home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Tahap Perkembangan Kelima Indra Bayi Dalam Kandungan

Mengenal Tahap Perkembangan Kelima Indra Bayi Dalam Kandungan

Pada dasarnya sistem indra manusia sudah mulai berkembang sepanjang kehamilan dan akan memengaruhi perkembangan otak janin. Hal inilah yang memungkinkan kelima indra bayi (peraba, pendengar, penciuman atau penghidu, penglihatan, serta pengecap) sudah berfungsi saat lahir, meski belum maksimal. Proses pematangan masing-masing indra nantinya akan berlangsung seiring dengan usia dan proses perkembangan bayi. Nah, untuk mengetahui pertumbuhan serta perkembangan kelima indra manusia dalam kandungan, simak ulasannya dalam artikel ini.

Tahap perkembangan indra manusia di dalam kandungan

1. Indra peraba

Sistem sensorik alias indra manusia yang paling awal berkembang adalah indra peraba. Pada janin, indra peraba mulai berkembang pada usia kehamilan sekitar 8 minggu. Pada minggu ke-12, janin mulai bisa merasakan dan merespons sentuhan di sekujur tubuhnya, kecuali bagian atas kepalanya yang tetap belum sensitif sampai lahir. Di usia kehamilan selanjutnya, tubuh janin akan terus mengembangkan jaringan saraf yang akan mempertajam indra perabanya.

2. Indra pendengar

Pembentukan sistem organ pendengaran dimulai sejak usia kehamilan 4-5 minggu. Setelah itu perkembangan dan pertumbuhan terus terjadi, baik bagian dalam atau bagian luar telinga.

Kemudian pada usia kehamilan 18-20 minggu, sistem pendengaran janin benar-benar utuh. Di usia ini, janin sudah mulai bisa mendengar suara dari dalam rahim. Ia akan mulai mendengar suara aliran darah melalui plasenta, suara denyut jantung, hingga suara udara pada paru.

Lalu pada usia 24-26 minggu, janin sudah dapat merespon terhadap suara-suara keras yang didengarnya dengan cegukan. Selanjutnya pada kehamilan trimester tiga, suara yang paling jelas didengar janin di dalam kandungan adalah suara ibu. Di usia ini, Anda mungkin akan lebih sering merasakan respons janin bagaimana ia akan aktif bergerak di dalam perut saat diajak berbicara.

3. Indra penglihatan

Dari awal kehamilan hingga usianya ke-25 minggu, mata bayi akan selalu tertutup untuk mengembangkan retina. Barulah pada usia kehamilan 26-28 minggu, kelopak mata janin akan mulai terbuka. Janin akan membuka matanya sesekali, walaupun ia belum dapat melihat apapun.

Selanjutnya pada trimester tiga, janin sudah bisa mendeteksi cahaya terang yang masuk ke dalam rahim, baik itu sinar matahari ataupun sinar lampu. Namun, hal ini akan bergantung pada faktor-faktor ketebalan rahim, otot, serta pakaian yang digunakan ibu.

4. Indra penciuman dan pengecap

Indra pengecap terhubung dengan indra penciuman. Pada usia 11-15 minggu, reseptor yang akan digunakan janin untuk mendeteksi bau dan rasa sudah mulai berfungsi. Sejak di dalam rahim, janin sebenarnya sudah bisa mendeteksi bau dari makanan yang Anda makan dan aroma yang Anda hirup melalui cairan ketuban yang melewati mulut serta hidung janin.

Penelitian menunjukkan bahwa janin lebih menyukai rasa manis dibandingkan dengan rasa pahit dan asam. Janin akan menelan lebih banyak air ketuban ketika rasa manisnya tinggi, dan janin tidak menelan banyak air saat rasa air ketuban pahit.

Diperkirakan pada usia 21 minggu, janin bisa memahami rasa kenyang dari cairan ketuban dengan menggunakan indra penciuman serta pengecapnya.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Your Baby’s Developing Sense – Https://Www.Parents.Com/Baby/Development/Physical/Your-Babys-Developing-Senses/ Diakses Pada 23 Januari 2018

The Secret World Of The Unborn – How Your Baby’s Senses Develop In The Womb – Https://Www.Babysense.Com/Advice-And-Tips/Baby/Ages-And-Stages/1-3-Months/The-Secret-World-Of-The-Unborn-How-Your-Babys-Senses-Develop-In-The-Womb/ Diakses Pada 23 Januari 2018

Your Baby’s Sense During Pregnancy – Https://Www.Babycenter.Com/2_Your-Babys-Senses-During-Pregnancy_10400985.Bc Diakses Pada 23 Januari 2018

How Babies Sense Develop – https://www.pediatrix.com/workfiles/medicalaffairs/B2_How%20babies%20senses%20develop.pdf diakses pada 23 Januari 2018

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 28/07/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x