4 Kiat Mudah untuk Mengatasi Sakit Dada di Masa Kehamilan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18 Juni 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Mengalami nyeri dada secara tiba-tiba tentu mengkhawatirkan. Apalagi jika kondisi ini terjadi di masa kehamilan, yang notabene Anda harus ekstra menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi dalam kandungan. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk meredakan dada sakit saat hamil ini?

Kenapa dada terasa sakit saat hamil?

dada sakit saat hamil

Secara umum, sakit dada saat hamil sebenarnya merupakan kondisi normal karena adanya perubahan fisiologis tubuh. Pertumbuhan rahim yang semakin hari semakin membesar akan menekan bagian diafragma, sehingga kemudian menimbulkan rasa kurang nyaman pada dada.

Bahkan, perubahan pada ukuran payudara yang kian membesar selama kehamilan juga bisa memengaruhi ukuran tulang rusuk. Alhasil, tulang rusuk akan ikut melebar sehingga menyebabkan adanya tekanan pada dada, yang kadang juga menimbulkan sesak napas.

Namun, Karen Deighan, MD, FACOG, selaku dokter spesialis obstetri dan ginekologi di Gottlieb Memorial Hospital of Loyola University Health System, menjelaskan sebuah pengecualian. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, dada sakit saat hamil bisa menandakan adanya masalah kesehatan lainnya.

Meliputi gangguan pencernaan, asam lambung naik (heartburn), tekanan dari bayi yang makin membesar, maupun stres. Bahkan terkadang, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh masalah lain pada tubuh yang lebih serius. Misalnya serangan jantung dan gumpalan darah di pembuluh darah vena (deep vein thrombosis), serangan jantung, penyakit jantung koroner, hingga penyakit jantung kongenital.

Kedua kondisi yang cukup berbahaya tersebut biasanya tidak hanya menimbulkan sakit dada saat hamil saja, melainkan juga disertai dengan gejala lainnya. Mulai dari sesak napas, pusing, detak jantung cepat, keringat dingin, bahkan hingga batuk berdarah.

Bagaimana cara mengatasi dada sakit saat hamil?

prenatal yoga dan prenatal pilates

Dokter akan memberikan beberapa jenis obat-obatan untuk kasus dada sakit saat hamil tertentu. Biasanya, jika kondisi ini sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari karena disertai dengan pusing, sesak napas, dan tubuh melemah,

Anda akan dianjurkan untuk banyak mengonsumsi vitamin, sekaligus memperbanyak ragam jenis makanan harian demi memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Khususnya mineral zat besi, kalsium, dan magnesium.

Namun selain itu, beberapa perawatan berikut ini juga bisa membantu mengatasi dada sakit saat hamil:

1. Perhatikan postur tubuh

Bila selama ini Anda terbiasa dengan postur tubuh yang membungkuk, entah itu saat duduk atau berdiri, sebaiknya ubah mulai sekarang.

Postur tubuh bungkuk dapat memengaruhi paru-paru, yang membuatnya seolah tidak memiliki cukup ruang untuk bernapas.

Solusinya, usahakan untuk selalu duduk dan berdiri dengan posisi tegak guna memudahkan proses pernapasan sekaligus mengatasi dada sakit saat hamil.

2. Kelola stres

Luangkan waktu selama beberapa kali dalam seminggu untuk ikut kelas yoga atau meditasi. Atau jika mau, Anda juga bisa melakukkan kegiatan penenang diri ini sendiri di rumah.

Melakukan meditas maupun yoga bisa cukup membantu menenangkan tubuh dari stres dan penat yang seolah membebani tubuh. Dengan begitu, kemungkinan munculnya dada sakit saat hamil bisa lebih diminimalisir.

3. Hindari pemicu dari makanan dan minuman

Selama masa kehamilan, Anda tidak dianjurkan untuk merokok, minum alkohol, makan makanan berminyak dan pedas, serta mengonsumsi kafein. Teh, kopi, dan cokelat merupakan sumber kafein yang jumlah konsumsinya harus dibatasi atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Intinya, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan maupun minuman yang bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Sebab hal tersebut akan memicu naiknya asam lambung, yang bisa membuat dada sakit saat hamil.

Sebagai gantinya, konsumsi makanan dan minuman yang lebih aman dan dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi harian. Porsi makan juga bisa diakali jadi lebih sedikit tapi sering guna mencegah sakit perut dan asam lambung naik.

4. Istirahat yang cukup

Jangan lakukan terlalu banyak aktivitas karena ditakutkan bisa membuat dada terasa sakit saat sedang hamil. Pastikan juga waktu istirahat Anda cukup alias tidak terlalu berlebihan dan tidak pula kekurangan.

Supaya lebih nyaman, coba gunakan bantal yang lebih tinggi sebagai penyangga kepala saat tidur. Cara ini akan memudahkan Anda untuk bernapas dengan lega.

Namun ingat, hindari langsung merebahkan tubuh maupun tidur setelah makan karena bisa menimbulkan masalah pencernaan.

Perlukah periksa ke dokter?

berapa kali periksa kandungan

Meski terbilang jarang terjadi, tapi dada sakit saat hamil bisa mengindikasikan adanya masalah yang serius. Misalnya serangan jantung, detak jantung tidak normal, maupun adanya sumbatan gumpalan darah pada pembuluh darah.

Jangan tunda untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter, jika sakit dada tersebut diiringi dengan gejala serius seperti pusing, susah bernapas, dan tubuh lemas.

Namun, apabila rasa ketidaknyamanan pada dada tersebut hanya muncul sesaat dan tidak terasa lagi, Anda tidak perlu khawatir.

Anda bisa menyampaikan perkembangan maupun keluhan yang sesekali atau sering muncul pada dokter setiap kali melakukan pemeriksaan kehamilan. Dengan begitu, dokter bisa melakukan penanganan sedini mungkin sesuai kondisi kesehatan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Nyeri Dada Saat Olahraga? 6 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Banyak orang mengira kalau nyeri dada saat olahraga disebabkan karena terkena serangan jantung. Padahal, belum tentu! Cari tahu penyebabnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kebugaran, Hidup Sehat 12 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit

8 Penyebab Dada Terasa Sakit Saat Hamil (Normal Atau Tidak, Sih?)

Kehamilan tidak selalu berjalan dengan mulus. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mengeluhkan dada sakit saat hamil yang mengganggu. Normal atau tidak, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 3 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit

Dada Saya Sakit Saat PMS, Apakah Ini Wajar?

Saat wanita PMS, ada beberapa gejala yang akan muncul. Namun, bagaimana kalau dada sakit saat PMS? Ayo, cari tahu apa artinya dalam penjelasan ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Fakta Unik 30 November 2018 . Waktu baca 4 menit

Cara Membedakan Nyeri Dada Akibat Serangan Jantung dan Heartburn (Maag)

Serangan jantung dan heartburn atau maag, sama-sama memiliki gejala nyeri dada meski sensasi rasa sakit yang diberikan beda. Apa ya perbedaan keduanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Jantung, Serangan Jantung 22 Oktober 2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nyeri otot dada

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot di Dada

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit
Mengatasi kram otot dada

Otot Dada Juga Bisa Kram, Begini Cara Cepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 10 November 2019 . Waktu baca 4 menit
dada sakit saat bersin

Penyebab Dada Sakit Saat Bersin yang Mesti Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2019 . Waktu baca 4 menit
dada sakit setelah minum soda

Mengapa Dada Terasa Sakit Setelah Minum Soda?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit