backup og meta
Kategori

1

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Penyebab Sakit Pinggang Kiri Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG · Kebidanan dan Kandungan · Brawijaya Hospital Duren Tiga


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 05/01/2024

Penyebab Sakit Pinggang Kiri Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Sakit pinggang atau punggung bawah sebelah kiri merupakan salah satu keluhan umum saat hamil. Lebih dari 60% wanita mengeluhkan kondisi ini semasa kehamilannya.

Simak uraian berikut ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab pinggang kiri terasa sakit saat hamil

Nyeri punggung bawah sebelah kiri sering kali terjadi ketika memasuki paruh kedua kehamilan, yakni tepatnya saat mencapai bulan ke-5 atau ke-7. 

Kondisi ini bisa memburuk seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun pada beberapa kasus, keluhan ini mungkin terjadi lebih awal saat usia kehamilan 12 minggu.

Sakit pinggang umumnya akan menghilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah melahirkan. Akan tetapi, nyeri punggung juga bisa bertahan setelah bayi Anda sudah lahir.

Tingkat keparahan nyeri pinggang kiri selama kehamilan bisa bervariasi, mulai dari yang ringan hingga cukup parah.

Tidak hanya tingkat keparahan, penyebab dari sakit pinggang sebelah kiri saat hamil pun cukup beragam. Berikut adalah beberapa kondisi yang mungkin menjadi penyebabnya.

1. Rahim dan janin membesar

Penyebab utama sakit punggung sebelah kiri saat hamil adalah ukuran janin yang membesar. Hal ini bisa menimbulkan nyeri dalam beberapa cara seperti di bawah ini.

  • Menggeser pusat gravitasi ke depan seiring dengan membesarnya perut serta meregangkan dan melemahkan otot perut. Keduanya dapat mengubah postur tubuh dan membuat punggung menjadi tegang.
  • Menekan saraf yang sensitif terhadap nyeri.
  • Meningkatkan tekanan pada persendian bagian punggung bawah.
  • Otot-otot bekerja ekstra karena beban tubuh dan janin yang makin bertambah.

2. Perubahan hormon

gym ball untuk ibu hamil

Perubahan hormon selama masa kehamilan dapat menimbulkan rasa sakit pada punggung bawah sebelah kiri. 

Sebagai contoh, hormon relaksin yang kadarnya meningkat pada mengendurkan persendian dan melunakkan ligamen yang berada pada area panggul.

Kondisi ini membuat sendi pada bagian panggul menjadi tegang sehingga ibu hamil pun mengalami nyeri pinggang sebelah kiri.

Rasa sakitnya bisa memburuk ketika Anda berdiri, berjalan, duduk dalam waktu lama, bangun dari kursi atau bak mandi, membungkuk, atau mengangkat barang.

3. Sciatica

Sakit punggung bagian bawah saat hamil bisa menjalar ke bokong dan paha. Kondisi ini sering kali diduga sebagai sciatica atau lebih dikenal sebagai linu panggul.

Penyebab masalah ini adalah menonjolnya cakram tulang belakang bagian bawah (herniated disk atau bulging disk) sehingga menekan saraf.

Umumnya, rasa sakit yang ditimbulkan lebih parah daripada sakit punggung biasa. Anda dapat mengalami kesemutan atau mati rasa pada selangkangan dan area kelamin.

Sciatica bahkan bisa membuat ibu hamil kesulitan buang air kecil atau buang air besar. Segeralah hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Seberapa umum sciatica saat hamil?

Sebuah studi pada 812 ibu hamil trimester ketiga yang dimuat dalam International Journal of Science and Healthcare Research (2022) menemukan sekitar 16,9% partisipan didiagnosis mengalami sciatica, bahkan yang sampai mengganggu kualitas hidup.

Cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri saat hamil

nyeri panggul saat hamil

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mencegah dan meringankan sakit punggung bawah saat hamil, khususnya di sebelah kiri.

1. Jaga postur tubuh

Usahakan punggung tetap lurus untuk memperkuat otot inti dan menjaga titik berat tubuh Anda. Jaga bahu Anda ke belakang atau tidak membungkuk, tetapi tetap rileks.

Anda pun perlu memilih kursi yang dapat menopang punggung dengan baik. Bila perlu, letakkan bantal kecil di belakang punggung bawah agar postur tubuh Anda tetap terjaga.

2. Kenakan sepatu yang nyaman

Gunakan sepatu yang nyaman dan menyangga lengkung kaki dengan baik, seperti sepatu hak rendah, bukan sepatu flat. Selain itu, hindari pula sepatu hak tinggi sampai bayi lahir.

Sepatu hak tinggi akan makin mengubah postur tubuh Anda. Pemakaian alas kaki ini juga bisa meningkatkan risiko ibu hamil terjatuh maupun tersandung saat berjalan.

3. Tidur dengan posisi miring

Mengubah posisi tidur saat hamil dapat membantu meringankan dan mencegah sakit pinggang sebelah kiri. Baringkan tubuh miring ke kiri setiap kali Anda tidur atau beristirahat.

Jepit bantal dengan kedua lutut Anda untuk mempertahankan postur tulang belakang sehingga ketegangan pada punggung bawah dapat berkurang.

4. Kompres panas atau dingin

Kompres panas atau dingin bisa membantu meredakan nyeri pada area punggung yang nyeri. Namun, pastikan suhu dari kompres tidak terlalu panas dan terlalu dingin.

Bukan cuma kompres, Anda juga bisa mencoba meredakannya dengan berendam air hangat saat hamil.

5. Olahraga untuk sakit pinggang sebelah kiri

Hip Circle

Saat pinggang sebelah kiri sakit saat hamil, bukan berarti Anda harus selalu berbaring di kasur. Justru, melakukan gerakan yang tepat bisa membantu meredakan keluhan ini.

Anda dapat berjalan kaki, berenang, atau senam hamil untuk menguatkan otot tulang belakang.

Selain itu, ibu hamil juga dapat melakukan gerakan untuk mengatasi nyeri punggung seperti di bawah ini secara rutin.

  1. Posisikan tubuh merangkak dan tempelkan lengan di lantai. Jaga posisi punggung tetap lurus dan posisi panggul lebih tinggi daripada dada.
  2. Tarik otot perut dan angkat punggung ke arah atas secara perlahan, biarkan kepala dan bokong rileks ke bawah.
  3. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik, lalu perlahan kembali ke posisi semula. Luruskan kembali posisi punggung Anda.
  4. Ulangi gerakan tersebut secara perlahan kurang-lebih selama 10 kali.
  5. Lakukan latihan ini pada waktu senggang sepanjang hari sesuai kebutuhan Anda.

Sebelum melakukan olahraga saat hamil seperti di atas, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu.

Dokter mungkin juga akan menganjurkan Anda untuk menjaga atau menambah asupan kalsium saat hamil untuk meningkatkan kekuatan otot dan tulang.

Hasilnya, keluhan nyeri dan sakit pinggang sebelah kiri selama kehamilan bisa membaik secara perlahan.

Namun, bila Anda punya riwayat sakit pinggang yang parah sejak sebelum hamil, sebaiknya bicarakan hal ini dengan dokter kandungan saat merencanakan kehamilan.

Kesimpulan

  • Sakit pinggang kiri merupakan salah satu keluhan umum pada ibu hamil, terutama saat paruh kedua kehamilan sekitar bulan ke-5 atau ke-7.
  • Penyebab keluhan kehamilan ini meliputi pertumbuhan janin, perubahan hormon, dan sciatica atau linu panggul.
  • Menjaga postur tubuh yang baik, memakai sepatu yang tepat, tidur miring ke kiri, serta melakukan peregangan dapat membantu meredakan nyeri punggung saat hamil.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Amanda Rumondang Sp.OG

Kebidanan dan Kandungan · Brawijaya Hospital Duren Tiga


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 05/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan