Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Hal yang Mesti Dilakukan Wanita Setelah Seks Saat Hamil

4 Hal yang Mesti Dilakukan Wanita Setelah Seks Saat Hamil

Setelah berhubungan badan, ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim, terlebih jika Anda melakukan seks ketika hamil. Saat hamil perlindungan yang dilakukan setelah seks tidak bisa disepelekan untuk mencegah berbagai risiko kesehatan yang akan berakibat pada sang buah hati. Untuk itu, ada beberapa hal wajib yang perlu Anda lakukan setelah seks untuk kesehatan vagina dan juga buah hati Anda.

Berbagai hal yang perlu dilakukan setelah seks ketika hamil

1. Buang air kecil

Jangan sepelekan untuk buang air kecil setelah seks. Wanita harus buang air kecil setelah berhubungan seks. Dengan buang air kecil, maka sama saja Anda membantu tubuh membersihkan bakteri yang menempel di ujung uretra.

Hal ini dikarenakan bakteri dari rektum bisa mendekati uretra dan dapat menyebabkan infeksi.

Apalagi wanita hamil berisiko tinggi terkena infeksi saluran kencing (ISK) di minggu ke-6 hingga minggu ke-24 kehamilan. Terlebih jika Anda didiagnosis mengalami ISK ini dan tetap dibiarkan tanpa diobati maka infeksinya akan menjalar ke ginjal.

Ginjal yang terinfeksi bisa menyebabkan persalinan dini dan berat bayi lahir rendah. Untuk itu, cegah kemunculan infeksi dengan buang air kecil setiap selesai berhubungan seks.

2. Membersihkan vagina

sabun sirih untuk vagina

Setelah buang air kecil untuk menghilangkan bakteri di ujung uretra, maka supaya semakin bersih Anda harus membersihkan vagina.

Pelumas, air liur, dan bakteri serta jamur yang menempel di vagina dan sekitarnya selama berhubungan seks bisa berkembang menjadi infeksi jika tidak dibersihkan dengan benar.

Infeksi yang terjadi saat hamil dan tidak ditangani dengan baik bisa membahayakan bayi yang ada di dalam kandungan.

Untuk itu usahakan untuk selalu membersihkan vagina setelah berhubungan seks ketika hamil.

Gunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung pewangi untuk membantu mengangkat bakteri dan kotoran yang menempel di sekitar vagina bagian luar.

Gunakan air hangat dengan membasuhnya dari depan ke belakang. Ingat, Anda hanya perlu membersihkan bagian luar vagina saja.

Membersihkan vagina bagian dalam justru dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri yang melindungi vagina dan meningkatkan risiko infeksi.

3. Mengganti celana dalam

celana dalam ketat penyebab selulit

Untuk menjaga kebersihan vagina, ada satu hal lagi yang perlu Anda lakukan selain buang air kecil dan membersihkannya. Anda perlu mengganti celana dalam bekas pakai untuk menghindari ISK dan infeksi lainnya.

Celana dalam yang lembap saat bercinta jika digunakan kembali akan merangsang jamur dan bakteri berkembang biak. Untuk itu, gantilah celana dalam Anda setiap habis bercinta.

Gunakan celana dalam berbahan katun yang longgar agar keringat terserap dengan baik dan memungkinkan adanya sirkulasi udara untuk menjaga vagina tetap kering.

4. Minum air putih

air putih obat infeksi saluran kencing alami

Minum air setelah seks membantu membuat Anda kencing lebih banyak. Dengan begitu, akan lebih banyak bakteri yang akan keluar dari tubuh sebelum infeksi menyebar.

Dehidrasi bisa memengaruhi kesehatan tubuh termasuk vagina. Seks ketika hamil membutuhkan energi lebih sehingga dapat menambah produksi keringat yang dikeluarkan.

Jika asupan cairan yang keluar tidak digantikan, maka bukan tidak mungkin Anda akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi saat hamil dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti cacat tabung saraf, berkurangnya cairan ketuban, hingga persalinan prematur.

Untuk itu, usahakan untuk selalu minum air putih setelah berhubungan intim dengan pasangan agar janin tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko berbahaya.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Urinary Tract Infection During Pregnancy

http://americanpregnancy.org/pregnancy-complications/urinary-tract-infections-during-pregnancy/ accessed on July 3rd 2018

Things You Should (and Shouldn’t) Do After Sex

https://www.webmd.com/sex-relationships/ss/slideshow-sexual-hygiene accessed on July 3rd 2018

7 Things You Should Always Do After Having Sex

https://www.huffingtonpost.com/entry/things-you-should-always-do-after-having-sex_us_5ab8f799e4b0decad04c1eb8 accessed on July 3rd 2018

7 Things To Do After Sex To Keep Your Vagina Happy

https://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/a19929825/things-to-do-after-sex/ accessed on July 3rd 2018

Dehydration During Pregnancy

http://americanpregnancy.org/pregnancy-complications/dehydration-pregnancy/ on July 3rd 2018

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 26/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita