Keguguran Awal: Apa Penyebabnya dan Bagaimana Mencegahnya?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Sangat disayangkan, keguguran awal alias early miscarriage adalah hal yang sangat umum terjadi. Bahkan seringnya, keguguran terjadi sebelum Anda sadar bahwa Anda sedang hamil. Ini terjadi jika sekitar setengah dari sel telur yang terfertilisasi hilang pada hari-hari awal kehamilan, bahkan sebelum tes kehamilan dilakukan.

Setelah hasil positif pada tes kehamilan, sekitar 10%-20% kehamilan berakhir dengan keguguran. Keguguran pada umumnya terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan.

Keguguran pada tahap kehamilan apapun dapat menyebabkan shock dan perasaan kehilangan, walaupun keguguran terjadi pada tahap awal kehamilan, Anda tetap boleh bersedih dan menangisi kehilangan Anda.

Apa penyebab keguguran awal?

Keguguran awal biasanya terjadi karena embrio tidak berkembang dengan seharusnya. Permasalahan kromosom juga menjadi penyebab umum lainnya. Permasalahan ini biasanya terjadi tanpa penyebab tertentu dan jarang terjadi lagi.

Untuk berkembang dengan sebagaimana mestinya, bayi membutuhkan jumlah kromosom yang normal, 23 dari ibu dan 23 dari ayah. Kelainan kromosom, seperti terlalu banyak atau sedikit kromosom, atau perubahan struktur kromosom, dapat menghambat perkembangan bayi. Pada kasus tersebut, kehamilan akan berhenti pada tahap embrio.

Diperkirakan sampai 95% kehamilan dengan kelainan kromosom berakhir dengan keguguran.

Bagaimana cara mengetahui jika saya mengalami keguguran awal?

Tanda-tanda dan gejala umum dari keguguran adalah perdarahan pada vagina dan kram perut seperti sedang menstruasi. Perdarahan dapat bervariasi dari ringan ke berat, mungkin juga dengan penggumpalan darah, dan dapat datang dan hilang untuk beberapa hari.

Kadang, gejala dapat mereda dan kehamilan tetap berlanjut. Kondisi ini disebut threatened miscarriage atau ancaman keguguran. Ada beberapa bukti bahwa perawatan dengan progesteron dapat menghentikan terjadinya ancaman keguguran. Anda dapat menanyakan pada dokter tentang perawatan progesteron. Namun, jika keguguran akan terjadi, keguguran akan tetap berlangsung.

Jika Anda mengalami perdarahan atau rasa sakit pada awal kehamilan Anda, hubungi dokter atau unit awal kehamilan. Artikel kami akan memberi banyak saran dan apa yang harus Anda lakukan tentang keguguran.

Beberapa keguguran awal hanya dapat diketahui lewat scan kehamilan rutin. Scan dapat menunjukkan adanya kantung embrio yang kosong. Hal ini disebut dengan missed miscarriage atau silent miscarriage, alias keguguran diam-diam. Anda mungkin tidak menyadari hal ini telah terjadi dan dapat menyebabkan shock, atau Anda telah mengalami beberapa gejala yang membuat Anda khawatir.

Apa yang dapat terjadi setelah keguguran?

Pada kasus umumnya, tubuh wanita akan memproses keguguran secara natural, sehingga Anda tidak memerlukan penanganan lebih lanjut.

Perdarahan akan mereda dalam 1 minggu sampai 10 hari, dan akan berhenti total setelah 2 atau 3 minggu. Anda dapat beristirahat di rumah dengan obat penghilang rasa sakit dan air hangat, dan yang terpenting, seseorang yang menenangkan dan merawat Anda.

Dokter mungkin akan meminta Anda melakukan tes kehamilan setelah keguguran, untuk memastikan kehamilan telah berhenti.

Tergantung pada tahap kehamilan dan gejala yang Anda alami, Anda akan diminta untuk mengunjungi dokter dua minggu setelah keguguran terjadi. Hal ini berguna untuk memeriksa apakah tubuh Anda pulih dengan semestinya atau tidak.

Jika perdarahan tidak membaik atau tidak berhenti setelah 2 minggu atau lebih, Anda akan diberikan perhatian khusus oleh dokter. Perdarahan dapat berarti masih adanya jaringan kehamilan pada rahim. Hal ini disebut incomplete miscarriage atau keguguran tak tuntas, dan memerlukan penanganan. Dokter akan menyarankan hal-hal berikut:

  • Expectant management: perdarahan dibiarkan selama 1 minggu tanpa penanganan, selama tidak adanya infeksi.
  • Medical management: dokter akan memberi obat-obatan untuk membantu penuntasan keguguran.
  • Surgical management: dokter akan melakukan operasi minor untuk menyelesaikan keguguran, disebut juga Surgical Management of Miscarriage (SMM).

Dengan medical management, Anda akan diberikan tablet minum atau pessary untuk dipasang pada vagina. Perdarahan setelah medical management bisa terjadi dengan banyak dan lebih lama untuk berhenti. Hal ini berarti Anda tidak perlu melakukan operasi, tapi Anda perlu tinggal di rumah sakit untuk beberapa waktu setelah pengobatan.

SMM berlangsung selama beberapa menit dan Anda akan segera pulih. Prosedur biasanya dilakukan saat Anda tidak sadar, dengan bantuan obat bius total.

Beberapa rumah sakit menawarkan pilihan surgical management dengan obat bius lokal. Prosedur ini disebut Manual Vacuum Aspiration (MVA).

Salah satu keuntungan surgical management adalah perdarahan lebih cepat berhenti, yang dapat meringankan penderitaan Anda. Hal ini juga berarti Anda tidak perlu sering datang ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. SMM bekerja dengan sangat baik dan biasanya tidak memerlukan penanganan lebih lanjut. Dokter Anda akan merekomendasikan SMM jika Anda mengalami perdarahan berat atau tanda-tanda infeksi.

Keputusan untuk memilih perawatan adalah keputusan pribadi. Beberapa wanita memilih cara alami dan melakukan perawatan selanjutnya. Beberapa wanita lainnya memilih untuk segera menuntaskan secepatnya.

Dokter akan menjelaskan semua pilihan agar Anda dapat mengerti apa yang harus Anda lakukan. Anda akan memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki kehamilan yang sehat di masa mendatang, apapun pilihan yang Anda lakukan.

Dokter akan memberi Anda waktu untuk memilih, kecuali Anda memerlukan penanganan darurat. Untuk membantu Anda memilih, dokter akan menyarankan salah satu pilihan yang menurutnya terbaik untuk Anda.

Permasalahan medis yang serius biasanya bukan faktor penyebab keguguran awal. Kemungkinan besar, kehamilan Anda berikutnya akan berhasil. Untuk alasan ini, Anda kemungkinan tidak perlu menemui dokter lebih lanjut, kecuali Anda telah mengalami keguguran awal sebanyak 3 kali berturut-turut.

BACA JUGA:

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin mencoba suplemen vitamin E supaya cepat hamil? Eits, simak dulu penjelasan lengkap dari berbagai penelitian soal manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Proses Terjadinya Kehamilan: Dari Hubungan Intim Hingga Jadi Janin

Anda pasti sudah tahu bahwa kehamilan terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur. Namun, apakah Anda pernah berpikir bagaimana proses ini terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Usia Berapa Bayi yang Baru Lahir Diperbolehkan Keluar Rumah?

Saat baru dilahirkan Anda mungkin cemas untuk membawa si kecil keluar rumah. Memangnya, kapan pada umur berapa bayi baru lahir boleh keluar rumah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 18 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Bisakah Mencegah Autisme Sejak Anak dalam Kandungan?

Tentu kita tidak ingin memiliki anak autisme. Sebisa mungkin, kita ingin mencegahnya, bahkan sejak hamil. Apakah bisa mencegah autisme anak sedari hamil?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pengalaman keguguran

Pengalaman Keguguran Berulang Membuat Saya Hampir Putus Asa

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
fungsi hormon fsh dan lh

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
pergerakan janin

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
13 Olahraga Untuk Penyandang cacat

13 Olahraga yang Baik untuk Penyandang Cacat atau Disabilitas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit