Cara Membersihkan Vagina Sehabis Berhubungan Seks

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi para wanita, hukumnya wajib membersihkan vagina setelah berhubungan seks. Tapi, membersihkannya tidak hanya sekedar mengelap atau membasuh bagian vagina dengan air, ya.

Membersihkan bagian vagina sehabis berhubungan seks bagi wanita, penting dilakukan dengan benar, karena sehabis melakukan aktivitas seks, vagina Anda rentan terkena virus, bakteri dan jamur yang bisa memicu masalah kesehatan hingga penyakit seksual menular. Apakah Anda tahu bagaimana cara membersihkan vagina yang benar?

Bagaimana cara membersihkan vagina yang benar?

Penggunaan pelumas, sex toys, atau hal lain yang masuk ke dalam vagina Anda (termasuk penis), dapat meningkatkan risiko vagina terkena jamur atau bakteri berbahaya lainnya. Berikut ini, merupakan cara membersihkan vagina yang dianjurkan menurut Dr. Sherry Ross, seperti yang dikutip dari WomensHealth:

1. Gunakan air hangat

Anda bisa membersihkan area luar vagina dengan menggunakan air hangat, dan handuk lembut untuk mengeringkannya. Dr. Ross juga memperbolehkan wanita menggunakan pembersih kewanitaan asalkan tak mengandung wewangian.

Anda bisa menggunakan antiseptik kewanitaan yang mengandung Povidone-iodine yang bisa mencegah berkembangnya bakteri, virus dan jamur penyebab infeksi vagina.

2. Bagian dalam lubang vagina tidak perlu dibersihkan, cukup luarnya saja

Saat vagina dibersihkan, Anda tidak perlu douching, memasukkan jari, air, sabun atau benda lain untuk membersihkannya. Cukup dibersihkan di bagian labia atau luar vagina saja.

Pada dasarnya, vagina bagian dalam bisa membersihkan organ mereka sendiri. Vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan organnya sendiri, untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam vagina.

3. Bersihkan saluran dalam vagina dengan buang air kecil sehabis berhubungan seks

Keharusan untuk buang air kecil setelah bercinta memang selalu ditekankan, khususnya bagi wanita. Ini karena anatomi tubuh perempuan berbeda dengan laki-laki.

Pada perempuan, letak vagina dan anus dengan uretra sangat berdekatan. Jaraknya hanya sekitar 5 sentimeter. Maka, bakteri dan kuman lebih cepat menyebar dan pindah dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya. Dan hal ini adalah sebagai salah satu upaya sederhana namun wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina

4. Makan makanan probiotik

Anda juga bisa menjaga kesehatan dan kebersihan vagina dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti tempe, yogurt, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya. Makanan-makanan ini perlu Anda bagus untuk dikonsumsi wanita, guna membantu membersihkan vagina dari dalam.

Mengapa demikian??

Sesuai dengan fungsinya, probiotik diperlukan untuk menggantikan dan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh. Menurut Kelly Kasper, seorang dokter kandungan di Indiana University Health, bakteri baik yang ditemukan dalam makanan fermentasi sama dengan bakteri baik yang ditemukan di area sekitar vagina. Dengan mengonsumsi probiotik yang ditemukan dalam makanan fermentasi, Anda turut membantu diri Anda terhindar dari infeksi bakteri dan menjaga kesehatan vagina dari dalam juga.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Kondom Sobek

Kondom ampuh mencegah kehamilan dan penularan penyakit seksual jika digunakan dengan tepat. Tapi hati-hati, kesalahan kecil saja bisa bikin kondom sobek.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

6 Trik Sederhana Agar Terbiasa Jalan Kaki Demi Tubuh yang Bugar

Jalan kaki adalah olahraga paling mudah, namun banyak yang malas melakukannya. Yuk, biasakan jalan kaki dengan tips berikut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Olahraga Lainnya, Kebugaran 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Jangan Remehkan Bahaya Debu Polusi! Yuk, Lindungi Diri Dengan Cara Ini

Debu polusi yang tampak kecil dan tak berbahaya bisa jadi musuh besar kesehatan Anda. Ini berbagai bahaya polusi udara dan cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan, Informasi Kesehatan 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Banyak berbagai macam penelitian yang menyatakan bahwa kulit manggis kaya manfaat. Yuk, simak apa saja manfaat kulit manggis yang baik bagi kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minyak daun basil

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit perut karena gas dan karena penyakit lain

Tips Membedakan Sakit Perut Karena Gas dan Karena Penyakit Lain

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
cara memilih multivitamin yang tepat

Begini Cara Memilih Multivitamin yang Aman dan Sesuai untuk Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
kutu bulu mata

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit