home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tertarik Coba Muay Thai? Ini 7 Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh Anda

Tertarik Coba Muay Thai? Ini 7 Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh Anda

Muay thai jadi salah satu alternatif seni bela diri menantang yang kian digandrungi. Berbagai kalangan bisa menikmati olahraga bela diri ini. Bahkan, kini populer beberapa kelas muay thai untuk wanita, tidak terbatas untuk pria saja. Lantas, apa saja manfaat olahraga muay thai bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu muay thai?

Muay thai merupakan olahraga bela diri dari Thailand. Olahraga ini juga dikenal dengan nama lain, yakni thai boxing. Latihan ini menjadi salah satu pilihan olahraga bela diri yang populer dan banyak diminati oleh pecinta olahraga.

Gerakan muay thai sering dikatakan identik dengan kickboxing oleh beberapa kalangan karena beberapa teknik latihan memiliki sejumlah kesamaan. Padahal kedua olahraga ini memiliki beberapa perbedaan yang mendasar.

Teknik serangan pada olahraga kickboxing umumnya berupa tendangan dan pukulan dengan kaki dan tangan saja. Sementara pada olahraga muay thai, teknik serangan juga memanfaatkan siku dan lutut selain menggunakan kaki dan tangan.

Manfaat muay thai bagi kesehatan

Seperti halnya dengan bentuk seni bela diri lainnya, latihan dalam olahraga muay thai memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Berbagai gerakan dalam latihan ini bisa membantu meningkatkan kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan daya tahan sistem kardiovaskuler.

Olahraga bela diri satu ini memiliki efek baik dalam membangun dan meningkatkan stamina, kesehatan, dan kebugaran tubuh secara menyeluruh. Secara lebih detail, berikut beberapa manfaat muay thai yang bisa Anda rasakan.

1. Menyehatkan jantung

Muay thai menjadi salah satu alternatif olahraga yang bisa membantu Anda melatih sistem jantung. Sebuah studi dalam International Journal of Performance Analysis in Sport menunjukkan petarung muay thai rata-rata memiliki detak jantung 178,9 bpm.

Secara tidak langsung, olahraga bela diri ini secara bersamaan menggabungkan olahraga aerobik dan anaerobik. Sehingga latihan ini menguntungkan untuk memberikan tekanan besar yang menyehatkan jantung Anda.

Dengan melakukan latihan secara rutin, tubuh Anda akan terbiasa dengan tekanan-tekanan besar tersebut dan sekaligus meningkatkan kinerja sistem kardiovaskular.

2. Memperkuat otot-otot kaki

Menendang dan segelintir gerakan kaki lainnya adalah gerakan utama dalam muay thai. Salah satu gerakan yang khas adalah roundhouse kick, menendang dengan gerakan kaki berputar setengah lingkaran dengan kaki bagian depan.

Latihan ini juga akan mengajarkan cara menendang yang baik sekaligus memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah. Setiap otot pada tubuh bagian bawah juga akan mendapatkan keuntungan dari latihan tendangan dan gerak kaki pada olahraga asal Thailand ini.

Jika hal ini Anda lakukan secara rutin tentu akan berdampak baik pada daya tahan otot kaki, kekuatan, kelincahan, dan bisa membentuk betis agar lebih kuat.

3. Memperkuat otot inti tubuh

Kebanyakan kalangan masih menganggap otot inti tubuh adalah otot perut. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar. Otot inti atau inti dari tubuh Anda adalah setiap bagian otot yang terletak pada batang tubuh Anda, bukan fokus terhadap otot perut saja.

Hampir semua gerakan dalam olahraga ini benar-benar memperkuat inti otot Anda. Gerakan memukul atau menendang ke tubuh lawan juga cukup membantu. Gerakan pertahanan juga akan membantu Anda memperkuat semua otot inti pada tubuh.

4. Meningkatkan fleksibilitas pinggul

Saat Anda melakukan gerakan menendang dan menyerang dengan lutut, fleksibilitas pinggul Anda pun juga akan ikut terlatih. Memiliki pinggul sehat dan ramping akan berdampak baik pada kondisi kesehatan tubuh yang lainnya. Maka tak mengherankan, apabila banyak wanita yang memilih muay thai ketimbang olahraga lainnya yang sejenis.

Sebelum berlatih, jangan lupa lakukan pemanasan dan peregangan otot bagian pinggul agar terhindar dari risiko cedera. Sesekali Anda perlu melakukan pijatan atau massage pada bagian pinggul untuk memperlancar peredaran darah area tersebut.

5. Membantu melepaskan stres

Melepaskan beban emosi dan stres nyatanya menjadi salah satu manfaat kesehatan terpenting yang bisa Anda dapatkan saat berolahraga muay thai. Sebagian orang mungkin menumpuk banyak stres pada siang hari dari aktivitas kerja, sehingga melakukan latihan pada malam hari bisa jadi salah satu solusinya.

Dengan melakukan olahraga ini setelah beraktivitas seharian, Anda bisa meluapkan emosi dan juga meningkatkan kebugaran jasmani secara bersamaan. Sebab, dengan emukul atau menendang sesuatu bisa membantu mood Anda jadi lebih baik.

6. Melatih mental dan kedisiplinan

Selain keterampilan fisik, seperti menendang, meninju, dan menyerang, berlatih olahraga muay thai akan melatih kedisiplinan Anda. Melalui pelatihan yang tepat, Anda akan belajar untuk melakukan tugas tanpa harus diberi tahu apa yang harus dilakukan.

Pada dasarnya, kedisiplinan adalah manfaat nomor satu yang bisa Anda dapatkan dari muay thai. Program latihan untuk melatih sistem defensif diri yang membutuhkan kedisiplinan dan mental kuat saat berada di atas ring.

7. Menurunkan berat badan

Jika Anda bertanya apa olahraga ini bisa membantu menurunkan berat badan, jawabannya adalah ya! Berdasarkan data dari Harvard Health Publishing, seseorang dengan berat badan 70 kg dan berolahraga bela diri selama 30 menit mampu membakar sekitar 360 kalori.

Gerakan muay thai dapat menggerakkan semua anggota badan Anda dan meningkatkan ketahanan kardiovaskular secara menyeluruh. Sikap tubuh, gerak kaki, pukulan, tendangan, serangan lutut, dan siku jika Anda kombinasikan dengan pemanasan serta peregangan akan membantu membakar kalori dan lemak tubuh.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berolahraga muay thai

Walaupun termasuk olahraga yang bisa dilakukan siapa saja, bukan berarti Anda tidak butuh persiapan sebelum mengikuti sesi latihan. Jika Anda adalah seorang pemula dalam olahraga ini, beberapa hal berikut ini sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu.

  • Pilihlah tempat latihan atau gym yang memiliki instruktur atau pendamping profesional.
  • Persiapkan pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai, serta gunakan alat pelindung diri yang memadai (umumnya disediakan oleh tempat latihan atau gym Anda).
  • Jangan terburu-buru untuk menguasai berbagai gerakan, lakukan secara perlahan untuk meminimalisir risiko cedera.
  • Tentukan tujuan Anda saat mengikuti kelas, baik itu untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kebugaran, atau mengikuti kompetisi.
  • Pastikan Anda memperoleh asupan makanan cukup dan sediakan air minum untuk menghindari dehidrasi selama berolahraga.
  • Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga.

Muay thai merupakan salah satu pilihan olahraga dengan intensitas tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda sebaiknya berlatih tiga kali seminggu dengan durasi satu jam pada tiap latihannya.

Walaupun siapa saja bisa melakukannya, tetap saja olahraga ini memiliki risiko cedera tinggi, terutama berkaitan dengan otot bahu, punggung, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. Jika Anda sebelumnya pernah mengalami cedera pada bagian ini atau memiliki gangguan sendi atau otot, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum Anda berlatih muay thai.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Wickman, G. (2016). The Benefits of Muay Thai. HealthGuidance.org. Retrieved 6 February 2017, from https://www.healthguidance.org/entry/14877/1/The-Benefits-of-Muay-Thai.html

Carter, K. (2019). Is Muay Thai a Good Workout? Here’s What You Need to Know. Livestrong.com. Retrieved 31 March 2021, from https://www.livestrong.com/article/13717027-is-muay-thai-a-good-workout/.

Santos-Longhurst, A., & Bubnis, D. (2019). Kickboxing Benefits: Improved Heart Health, Weight Loss, and More. Healthline. Retrieved 31 March 2021, from https://www.healthline.com/health/kickboxing-benefits

Calories burned in 30 minutes for people of three different weights – Harvard Health. Harvard Health. (2021). Retrieved 31 March 2021, from https://www.health.harvard.edu/diet-and-weight-loss/calories-burned-in-30-minutes-of-leisure-and-routine-activities

Cappai, I., Pierantozzi, E., Tam, E., Tocco, F., Angius, L., & Milia, R. et al. (2012). Physiological responses and match analysis of Muay Thai fighting. International Journal Of Performance Analysis In Sport, 12(3), 507-516. https://doi.org/10.1080/24748668.2012.11868615

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 25/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan