Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Amankah Bila Ibu Hamil Minum Beras Kencur? Ini Manfaat dan Efeknya

Amankah Bila Ibu Hamil Minum Beras Kencur? Ini Manfaat dan Efeknya

Tak jarang, ibu hamil juga ingin menambah asupan nutrisi saat hamil dengan mengonsumsi bahan tradisional yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah kencur yang bisa dijadikan sebagai minuman jamu beras kencur. Namun, bolehkah mengonsumsi beras kencur untuk ibu hamil? Berikut penjelasan mengenai manfaat serta efek sampingnya.

Bolehkah minum beras kencur untuk ibu hamil?

kencur untuk ibu hamil

Ada berbagai macam vitamin untuk ibu hamil, tetapi ada kalanya Anda menginginkan untuk mendapatkan asupan bahan tradisional.

Salah satunya adalah bahan tradisional seperti kencur yang biasa diolah sebagai jamu beras kencur.

Namun, pada masa kehamilan, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih asupan makanan dan minuman.

Mengutip dari American Pregnancy Association, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai keamanan kencur untuk ibu hamil karena setiap orang kondisinya berbeda.

Kencur, aromatic ginger atau Kaempferia galanga sudah sejak dulu bermanfaat sebagai obat tradisional. Selain itu, kencur bermanfaat sebagai bumbu masakan.

Memilih mengonsumsi obat tradisional seperti jamu adalah pilihan pribadi. Akan tetapi, demi perkembangan janin dalam kandungan, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter, lantaran ada beberapa jamu yang dilarang untuk ibu hamil.

Obat tradisional dianggap aman selama masa kehamilan apabila Anda memanfaatkannya sebagai makanan serta minuman dengan membatasi dosisnya, termasuk untuk beras kencur.

Manfaat minum beras kencur untuk ibu hamil

kencur untuk ibu hamil

Apabila melihat bentuknya, tak jarang ibu bisa terkecoh dalam membedakan kencur, jahe, juga lengkuas. Namun, berbeda lagi ketika mengolah kencur sebagai minuman beras kencur.

Tentunya, dalam minuman beras kencur untuk ibu hamil membutuhkan bahan-bahan lainnya sesuai selera, seperti beras putih, kunyit, jahe, asam jawa, gula jawa, madu, serta lemon.

Berikut adalah beberapa manfaat minum beras kencur yang bisa ibu rasakan saat hamil.

1. Melindungi dari radikal bebas

Lingkungan yang buruk dapat memicu racun serta radikal bebas yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan atau minuman antioksidan.

Salah satunya adalah minum beras kencur untuk ibu hamil karena mengandung antioksidan berupa flavonoid yang bermanfaat mengatasi kerusakan sel.

Antioksidan juga bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya peradangan yang berdampak pada perkembangan janin.

2. Meredakan mual

Minuman beras kencur mempunyai berbagai jenis kandungan yang bisa ibu sesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi kesehatan pada masa kehamilan.

Apabila terdapat jahe, minuman ini juga dapat ibu manfaatkan sebagai pereda mual atau morning sickness yang mengganggu aktivitas.

Perlu Anda ketahui bahwa belum ada risiko komplikasi kehamilan bila mengonsumsi jahe selama masa kehamilan. Namun, sebagian wanita mungkin bisa mengalami asam lambung.

3. Melegakan tenggorokan

Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat termasuk saat mengalami batuk yang membuat tenggorokan tidak nyaman.

Anda bisa memanfaatkan beras kencur untuk membantu melegakan tenggorokan pada ibu hamil.

Hal ini karena kandungan kencur, jahe, serta madu dapat menenangkan sakit tenggorokan sekaligus membantu menekan batuk.

Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

4. Meredakan stres

Perubahan hormon serta keluhan saat hamil dapat memicu stres bagi sebagian ibu. Apabila berlanjut, ini bisa berbahaya karena memicu tekanan darah tinggi.

Cara untuk meredakan stres adalah dengan melakukan aktivitas yang bisa menenangkan diri, termasuk dengan minum jamu hangat seperti beras kencur untuk ibu hamil.

Tanaman kencur mempunyai sifat antidepresan terhadap sistem saraf sehingga memberikan efek menenangkan tubuh. Akan tetapi, hal ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Menurunkan tekanan darah

Tidak hanya meredakan stres, kandungan dalam minuman beras kencur utnuk ibu hamil juga bermanfaat dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah yang tinggi pada masa kehamilan dapat memicu salah satu komplikasi, seperti preeklampsia.

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat membantu melancarkan peredaran darah serta menjaga agar tetap stabil.

Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga dna terkontrol dengan baik.

Jika tidak hati-hati, tak menutup kemungkinan minuman tradisional seperti jamu mengandung senyawa yang kontraindikasi pada kehamilan.

Ini bisa mengakibatkan komplikasi kehamilan lainnya seperti keguguran, bayi lahir prematur, kontraksi rahim, atau hal lainnya yang berbahaya untuk janin.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Srivastava, N., Ranjana, Singh, S., Gupta, A., Shanker, K., Bawankule, D., & Luqman, S. (2019). Aromatic ginger (Kaempferia galanga L.) extracts with ameliorative and protective potential as a functional food, beyond its flavor and nutritional benefits. Toxicology Reports, 6, 521-528. doi: 10.1016/j.toxrep.2019.05.014

Health Benefits of Aromatic Ginger. (2019). Retrieved 8 July 2021, from https://www.healthbenefitstimes.com/aromatic-ginger/

Herbs and Pregnancy | American Pregnancy Association. (2017). Retrieved 8 July 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/is-it-safe/herbs-and-pregnancy-1003/

Ginger for Morning Sickness | Michigan Medicine. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/tn9125

Stress and pregnancy. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/stress-and-pregnancy

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita