home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Bridge pose menjadi salah satu pose yoga yang punya banyak manfaat. Mulai dari memperkuat kaki, memberi energi pada kesehatan fisik, hingga membantu menjaga kesehatan mental.

Dapat dilakukan dengan berbagai modifikasi dan variasi menjadikan pose yoga ini pilihan tepat baik bagi yang baru memulai yoga ataupun yang telah mahir.

Beragam manfaat bila rutin lakukan yoga bridge pose

Manfaat yoga bridge pose

Untuk melakukan postur yoga bridge pose, ikuti langkah-langkah berikut.

Berbaring terlentang, tekuk lutut, letakkan telapak kaki menapak di atas matras. Posisikan tumit sejajar vertikal dengan tulang ekor. Kuatkan paha dan tulang ekor lalu angkat pinggul ke atas. Posisikan dagu menempel dengan dada. Letakkan kedua lengan menekan ke lantai dan Anda bisa posisikan kepalan tangan di antara kedua tumit.

Jika ini membuat terlalu banyak tekanan pada bagian bawah punggung, Anda bisa memodifikasinya dengan meletakkan blok penyangga di tulang ekor. Ini disebut modifikasi restorasi.

Modifikasi dan variasi manapun yang Anda pakai, gerakan yoga bridge pose memberikan berbagai manfaat kesehatan yang patut dicoba.

Manfaat fisik dari yoga bridge pose

Manfaat yoga bridge pose

Untuk Anda yang bukan atlet, bridge pose akan menarik tubuh depan dan tubuh belakang, menciptakan ruang antara tulang belakang dan mengurangi tekanan pada cakram (ruas-ruas tulang belakang). Gerakan ini sebagai alternatif pereda rasa nyeri punggung.

Bridge pose memiliki manfaat meregangkan dan memperkuat otot-otot tubuh dan membantu memperbaiki postur.

Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam membungkuk di depan meja kerja. Hal tersebut menyebabkan bahu membungkuk ke depan dan ketegangan di dada. Karenanya, aktivitas tersebut bisa melemahkan otot-otot di punggung dan leher.

Saat melakukan gerakan bridge pose, bagian pundak akan menekan ke lantai dan dada akan terbuka. Jika dilakukan secara rutin, pose ini bisa membantu memperbaiki postur bungkuk pada bahu.

Pose ini juga membantu Anda mengembangkan kesadaran pada otot-otot di kaki dan membantu membangun kekuatan pada otot pendukung di kaki dan pinggul Anda.

Manfaat lainnya dari yoga bridge pose untuk tubuh:

  • Meredakan rasa tidak nyaman saat menstruasi.
  • Terapi untuk asma, tekanan darah tinggi, dan sinusitis.
  • Mengurangi kecemasan, kelelahan, sakit punggung, sakit kepala, dan susah tidur.

Manfaat untuk kesehatan mental

Manfaat yoga bridge pose

Yoga disebut sebagai upaya fisik yang mampu menuntun pikiran pada ketengan. Selama beberapa tahun terakhir banyak studi yang membahas soal peran yoga pada kesehatan mental. Gerakan yoga bridge pose mengurangi perasaan cemas, stres, dan mengurangi depresi ringan.

Studi berjudul Exploring the therapeutic effects of yoga and its ability to increase quality of life, menunjukkan beberapa manfaat yoga pada kesehatan mental.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melakukan yoga dapat meningkatkan pemulihan dan pengobatan pada kecanduan, mengurangi stres dan kecemasan, memperbaiki pola tidur, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan baik.

Gerakan yoga secara keseluruhan, termasuk gerakan bridge pose, memiliki beragam manfaat kesehatan. Namun, untuk melakukan pose-pose tertentu tetap perlu kehati-hatian.

Bagi beberapa orang dengan kondisi medis pada lutut dan sakit leher perlu lebih dulu berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan yoga terutama gerakan bridge pose.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  • A, Michalsen. 2005. Rapid stress reduction and anxiolysis among distressed women as a consequence of a three-month intensive yoga program. NewPubMed. Retrieved 16 April 2020. From: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16319785?dopt=Citation
  • Woodyard, C., 2011. Exploring the therapeutic effects of yoga and its ability to increase quality of life. International Journal of Yoga, 4(2), p.49.
  • The Art Of Living. Bridge Pose (Setu Bandhasana). Retrieved 16 April 2020. From: https://www.artofliving.org/yoga/yoga-poses/bridge-posture-setu-bandhasana
Foto Penulis
Ditulis oleh Ulfa Rahayu pada 06/05/2020
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x