Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Bumil, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Bumil, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang atau punggung bawah, terutama sebelah kiri, merupakan masalah yang umum terjadi pada ibu hamil. Lebih dari 60 persen wanita mengeluhkan nyeri punggung bagian bawah semasa kehamilannya. Simak penjelasan berikut untuk tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Mengapa saat hamil terasa sakit di pinggang sebelah kiri?

Nyeri punggung bawah sebelah kiri sering terjadi ketika memasuki paruh kedua kehamilan, tepatnya saat mencapai bulan ke-5 atau ke-7. Kondisi ini pun bisa memburuk seiring bertambahnya usia kehamilan Anda.

Meski begitu, dalam beberapa kasus, keluhan ini mungkin terjadi lebih cepat saat usia kehamilan mencapai 12 minggu.

Biasanya, kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah melahirkan. Namun, nyeri punggung juga bisa bertahan meski bayi Anda sudah lahir.

Adapun tingkat keparahannya bisa bervariasi, dari yang ringan hingga parah dan bisa mengganggu aktivitas Anda.

Bukan cuma tingkat keparahan, penyebab dari sakit pinggang sebelah kiri saat hamil pun cukup beragam. Berikut adalah beberapa kondisi yang mungkin menjadi penyebabnya.

1. Rahim dan bayi membesar

Rahim dan bayi yang terus membesar di dalamnya saat hamil dapat menimbulkan sakit pinggang sebelah kiri dalam berbagai cara, seperti di bawah ini.

  • Menggeser pusat gravitasi ke depan seiring dengan perut ibu jadi maju dan membesar serta meregangkan dan melemahkan otot perut. Keduanya dapat mengubah postur tubuh dan membuat punggung menjadi tegang.
  • Menekan saraf yang sensitif terhadap nyeri.
  • Meningkatkan tekanan pada persendian di bagian punggung bawah.
  • Otot menjadi bekerja ekstra karena beban tubuh dan bayi yang bertambah.

2. Perubahan hormon

gym ball untuk ibu hamil

Perubahan hormon saat hamil juga bisa memicu sakit punggung bawah sebelah kiri.

Pasalnya, perubahan hormon selama kehamilan mengendurkan persendian dan melunakkan ligamen yang berada di panggul.

Ini menyebabkan sendi di bagian panggul menjadi tegang sehingga sakit pinggang sebelah kiri bisa terjadi.

Rasa sakitnya bisa memburuk ketika Anda berdiri, berjalan, duduk dalam waktu lama, bangun dari kursi atau bak mandi, membungkuk, atau mengangkat barang.

3. Sciatica

Pada kondisi yang serius, sakit punggung bagian bawah saat hamil bisa menjalar ke bokong dan paha. Pada kondisi ini, nyeri punggung bawah sering diduga sebagai sciatica atau linu panggul.

Baby Center menyebut, sciatica saat hamil jarang terjadi dan hanya memengaruhi sekitar 1 persen wanita hamil.

Penyebabnya adalah cakram tulang belakang bagian bawah yang menonjol (herniated disk atau bulging disk) yang menekan saraf.

Jika ini terjadi, sakit kaki yang dirasakan ibu hamil biasanya akan lebih parah dari sakit punggung. Dalam kondisi parah, ibu hamil akan mengalami kesemutan atau mati rasa di selangkangan dan area genital.

Bahkan, ibu hamil bisa mengalami kesulitan buang air kecil atau buang air besar. Segera hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Bagaimana cara mengatasi dan mencegah sakit pinggang sebelah kiri saat hamil?

nyeri panggul saat hamil

Untuk mencegah dan meringankan sakit punggung bawah saat hamil, terutama sebelah kiri, tips ini mungkin akan bermanfaat bagi Anda.

1. Jaga postur tubuh

Usahakan punggung tetap lurus saat duduk atau berdiri untuk memperkuat otot inti dan menjaga titik berat tubuh pada tempatnya. Jaga bahu Anda ke belakang (tidak membungkuk), tetapi tetap rileks.

