Salt: Potential Benefits and How to Use It. Cleveland Clinic. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://health.clevelandclinic.org/7-things-you-probably-didnt-know-about-epsom-salt/

    Frequently Asked Questions | Epsom Salt Council. Epsom Salt Council. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://www.epsomsaltcouncil.org/faq/

    How Epsom salt can save the lives of women with preeclampsia. Path.org. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://www.path.org/articles/how-epsom-salt-can-save-lives-women-preeclampsia/

    Is it safe to use a sauna or jacuzzi if I’m pregnant?. nhs.uk. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://www.nhs.uk/common-health-questions/pregnancy/is-it-safe-to-use-a-sauna-or-jacuzzi-if-i-am-pregnant/

    Is it safe to use a sauna or jacuzzi if I’m pregnant?. nhs.uk. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://www.nhs.uk/common-health-questions/pregnancy/is-it-safe-to-use-a-sauna-or-jacuzzi-if-i-am-pregnant/

    Relaxation techniques. Allinahealth.org. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://www.allinahealth.org/health-conditions-and-treatments/health-library/patient-education/beginnings/second-trimester/whats-happening/relaxation-techniques

    Stress and pregnancy. Marchofdimes.org. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://www.marchofdimes.org/complications/stress-and-pregnancy.aspx

    Treating Muscle Cramps During Pregnancy. American Pregnancy Association. (2021). Retrieved 10 December 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/treating-muscle-cramps-during-pregnancy/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui Dec 13, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG