Pengaruh Olahraga dalam Meningkatkan Suasana Hati

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 31 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Meningkatkan suasana hati bisa dilakukan dengan olahraga secara rutin. Sebagian orang memilih olahraga baik sebelum maupun sesudah pulang kerja untuk mengurangi penat setelah bekerja seharian. Cara ini dipercaya dapat memperbaiki suasana hati dan membuat mereka lebih semangat. 

Apa kaitan olahraga dalam meningkatkan suasana hati?

Olahraga memicu tubuh juga bekerja dari dalam untuk meningkatkan suasana hati. Olahraga intens dapat memicu otak melepaskan neurotransmitter yaitu hormon endorfin. Endorfin bertugas “mengirim pesan” kepada tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan juga mengurangi stres. 

Dampak positif pada endorfin pada tubuh ditafsir memiliki efek yang sama dengan morfin. Euforia yang timbul seteleh olahraga secara intens membuat Anda merasa lebih berenergi dan bersemangat.

Karena efeknya membuat suasana hati lebih bahagia, olahraga menjadi “antidepresan” untuk menangani depresi dan kecemasan pada seseorang. 

Tidak hanya endorfin saja, otak juga menstimulasi pelepasan hormon dopamin, serotonin, dan noradrenalin. Ketiganya berperan penting dalam mengatur suasana hati Anda.

Meningkatkan suasana hati dengan olahraga rutin dapat memicu pelepasan serotonin. Serotonin dapat memperbaiki nafsu makan dan juga mengatur siklus tidur Anda. Dua efek tersebut menjadi faktor penting untuk menurunkan tingkat depresi.

Dopamin juga memiliki efek yang hampir sama dengan serotonin. Hormon ini membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat, meningkatkan kesadaran, dan berkontribusi dalam memperbaiki suasana hati.

Sementara itu, hormon noradrenalin dapat menyeimbangkan hormon stres dalam tubuh, sehingga membuat suasana hati jadi lebih baik. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Brain Plasticity, menunjukkan ada perubahan suasana hati ketika seseorang berolahraga dan memiliki kaitan erat dalam penurunan tekanan stres dan emosi negatif. 

Olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati

Sebetulnya, Anda bisa melakukan aktivitas fisik apapun yang bisa memperbaiki suasana hati. Namun, beberapa olahraga tertentu dapat mempromosikan kesehatan mental dan juga berkontribusi dalam mengurangi kecemasan dan meningkatkan rasa bahagia.

Berikut olahraga yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan suasana hati.

1. Olahraga aerobik

Aerobik jadi paduan olahraga yang pas untuk melepaskan hormon endorfin dan meningkatkan suasana hati. Jenis olahraga aerobik yag bisa Anda lakukan di antaranya jogging, berenang, bersepeda, atau jalan cepat. Selain itu, aktivitas fisik seperti berkebun atau menari juga bisa mengurangi depresi dan kecemasan.

Peningkatan suasana hati bisa dilakukan melalui olahraga kelompok. Berinteraksi dengan lingkungan sosial sambil berolahraga memberikan efek perbaikan suasana hati secara optimal.

Bila Anda menginginkan suasana yang berbeda, cobalah libatkan teman-teman Anda untuk bermain sepak bola, basket, atau tenis meja. Dengan demikian Anda lebih bersemangat untuk berolahraga.

2. Yoga

Olahraga yang satu ini juga dipercaya dapat meningkatkan suasana hati, serta meningkatkan kesehatan mental. Berbeda dengan olahraga aerobik, yoga lebih fokus pada gerakan untuk melepaskan ketegangan dan membuat Anda lebih rileks melalui peregangan otot.

Melakukan yoga secara teratur dapat membangun energi dan menurunkan depresi, kecemasan, terutama stres pasca trauma.

3. Tai chi

Olahraga tradisional asal China ini juga bermanfaat meningkatkan suasana hati, terutama untuk orang dengan gejala kecemasan dan depresi. Tai chi juga dapat meningkatkan sistem imun dan endorfin sehingga memicu suasana hati jadi lebih baik.

Fokus olahraga ini terletak pada teknik pernapasan dan gerakan tai chi yang melibatkan seluruh tubuh. Olahraga ini juga dianggap sebagai latihan penyembuhan diri dan membantu melancarkan energi, sehingga membuat Anda lebih berenergi setelahnya. Penelitian menyatakan bahwa olahraga ini dapat mengurangi depresi, cemas, dan stres.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berkenalan Dengan Serotonin, Zat Kimia Alami yang Bisa Mengatur Emosi

Serotonin adalah zat kimia alami yang ditemukan di otak, trombosit, dan juga usus manusia. Lantas, apa sebenarnya fungsi serotonin di dalam tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Gangguan Mood 28 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit

7 Keuntungan Jika Rutin Jalan Kaki 30 Menit Sehari Bagi Kesehatan

Banyak yang malas untuk jalan kaki. Meski memang melelahkan, ternyata ada banyak manfaat jalan kaki selama 30 menit dalam sehari, lho. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Olahraga Lainnya, Kebugaran 3 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit

Kata Siapa #HidupEnak Tapi Sehat Itu Susah? Ini 5 Kuncinya!

Sebenarnya, bukan hal yang sulit untuk bisa menjalani hidup sehat. Lantas, cara hidup sehat apa yang harus dilakukan diterapkan? Contek tips berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Konten Bersponsor
cara hidup sehat
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 26 Maret 2018 . Waktu baca 5 menit

Saat Merawat Orang yang Sakit Keras, Anda Pun Wajib Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Merawat orang yang sakit tentu akan menguras banyak tenaga sehingga membuat Anda rentan kelelahan dan stres. Ingat, Anda tetap harus merawat diri juga!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 2 Februari 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Tetap Makan Sehat untuk Kembalikan Mood saat Karantina

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23 April 2020 . Waktu baca 5 menit
menghadapi pasangan bad mood

Jangan Ikut Bete Saat Pasangan Bad Mood, Ini 5 Cara Menghadapinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 9 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
musik meningkatkan suasana hati memperbaiki mood

Apa Benar Mendengarkan Musik Bisa Meningkatkan Mood?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 13 September 2019 . Waktu baca 4 menit
pikiran negatif

Jangan Biarkan Pikiran Negatif Mengganggu, Lakukan 4 Tips Ini Demi Menghilangkannya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Agustus 2018 . Waktu baca 4 menit