Anda pun perlu memilih kursi yang dapat menopang dengan baik punggung Anda. Bila perlu letakkan bantal kecil di belakang punggung bawah agar postur tubuh tetap terjaga.

2. Gunakan sepatu yang nyaman

Gunakan sepatu yang nyaman dan dapat menyangga lengkung kaki Anda ketika hamil, seperti sepatu dengan hak rendah, bukan sepatu flat. Hindari pula memakai sepatu hak tinggi sampai bayi lahir.

Sepatu hak tinggi akan semakin mengubah postur tubuh Anda serta meningkatkan risiko ibu hamil terjatuh atau tersandung.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

3. Tidur dengan posisi miring

Mengubah posisi tidur saat hamil juga bisa membantu meringankan dan mencegah sakit pinggang sebelah kiri. Baringkan tubuh dengan menghadap salah satu sisi setiap kali tidur atau beristirahat.

Jepit bantal dengan kedua lutut untuk mempertahankan postur tulang belakang sehingga ketegangan pada punggung bawah dapat berkurang.

4. Kompres panas atau dingin

Kompres panas atau dingin ke area punggung dapat meredakan nyeri pada area tubuh tersebut. Namun, pastikan suhunya tidak terlalu panas dan terlalu dingin.

Bukan cuma kompres, Anda juga bisa mencoba meredakannya dengan berendam air hangat saat hamil.

5. Olahraga untuk sakit pinggang sebelah kiri

Hip Circle

Mengalami sakit pinggang sebelah kiri saat hamil bukan berarti Anda harus berlama-lama berbaring di kasur.

Justru, melakukan gerakan atau olahraga yang tepat dapat membantu meredakan dan mencegah keluhan ini.

Anda bisa mencobanya dengan berjalan kaki, berenang, atau senam hamil untuk menguatkan otot sekitar tulang belakang.

Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi dulu dengan dokter untuk olahraga saat hamil yang tepat untuk Anda.

Selain itu, Anda bisa melakukan latihan gerakan ringan untuk mengatasi nyeri punggung di bawah ini secara rutin.

  1. Posisi merangkak dan tempelkan lengan di lantai. Jaga posisi punggung tetap lurus, posisi panggul akan lebih tinggi daripada dada.
  2. Tarik otot perut Anda dan angkat punggung ke arah atas secara perlahan, biarkan kepala dan bokong rileks ke bawah.
  3. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik lalu perlahan kembali ke posisi semula. Luruskan kembali posisi punggung Anda.
  4. Ulangi gerakan tersebut secara perlahan kurang lebih selama 10 kali.
  5. Lakukan latihan ini pada waktu senggang sepanjang hari sesuai kebutuhan.

Selain cara-cara di atas, Anda juga perlu mempertahankan asupan kalsium selama kehamilan yang dapat memperkuat tulang dan otot Anda.

Dengan begitu, berbagai masalah sakit pinggang dan punggung sebelah kiri saat hamil dapat mereda.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Back Pain During Pregnancy | Cedars-Sinai. Cedars-sinai.org. (2021). Retrieved 13 December 2021, from https://www.cedars-sinai.org/health-library/diseases-and-conditions/b/back-pain-during-pregnancy.html

Back Pain During Pregnancy. American Pregnancy Association. (2021). Retrieved 13 December 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/back-pain-during-pregnancy/

Back pain during pregnancy: 7 tips for relief. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 13 December 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy/art-20046080

Back pain in pregnancy. nhs.uk. (2021). Retrieved 13 December 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/back-pain/

Calcium in Pregnancy. American Pregnancy Association. (2021). Retrieved 13 December 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/calcium-in-pregnancy/

Lower back pain during pregnancy | BabyCenter. BabyCenter. (2021). Retrieved 13 December 2021, from https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/lower-back-pain-during-pregnancy_9402?showAll=true

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 15/12/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG